Topik Terkait: Imam Sari ASsaqathi

  • Kisah Waliyullah Imam Sari as-Saqathi dan Seorang Pejabat Istana
    Hikmah
    Minggu, 01 November 2020 - 10:38 WIB
    Imam Sari as-Saqathi (wafat 253 H/867 M), seorang waliyullah dan tokoh sufi terkemuka di Baghdad. Berkat khutbahnya, seorang pejabat khalifah meninggalkan istana dan memilih jalan sufi.
  • Kisah Imam Sirri As-Saqothi Istighfar 30 Tahun karena Ucapan Hamdalah
    Hikmah
    Kamis, 19 Oktober 2023 - 21:41 WIB
    Biasanya seseorang bertaubat atau beristighfar kepada Allah karena perbuatan maksiat, namun Imam Sirri justru bertaubat kepada Allah karena ucapan Alhamdulillah. Berikut kisahnya.
  • Kisah Imam Malik dan Imam Syafii Tertawa Menyikapi Rezeki
    Hikmah
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 09:10 WIB
    Bagaimana memperoleh rezeki kerap mengundang perbedaan pendapat dari banyak orang. Hal ini pula pernah menjadi perdebatan Imam Maliki dan Imam Syafii yang merupakan guru dan murid.
  • Imam Syafii Nimba Ilmu dari Ratusan Guru, Ini yang Paling Berpengaruh
    Hikmah
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 16:00 WIB
    Imam Syafii telah berguru kepada ratusan guru. Dari banyaknya para guru itu, ada beberapa nama guru yang paling berpengaruh dalam membentuk pondasi keilmuan Imam Syafii.
  • Kisah Tobatnya Imam Bisyr Al-Hafi, Guru Imam Ahmad Bin Hanbal
    Hikmah
    Senin, 08 Februari 2021 - 19:12 WIB
    Dalam Kitab Tadzkiratul Auliya Syekh Fariduddin Al-Atthar menceritakan kisah tobatnya Imam Bisyr Al-Hafi, seorang sufi besar, guru dari Imam Ahmad bin Hanbal (pendiri Mazhab Hanbali).
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Karomah Imam Ahmad bin Hanbal Ulama Penghafal Sejuta Hadis
    Hikmah
    Rabu, 26 Oktober 2022 - 17:13 WIB
    Karomah ulama besar yang juga pendiri Mazhab Hanbali, Imam Ahmad bin Hanbal (164-241 Hijriyah) benar-benar menakjubkan. Berikut di antara karomah beliau.
  • Siapa yang Lebih Berhak Menjadi Imam Sholat?
    Tausyiah
    Minggu, 14 Februari 2021 - 08:00 WIB
    Imam shalat adalah orang yang shalatnya diikuti orang lain dengan syarat-syarat yang telah ditentukan dalam syariah. Siapakah yang lebih berhak menjadi imam shalat?
  • Kisah Makam Imam Bukhari dan Soekarno
    Dunia Islam
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 11:37 WIB
    Kisah makam Imam Bukhari melibatkan nama Presiden Pertama Indonesia, Sukarno. Kisahnya diceritakan dalam buku Dunia dalam Genggaman Bung Karno. Hanya saja, banyak yang meragukan kebenaran kisah tersebut.
  • Tajamnya Firasat Imam Syafii dan Imam Asy-Syaibani, Berikut Kisahnya
    Hikmah
    Senin, 21 November 2022 - 06:30 WIB
    Hati-hati dengan firasat orang saleh. Mereka memiliki firasat yang tajam sebagaimana kisah Imam Syafii dan Imam Muhammad As-Syaibani. Berikut kisahnya.
  • Ibadahnya Imam Ahmad: Sehari Sholat 300 Rakaat, Khatam Quran 2 Kali Sepekan
    Hikmah
    Kamis, 18 Mei 2023 - 23:37 WIB
    Selain masa kecil yang terdidik oleh sang ibu, Ulama ahli Hadis pendiri Mazhab Hambali, Imam Ahmad bin Hanbal (Baghdad, 164-241 H) ternyata punya ibadah harian yang luar biasa.
  • 9 Fakta Kecerdasan Imam Syafii Saat Belajar di Masa Kecil
    Hikmah
    Kamis, 24 November 2022 - 05:10 WIB
    Imam Syafii (150-204 Hijriyah) bernama asli Abu Abdullah Muhammad bin Idris asy-Syafii rahimahullah. Sejak kecil dikenal memiliki kecerdasan luar biasa. Berikut ini 9 faktanya.
  • Kenapa Imam Muslim Tidak Meriwayatkan Hadis dari Imam Bukhari, Ini Alasannya
    Hikmah
    Senin, 05 Oktober 2020 - 12:14 WIB
    Meskipun berguru kepada Imam Al-Bukhari, tapi ternyata Imam Muslim tak pernah meriwayatkan hadis dari Imam Al-Bukhari. Berikut alasannya.
  • Anak Belum Baligh Jadi Imam Sholat Berjamaah, Bolehkah?
    Tips
    Rabu, 28 Juli 2021 - 15:21 WIB
    Sholat berjamaah memiliki keutamaan lebih besar dibanding sholat sendirian. Lalu bagaimana hukumnya jika sholat berjamaah dipimpin oleh anak kecil yang belum baligh?
  • Banyak Imam Mahdi Lahir Tapi Gagal Mengemban Misinya?
    Dunia Islam
    Selasa, 25 Oktober 2022 - 16:09 WIB
    Imam Mahdi yang datang itu tidak seorang melainkan banyak. Anehnya, para Imam Mahdi itu gagal mengemban misinya sebagaimana disebutkan dalam hadis.
  • Imam Syafii Tak Pernah Menyatakan Baca Al-Quran di Kuburan Itu Bidah
    Tausyiah
    Senin, 27 September 2021 - 18:13 WIB
    Masih ada saja yang nyinyir ketika membahas boleh tidaknya membaca Al-Quran di kuburan. Ustaz Hanif Luthfi Lc MA meluruskan hukum baca Al-Quran dan kirim Al-Fatihah ini.
  • Pujian Imam Malik kepada Imam Syafii, Berikut Kisahnya (1)
    Hikmah
    Senin, 13 Desember 2021 - 23:18 WIB
    Saat Imam Syafii hadir di majelis ilmu yang dipimpin Imam Malik, hal tak terduga terjadi. Imam Malik terkejut dengan keilmuan Imam Syafii yang kala itu masih muda.
  • Imam Maliki Sempat Masuk Penjara karena Melawan Pemerintah
    Hikmah
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 12:24 WIB
    Imam Maliki adalah pendiri Mazhab Maliki. Juga merupakan guru dari Imam Syafii. Beliau sempat masuk penjara di Kota Madinah karena melawan fatwa pemerintah.
  • Berikut Ini Daftar 42 Hadis Arbain Karangan Imam Nawawi
    Tips
    Senin, 30 Oktober 2023 - 15:15 WIB
    Daftar 42 hadis Arbain karangan Imam Nawawi sangat populer. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • 42 Hadis Arbain Karangan Imam Nawawi Lengkap
    Tips
    Selasa, 21 November 2023 - 06:32 WIB
    Hadis-hadis dalam Arban Nawawiyah karya Imam an-Nawawi merupakan landasan atau fondasi dalam agama Islam. Sebagian ulama berpendapat bahwa ajaran Islam sepertiganya berlandaskan pada hadis-hadis dalam kitab ini.
  • Wapres Maruf Amin Ziarah ke Makam Imam Bukhari di Uzbekistan, Kenang Peran Penting Bung Karno
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Juni 2023 - 04:31 WIB
    Wapres Maruf Amin berziarah ke makam ahli hadist termasyur, Imam Bukhari, di Uzbekistan, Kamis (15/6/2023). Wapres lalu mengenang kisah penemuan makam Imam Bukhari.