Topik Terkait: Asal Usul Hajar ASwad (halaman 2)

  • Asal Usul Al-Habsyi, Marga Keturunan Rasulullah SAW yang Banyak Tersebar di Indonesia
    Dunia Islam
    Kamis, 31 Agustus 2023 - 18:09 WIB
    Asal usul marga keturunan Rasulullah SAW di Indonesia perlu diketahui agar menambah kecintaan kita kepada ahlul bait Nabi. Salah satunya marga Al-Habsyi yang banyak tersebar di Indonesia.
  • Asal Usul Marga Assegaf, Marga Tertua Habaib Keturunan Nabi Muhammad
    Dunia Islam
    Selasa, 01 Agustus 2023 - 22:12 WIB
    Asal usul marga Assegaf termasuk salah satu marga tertua di kalangan Habaib keturunan Nabi Muhammad SAW. Inilah orang pertama yang dijuluki Assegaf atau As-Saqqaf.
  • Asal Usul Penulisan Basmalah dan Keutamaannya
    Hikmah
    Selasa, 12 September 2023 - 22:26 WIB
    Bacaan Basmalah disebut juga Tasmiyyah yang artinya dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Berikut asal usul dan keutamaannya.
  • Mengagumkan, Jejak Kaki Nabi Ibrahim di Masjidil Haram Terlihat Jelas
    Dunia Islam
    Kamis, 06 Mei 2021 - 04:06 WIB
    Arab Saudi merilis gambar detail yang belum pernah dilihat sebelumnya dari Maqam Ibrahim, atau jejak kaki nabi Ibrahim saat membangun kakbah di Masjidil Haram.
  • Sejarah dan Asal Usul Hari Tasyrik
    Tausyiah
    Rabu, 13 Juli 2022 - 16:44 WIB
    Sejarah dan asal usul Hari Tasyrik dimulai ketika umat Islam merayakan Idul Adha. Hari Tasyrik adalah sebutan bagi tiga hari (11, 12, 13 Zulhijjah) setelah hari nahar (10 Zulhijah).
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Ziarah Jemaah Haji di Makkah: Dari Kakbah Sampai Abraj Al Bait
    Dunia Islam
    Selasa, 23 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Ziarah jemaah haji di Makkah cukup banyak. Berikut ini adalah landmark utama Makkah termasuk beberapa tempat tersuci di dunia seperti selain Masjidil Haram dan Kakbah,
  • Sholat Tasbih, Keutamaan dan Tata Caranya Menurut Ibnu Hajar Al-Haitami
    Tips
    Senin, 13 September 2021 - 16:49 WIB
    Sholat tasbih adalah salah satu shalat sunnah yang dianjurkan oleh para ulama. Dinamakan demikian karena di dalam sholat tersebut banyak dibaca tasbih. Berikut keutamaan dan tata cara sholat tasbih.
  • Kisah Ibnu Hajar dan Seorang Yahudi yang Bersyahadat
    Hikmah
    Rabu, 21 Oktober 2020 - 21:55 WIB
    Ibnu Hajar Al-Asqalani (773-852 Hijriyah) seorang ahli hadis bermazhab Syafii. Salah satu karya populernya adalah Kitab Fathul Bari (kemenangan sang pencipta).
  • 12 Sunah Thawaf: Salah Satunya Mengusap dan Mencium Hajar Aswad
    Hikmah
    Minggu, 12 Mei 2024 - 16:27 WIB
    Rasulullah SAW memasukkan tengah-tengah kain ihram di bawah ketiak kanan dan menyelempangkan ujungnya di pundak kiri sehingga pundak kanan terbuka.
  • Asal Usul dan Sejarah Disyariatkannya Puasa Ramadan
    Hikmah
    Senin, 11 Maret 2024 - 10:10 WIB
    Bagaimana sebenarnya asal usul dan sejarah disyariatkannya puasa Ramadan? Berikut penjelasannya yang dikutip dari buku Bekal Ramadhan dan Idul Fitri : Menyambut Ramadhan.
  • Kisah Sedih Siti Hajar Ditinggal Nabi Ibrahim di Lahan Tandus Tak Berpenghuni
    Hikmah
    Rabu, 30 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Pada saat itu di Mekkah belum berpenghuni. Daerah itu tandus. Tak ada mata air. Nabi Ibrahim meninggalkan begitu saja Siti Hajar dan Ismail di sini.
  • Tragedi Qaramithah: Kabah Tanpa Hajar Aswad Selama 22 Tahun
    Hikmah
    Rabu, 03 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Seorang lelaki memukul dan mencongkel Hajar Aswad. Dengan nada menantang, Abu Thahir sesumbar : Mana burung-burung Ababil? Mana bebatuan dari Neraka Sijjil?
  • Asal Usul Iblis dari Golongan Malaikat, Bukan Bangsa Jin
    Hikmah
    Selasa, 16 Mei 2023 - 18:52 WIB
    Jumhur ulama mengatakan bahwa asal usul Iblis berasal dari golongan Malaikat, bukan bangsa Jin. Pendapat ini dinyatakan oleh ulama tafsir termasuk di dalamnya para sahabat Nabi.
  • Kisah Ibnu Hajar Al-Haitami dan Istri yang Memilih Hidup Miskin
    Hikmah
    Kamis, 22 Oktober 2020 - 08:05 WIB
    Imam Ibnu Hajar Al-Haitami rahimahullah? (909-973 Hijriyah) adalah ulama besar yang memiliki karamah luar biasa. Beliau diuji dengan seorang istri yang akhirnya memilih hidup miskin.
  • Kisah Pilu Tatkala Siti Hajar Menghapus Jejaknya Agar Tidak Terlacak Siti Sarah
    Hikmah
    Selasa, 06 Oktober 2020 - 07:21 WIB
    Rasulullah SAWmenyampaikan kepada kita bahwa dalam kepergiannya Hajar menyeret bajunya di belakangnya untuk menghapus jejak kakinya agar Sarah tidak mengetahui ke mana dia pergi.
  • Marga Assegaf Keturunan dari Siapa? Begini Penjelasan Asal Usulnya
    Dunia Islam
    Jum'at, 05 Januari 2024 - 13:58 WIB
    Di Indonesia, marga Assegaf cukup populer. Bahkan boleh dibilang, marga yang sangat pupuler di antara ratusan marga habib atau habaib di dunia.
  • Kisah Penuh Ibrah: Perusakan Hajar Aswad Jadi Sasaran Musuh Islam
    Hikmah
    Selasa, 09 Maret 2021 - 08:37 WIB
    Upaya perusakan batu hitam ternyata tidak hanya sekali itu saja. Kedengkian musuh-musuh Allah dan usaha mereka untuk menghancurkan syiar-syiar Allah salah satunya dengan menjarah Hajar Aswad.
  • Asal Usul Marga Alkatiri, Bukan Keturunan Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Senin, 07 Agustus 2023 - 17:11 WIB
    Asal usul marga Alkatiri atau Al-Katsir adalah penduduk asli Yaman yang bukan termasuk marga keturunan Rasulullah SAW. Alkatiri adalah suku/klan bangsawan di Hadramaut.
  • Kisah Sayyidah Fathimah dan Asal-usul Keranda Mayat
    Tausyiah
    Sabtu, 24 Oktober 2020 - 07:30 WIB
    Ada satu kisah Sayyidah Fathimah radhiyallahu anha yang sangat berharga dan penuh hikmah. Kisah ini berkaitan dengan akhlak beliau dalam menjaga kehormatan diri.
  • Asal-usul Lailatulqadar dan Kisah Nabi Syamun Al-Ghazi
    Hikmah
    Senin, 17 April 2023 - 03:05 WIB
    Asal-usul diturunkannya Lailatulqadar memiliki sejarah dan kisah menarik. Inilah salah satu nikmat besar yang Allah karuniakan kepada umat Nabi Muhammad SAW.