Kumpulan Artikel: Rasulullah SAW (halaman 39)

  • Lebaran, Haruskah Berhias dan Mengenakan Baju Baru?
    Tips
    Jum'at, 22 Mei 2020 - 03:39 WIB
    Ada tiga hikmah dari anjuran memakai baju baru saat lebaran. Pertama sebagai wujud syukur, kedua mengagungkan hari raya dan ketiga mengagungkan malaikat.
  • Sayyidah Shafiyah binti Huyai, Istri Rasulullah Keturunan Nabi Harun
    Hikmah
    Kamis, 21 Mei 2020 - 14:43 WIB
    Sayyidah Shafiyah binti Huyai bin Akhtab adalah keturunan Nabi Harun as, bangsawan Bani Nadhir. Jika ditarik garis nasabnya, Nabi Musa adalah pamannya.
  • Pernikahan Jarak Jauh Rasulullah Dengan Ummu Habibah
    Hikmah
    Rabu, 20 Mei 2020 - 15:29 WIB
    Jadilah Ummu Habibah adalah wanita satu-satunya yang menikah dengan Rasulullah dari jarak jauh. Rasulullah di Madinah, sedangkan beliau berada, di Habasyah.
  • Sayyidah Juwairiyah, Tawanan Perang yang Bikin Sayyidah Aisyah Cemburu Berat
    Hikmah
    Rabu, 20 Mei 2020 - 03:12 WIB
    Sayyidah Juwairiyah adalah istri Musafi bin Shafwan. Beliau cantik, baik hati, dan luas ilmunya. Pria mana pun yang memandangnya bakal jatuh cinta.
  • Subhanallah, Beginilah Abu Dzar Menebus Kesalahannya kepada Bilal
    Hikmah
    Selasa, 19 Mei 2020 - 19:46 WIB
    Abu Dzar Al-Ghiffari dan Bilal bin Rabah radhiallahu anhuma adalah dua sahabat setia Rasulullah SAW yang ikut berjuang menegakkan risalah Islam.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Pernikahan Tak Lazim Dua Kali Sayyidah Zainab bin Jahsy
    Hikmah
    Selasa, 19 Mei 2020 - 15:14 WIB
    Bagi adat Arab Quraish cerita pernikahan Sayyidah Zainab bin Jahsy bin Rabab radhiyallahu anha sungguh tidak lazim. Bisa juga dibilang kontroversial. Mengapa?
  • Sayyidah Ummu Salamah, Istri Nabi Nan Rupawan dan Berumur Panjang
    Hikmah
    Selasa, 19 Mei 2020 - 03:22 WIB
    Ummu Salamah adalah istri Nabi yang terakhir kali meninggal dunia. Ia diberkahi umur panjang dan mengetahui pembunuhan Hussein bin Ali, sehingga membuatnya pingsan.
  • Istri Rasulullah: Sayyidah Zainab,  Hanya Tiga Bulan Bersama Nabi
    Hikmah
    Senin, 18 Mei 2020 - 15:10 WIB
    Kedermawannanya telah dikenal, bahkan sebelum beliau memeluk Islam. Sebelum menikah dengan Rasulullah, Sayyidah Zainab sudah digelari Ummul Masakin.
  • Islam Turun di Makkah, Benarkah Karena Wilayah Itu Paling Bejat?
    Tausyiah
    Senin, 18 Mei 2020 - 04:10 WIB
    Ada sejumlah ulama yang berpendapat Islam sengaja diturunkan di Makkah karena wilayah itu dihuni penduduk jahiliyah. Bahkan disebutnya penduduk paling bejat sedunia.
  • Sayyidah Hafshah, Istri Rasulullah yang Sempat Dapat Talak Satu
    Hikmah
    Senin, 18 Mei 2020 - 03:31 WIB
    Sayyidah Hafshah menyadari betapa buruk perbuatan yang meyebabkan kemuraman dan kepedihan di hati Rasulullah karena ia telah menyebarkan rahasia beliau.
  • Lailatul Qadar, Gus Baha: Saleh Kelas Ringan Juga Dapat
    Tips
    Minggu, 17 Mei 2020 - 17:00 WIB
    Gus Baha yakin, berkah luasnya Rahmat Allah, selagi umat Nabi, yang ketika itu tak maksiat, meski saleh-saleh biasa, saleh kelas ringan, tetap dapat lailatul qadar
  • Rahasia di Balik Pernikahan Rasulullah dengan Siti Aisyah
    Hikmah
    Minggu, 17 Mei 2020 - 15:15 WIB
    Siti Aisyah adalah satu-satunya wanita yang dinikahi Rasulullah SAW dalam keadaan masih gadis atau perawan. Dengan Siti Aisyah, hidup Nabi sangat bewarna dan romantis.
  • Mimpi Rasulullah SAW Diperlihatkan Lailatul Qadar
    Tips
    Minggu, 17 Mei 2020 - 03:05 WIB
    Dalam Hadis Sahih Muslim bab Kitab Puasa disebutkan tentang keutamaan Lailatul Qadar. Salah satunya mimpi Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam diperlihatkan Lailatul Qadar.
  • Saudah Binti Zamah, Istri Nabi yang Paling Panjang Tangannya
    Hikmah
    Minggu, 17 Mei 2020 - 03:02 WIB
    Pernikahan Nabi dengan Saudah dilaksanakan pada bulan Ramadhan tahun kesepuluh kenabian dan setelah kematian Siti Khadijah di Makkah dengan mahar 400 dirham.
  • Generasi Terbaik Adalah Masa Nabi, Bagaimana dengan Masa Kini?
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Mei 2020 - 03:45 WIB
    Kurun Rasulullah dan kurun para sahabatnya ialah sebaik-baik kurun secara mutlak. Tidak ada kurun yang lebih baik daripada kurun mereka. Lalu bagaimana kurun saat ini?
  • Gerhana Matahari Saat Ibrahim, Putra Rasulullah, Wafat
    Hikmah
    Jum'at, 15 Mei 2020 - 17:31 WIB
    Putera dan puteri itu,satu demi satu berguguran . Dengan tangan sendiri pula Rasulullah menguburkan mereka ke dalam pusara. Kini giliran Ibrahim.
  • Membakar Masjid Kaum Munafik, Matinya Abdullah Bin Ubayy
    Hikmah
    Jum'at, 15 Mei 2020 - 03:25 WIB
  • Kaum Munafik Menghindari Seruan Nabi Melawan Romawi
    Hikmah
    Kamis, 14 Mei 2020 - 04:02 WIB
    Orang-orang yang membawa bibit-bibit kebencian kepada Rasulullah, mengambil kesempatan dalam peristiwa ini supaya orang-orang munafik itu tambah munafik.
  • Khubaib, Orang Pertama yang Mengerjakan Salat Sunnah Sebelum Dibunuh
    Hikmah
    Rabu, 13 Mei 2020 - 07:30 WIB
    Ada satu kisah sahabat yang wafat syahid di zaman Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Beliau salat sunnah 2 rakaat sebelum dibunuh kaum musyrikin di tiang gantungan.
  • Berapakah Jumlah Sahabat Nabi Muhammad SAW?
    Hikmah
    Selasa, 12 Mei 2020 - 21:57 WIB
    Sahabat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (?????, ash-shahabi) adalah orang yang pernah berjumpa dengan Nabi dalam keadaan beriman kepadanya dan wafat dalam keadaan Islam.