Topik Terkait: Bencana Menurut Islam (halaman 3)

  • Yerusalem Selalu Damai Jika Berada dalam Naungan Islam, Beda Ketika Dikuasai Israel
    Dunia Islam
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 16:26 WIB
    Sepanjang sejarahnya, Baitul Maqdis atau Kota Yerusalem, senantiasa berada dalam keadaan damai ketika berada dalam naungan pelayanan kaum Muslimin.
  • Ketika Kecantikan Wanita Dipilih sebagai Salah Satu Syarat untuk Dinikahi
    Muslimah
    Selasa, 09 November 2021 - 06:50 WIB
    Ketika memilih perempuan untuk dinikahi, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menyebut ada empat hal syarat yang dapat mewujudkannya. Yakni hartanya, garis keturunannya, kecantikannya dan agamanya
  • Hikmah Agama Menurut Nurcholish Madjid
    Tausyiah
    Senin, 09 Januari 2023 - 14:49 WIB
    Nurcholish Madjid mengatakan tujuan seorang Rasul diutus kepada umat manusia antara lain untuk mengajarkan Kitab Suci dan hikmah kepada mereka. Lalu, apa itu hikmah?
  • Anda Patah Hati? Jangan Khawatir Ini Cara terbaik Mengatasinya Dalam Pandangan Syariat
    Muslimah
    Rabu, 29 Desember 2021 - 15:33 WIB
    Umumnya patah hati ini muncul akibat diputuskan cinta oleh sang kekasih, ditinggal menikah mantan pacar, cinta bertepuk sebelah tangan, atau gagal taaruf karena tidak berjalan sesuai harapan.
  • 40 Fakta Unik Tentang Islam yang Menarik untuk Diketahui
    Hikmah
    Senin, 28 November 2022 - 22:39 WIB
    Islam adalah agama yang unik dan memiliki banyak pengikut di dunia. Saat ini populasi Muslim di dunia berjumlah sekitar 1,9 miliar orang. Berikut ini 40 fakta unik Islam.
  • Akhlak Islam adalah Rasa Malu
    Muslimah
    Senin, 01 November 2021 - 06:52 WIB
    Rasa malu adalah akhlak terpuji yang akan membangkitkan setiap perilaku baik dan mendorong untuk menjauhi perilaku tercela. Sifat malu juga dianggap sebagai sumber utama dari terciptanya akhlak terpuji lainnya.
  • Pendaran Cahaya Islam di Hispaniola
    Hikmah
    Rabu, 05 Agustus 2020 - 00:16 WIB
    Sejatinya Islam sudah sampai di kawasan Karibia bersamaan dengan penjelajahan pelaut asal Italia Christhoper Columbus, pada 1492. Berikut ulasan perkembangan Islam di Karibia.
  • Kaum Kebatinan dalam Islam Menurut Cak Nur
    Tausyiah
    Rabu, 29 Maret 2023 - 04:00 WIB
    Al-Bathiniyyun digunakan secara longgar untuk mengidentifikasi kelompok Islam yang orientasinya berat ke arah paham keagamaan yang lebih mengutamakan usaha menangkap makna dalam (batin) dari suatu teks atau ajaran agama.
  • Memahami Hukum Islam Berdasar Situasi Menurut Jalaluddin Rakhmat
    Tausyiah
    Rabu, 11 Januari 2023 - 15:05 WIB
    Anehnya bila golongan yang ditanya --Muhammadiyah, Persis, NU jawabannya satu. Semua golongan itu sepakat (ijma) untuk menyimpan uangnya di bank dan memanfaatkan bunganya.
  • Ali Ridho Syiarkan Islam di Pinggiran Banjarbaru
    Dunia Islam
    Kamis, 31 Maret 2022 - 07:33 WIB
    Bermodal semangat menyiarkan Islam di Tanah Banjarbaru, Ali Ridho yang berlatar belakang petani, mendirikan TPQ Baity Al Hikmah. Tempat pendidikan ini memfasilitasi anak-anak hingga lansia belajar membaca Al-Quran
  • Islam Mendorong Investasi, Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Rabu, 28 Juni 2023 - 05:15 WIB
    Di antara kewajiban masyarakat Islam adalah mengeluarkan harta yang di tangannya untuk diputar dan diinvestasikan, karena uang dan harta itu ada bukan untuk ditahan dan ditimbun.
  • Muawiyah Masuk Islam pada Peristiwa Umrah Qadha?
    Hikmah
    Selasa, 09 November 2021 - 15:35 WIB
    Muawiyah masuk Islam bersama ayahnya, Abu Sufyan bin Harb dan ibunya Hindun binti Utbah tatkala terjadi Fathu Makkah. Begitu satu riwayat.Riwayat lain menyebut, pada peristiwa Umrah Qadha
  • Takaful Bidang Materi dan Moral Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Selasa, 09 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Di antara bentuk taawun, taraahum dan tanaashur adalah takaful (saling menanggung) di antara anggota masyarakat Islam. Baik takaful di bidang materi dan moral, ekonomi dan politik, militer dan sipil, sosiai dan budaya.
  • Perjalanan Hidup Nabi Samuel Menurut Islam
    Hikmah
    Senin, 17 Oktober 2022 - 19:49 WIB
    Perjalanan hidup Nabi Samuel menurut Islam bisa disimak dalam Tafsir Surat Al-Baqarah, ayat 246. Pendapat demikian disampaikan Mujahid dan Muhammad ibnu Ishaq. Berikut kisahnya.
  • Adab Bersetubuh Menurut Islam Ternyata Tidak Konservatif
    Tausyiah
    Rabu, 30 September 2020 - 05:00 WIB
    Para ulama dalam usaha mencari jalan baik tidak bersifat konservatif, bahkan tidak kalah kemajuannya daripada penemuan-penemuan atau pendapat masa kini.
  • Cara Pengeluaran Zakat Penghasilan Menurut Ulama Salaf
    Tips
    Senin, 13 Maret 2023 - 12:58 WIB
    Bila seseorang sudah mengeluarkan zakat gaji pada waktu menerimanya, maka tidak wajib zakat lagi pada waktu masa tempo tahunnya sampai, sehingga tidak terjadi kewajiban mengeluarkan zakat dua kali.
  • Hukum Gratifikasi, Ada 3 Macam Pemberian Hadiah Menurut Islam
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Mei 2023 - 23:24 WIB
    Gratifikasi dalam Islam sudah ada sejak dulu dan bertahan hingga sekarang. Hal ini tidak terlepas dari dasar maknanya yang berarti memberikan sesuatu kepada orang lain.
  • Penyakit Pemikiran Islam Menurut Syaikh Muhammad Al-Ghazali (2)
    Tausyiah
    Sabtu, 19 September 2020 - 12:25 WIB
    Sesungguhnya dakwah kepada Islam tidak menerima perkara-perkara khilafiyah walaupun hal itu dianggap sangat penting oleh sebagian juru dakwah.
  • Setiap Agama Menuntut Pengorbanan dari Pemeluknya, Bagaimana dengan Islam?
    Tausyiah
    Minggu, 07 Januari 2024 - 11:49 WIB
    Yang paling berharga buat agama adalah agama itu sendiri. Karenanya setiap agama menuntut pengorbanan apa pun dari pemeluknya demi mempertahankan kelestariannya.
  • Tingkatan Hukum-Hukum Menurut Syaikh Yusuf Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Senin, 05 Desember 2022 - 16:19 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan salah satu kajian fiqih yang dilupakan sebagian agamawan adalah mengetahui tingkatan-tingkatan hukum syari dan menyadari bahwa hukum-hukum ini tidak berada dalam satu tingkatan saja.