Topik Terkait: Hukum Mewarnai Rambut

  • Inilah Hukum Syariat tentang Rambut Wanita
    Muslimah
    Selasa, 17 Oktober 2023 - 11:35 WIB
    Dalam Islam, rambut wanita adalah aurat sehingga wajib ditutup. Kenapa demikian? Karena rambut merupakan mahkota atau perhiasan bagi seorang wanita.
  • Karena Aurat, Inilah 16 Aturan Syariat untuk Rambut Wanita
    Muslimah
    Senin, 13 November 2023 - 12:30 WIB
    Dalam Islam, rambut wanita merupakan aurat yang harus ditutup atau tidak boleh terlihat bagi orang yang bukan muhrimnya. Bahkan rambut disebut sebagai mahkota atau perhiasan wanita.
  • Larangan Memotong Kuku dan Rambut Bagi yang Berkurban, Mulai Kapan Dilaksanakan?
    Tausyiah
    Selasa, 20 Juni 2023 - 07:05 WIB
    Larangan memotong kuku dan rambut bagi orang yang akan berkurban disebutkan dalam beberapa Hadis shahih dengan redaksi yang berbeda-beda. Mulai kapan hal ini dilaksanakan?
  • Ingat! Hari ini Batas Waktu Memotong Kuku dan Rambut Bagi yang Berkurban
    Dunia Islam
    Senin, 19 Juni 2023 - 15:59 WIB
    Hari ini Senin 30 Zulkaidah atau 19 Juni 2023 adalah hari terakhir untuk memotong kuku atau bercukur rambut bagi yang berniat berkurban. Berikut dalilnya.
  • Larangan Menyemir Uban dengan Warna Hitam, Ini Alasannya
    Tips
    Sabtu, 13 Mei 2023 - 23:52 WIB
    Menyemir uban merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW. Namun, beliau melarang umatnya menyemir uban dengan warna hitam. Berikut alasannya.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Kenapa Mencabut Uban Dilarang, Sementara Menyemir Rambut Dibolehkan?
    Tausyiah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 20:51 WIB
    Kenapa mencabut uban dilarang sementara menyemir (mewarnai) rambut dibolehkah? Pertanyaan ini sering dikemukakan di berbagai kajian ilmu.
  • Bagi Muslimah, Inilah Waktu yang Tepat Menggunting Bulu Rambut di Tubuh
    Muslimah
    Minggu, 03 Desember 2023 - 11:23 WIB
    Dalam Islam, ternyata menggunting atau cukur bulu rambut di bagian tubuh tertentu seperti area kemaluan dan ketiak ada aturannya dalam syariat
  • Bagaimana Hukum Membasuh Rambut dalam Wudu Wanita?
    Muslimah
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 10:42 WIB
    Bagaimana hukum membasuh rambut wanita dalam wudu? Benarkah sama dengan laki-laki, atau ada ketentuan khusus untuk kaum muslimah ini?
  • Anang Hermansyah Lakukan Transplantasi Rambut, Bagaimana Menurut Islam
    Tausyiah
    Senin, 10 Januari 2022 - 17:17 WIB
    Transplantasi rambut kian menjadi ngetrend saja, Mereka yang botak, lewat metode ini, bisa memiliki rambut lebat kembali. Lalu, bagaimana Islam memandang masalah ini?
  • Memotong Kuku dan Rambut Saat Haid, Bolehkah Dilakukan?
    Muslimah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 13:08 WIB
    Banyak pemahaman di kalangan masyarakat terutama kalangan muslimah, bahwa orang yang tengah haid dilarang memotong kuku dan rambut karena akan dipertanggungjawabkan di hari kiamat kelak. Benarkah demikian?
  • Bagaimana Hukum Memotong Rambut Muslimah?
    Muslimah
    Sabtu, 26 September 2020 - 20:00 WIB
    Rambut dalam Islam adalah kemuliaan dan siapa saja yang dikarunia rambut yang indah oleh Allah SWT, maka ia harus menjaganya. Lantas bagaimana hukumnya, untuk memotong rambut kaum perempuan ini?
  • Mandi Besarnya Perempuan  dan Kunciran Rambut
    Muslimah
    Kamis, 25 Maret 2021 - 08:10 WIB
    Mandi besarnya perempuan sama persis dengan mandi besarnya laki-laki. Hanya saja ada perbedaan dari sisi tidak wajibnya seorang perempuan membuka kunciran rambutnya saat mandi besar.
  • Bolehkah Mewarnai Rambut? Ini Penjelasan Habib Munzir Al-Musawa
    Tausyiah
    Selasa, 14 Juli 2020 - 16:43 WIB
    Seiring kemajuan teknologi saat ini banyak di antara kaum muslim dan muslimah mewarnai atau mengecat rambutnya. Bagaimana pandangan Islam terhadap hal ini?
  • Bagaimana Hukum Puasa Disuntik Vaksin?
    Tausyiah
    Kamis, 31 Maret 2022 - 17:31 WIB
    Vaksin Booster disebut menjadi syarat untuk mudik Lebaran 2022. Lalu, bagaimana hukumnya puasa disuntik vaksin? Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan.
  • Hukum Membunuh Pelaku Begal Menurut Gus Baha
    Tausyiah
    Rabu, 20 April 2022 - 23:43 WIB
    Hukum membunuh pelaku begal menarik untuk dikaji berdasarkan perspektif Islam. Apalagi belakangan ramai berita seorang korban begal jadi tersangka karena membunuh pelakunya.
  • Hukum Hari Valentine Menurut Islam
    Tausyiah
    Rabu, 09 Februari 2022 - 09:13 WIB
    Pada 14 Februari adalah Valentines Day. Bukan hanya di Barat, di negera-negara Islam, macam Arab Saudi, Valentines Day juga dirayakan. Bagaimana Islam memandang masalah ini?
  • Hukum Berpuasa 1 atau 2 Hari Sebelum Ramadan
    Tausyiah
    Minggu, 03 Maret 2024 - 06:36 WIB
    Seorang muslim seyogyanya tidak mendahului bulan puasa dengan melakukan puasa satu atau dua hari sebelumnya dengan alasan hati-hati, kecuali kalau bertepatan dengan puasa sunah yang biasa ia lakukan.
  • Hukum Menggambar Sesuatu yang Menunjukkan Syiar Agama Lain
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Agustus 2023 - 11:48 WIB
    Bagaimana hukum menggambar salib? Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan setiap gambar yang berbentuk salib itu diharamkan, dan wajib bagi seorang muslim menghilangkannya.
  • Hukum Memasuki Gereja Menurut Mazhab Syafiiyah
    Tausyiah
    Selasa, 04 Mei 2021 - 22:11 WIB
    Terdapat perbedaan pandangan di kalangan para ulama terkait hukum seorang muslim memasuki gereja atau tempat ibadah lain. Berikut penjelasan kalangan Mazhab Syafiiyah.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Hukum Positif ke Negeri Muslim Mirip dengan Masuknya Bangsa Yahudi ke Tanah Palestina
    Tausyiah
    Minggu, 21 Mei 2023 - 08:58 WIB
    Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan masuknya hukum positif ke negeri kita hampir sama dengan masuknya bangsa Yahudi ke tanah Palestina. Semula mereka masuk secara pelan-pelan dan rahasia.