Topik Terkait: Grand Syekh Al Azhar (halaman 148)

  • Profil dan Biografi...
    Dunia Islam
    Senin, 18 Desember 2023 - 19:19 WIB
    Uwais Al Qarni merupakan salah satu tokoh Islam yang hidup pada zaman Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam Akan tetapi beliau tidak bertemu dengan Nabi, sehingga disebut dengan Tabiin.
  • KH Ali Yafie Wafat:...
    Tausyiah
    Minggu, 26 Februari 2023 - 14:48 WIB
    Indonesia, khususnya ummat Islam, berduka. Ulama ahli fiqih, KH Ali Yafie berpulang. Berikut adalah salah satu tulisan beliau tentang Nasikh Mansukh dalam Al-Quran.
  • Begini Khasiat dan Keistimewaan...
    Hikmah
    Jum'at, 18 Agustus 2023 - 09:42 WIB
    Khusus keistimewaan Surat Al-Mulk, Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan, dapat meringankan siksa yang diterima oleh si mayit dan dapat menyelamatkannya dari siksa kubur.
  • Mengapa Wanita Dimuliakan...
    Muslimah
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 13:10 WIB
    Dalam Islam, seorang wanita kedudukannya sangat dimuliakan. Kemuliaan kaum Hawa ini dalam semua fase kehidupan yang mereka lalui. Mengapa demikian?
  • Al-Quran Menceritakan...
    Tausyiah
    Jum'at, 29 Desember 2023 - 09:28 WIB
    Al-Quran banyak berbicara tentang sifat dan sikap Ahl Al-Kitab terhadap kaum Muslim, dan berbicara tentang keyakinan dan sekte mereka yang beraneka ragam. .
  • Quraish Shihab: Al-Quran...
    Tausyiah
    Rabu, 22 Maret 2023 - 17:48 WIB
    Al-Quran Al-Karim memperkenalkan dirinya dengan berbagai ciri dan sifat. Salah satu di antaranya adalah bahwa ia merupakan kitab yang keotentikannya dijamin oleh Allah, dan ia adalah kitab yang selalu dipelihara.
  • Sebab-Sebab Ekstrem...
    Dunia Islam
    Kamis, 24 November 2022 - 17:13 WIB
    Syaikh Muhammad al-Ghazali menganggap sikap ekstrem dalam beragama sebagai penyimpangan. Menurutnya, keberagamaan yang menyimpang karena sebab-sebab psikologis.
  • Manfaat dan Keindahan...
    Tausyiah
    Senin, 17 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Apabila jiwa seni itu adalah bagaimana merasakan adanya keindahan dan menghayatinya, maka itulah yang diingatkan oleh Al Quran untuk diperhatikan, dan Al Quran telah menegaskan dalam banyak ayatnya.
  • Kisah Mualaf Jerman...
    Dunia Islam
    Kamis, 29 Desember 2022 - 12:57 WIB
    Dr Marcus adalah seorang pemikir dan penulis terkenal yang mendirikan Muslimische Revue di Berlin, Jerman. Dia mengaku mempelajari al-Quran (terjemahan) sejak masa kanak-kanak.
  • Surat Al-Maun: Hakikat...
    Tausyiah
    Kamis, 15 Agustus 2024 - 16:01 WIB
    Ayat pertama surat Al-Maun mengajak manusia untuk menyadari salah satu bukti utama kesadaran beragama atau kesadaran berkeyakinan tentang hari akhir.
  • Nuzulul Quran: Surat...
    Hikmah
    Kamis, 06 April 2023 - 07:49 WIB
    Kebanyakan ulama berpendapat ayat pertama dalam Al-Quran yang turun ialah surat Al-Alaq ayat 1-5. Hanya saja, ulama berbeda pendapat terkait ayat mana yang menjadi ayat terakhir yang diturunkan.
  • Kemunculan Yajuj dan...
    Tausyiah
    Kamis, 09 September 2021 - 17:30 WIB
    Ibnu Katsir memaparkan ayat-ayat Al-Quran yang menjelaskan tentang kemunculan Yajuj dan Majuj menjelang hari kiamat. Ayat-ayat itu antara lain pada surat Al-Anbiya ayat 96-97 dan Al-Kahfi: 92-99.
  • Inilah 7 Ayat Al-Quran...
    Muslimah
    Senin, 08 Maret 2021 - 07:42 WIB
    Rasa cemas akan memengaruhi bisa berupa fisik atau ilusi.Bila berlebihan bahkan akan mengacaukan pikiran. Untuk itu, ada bacaan zikir dan doa saat cemas agar kita kembali sadar dan dapat secara singkat menghilangkan perasaan tersebut.
  • Tafsir Al-Quran: Ini...
    Hikmah
    Jum'at, 20 September 2024 - 13:12 WIB
    Keengganan menggunakan takwil ini menjadikan sementara ulama salaf menduga bahwa batu adalah makhluk hidup yang berakal, berdasarkan firman Allah dalam QS 2: 74.
  • Kisah Khalifah Al-Mahdi...
    Dunia Islam
    Jum'at, 20 Mei 2022 - 19:00 WIB
    Al-Mahdi memerintahkan agar Kakbah dipasangi sehelai penutup (Kiswah) saja yang melingkupi seluruh bangunan Kakbah. Dia juga memerintahkan agar seluruh wilayah Masjidil Haram ditaburi parfum.
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Selasa, 30 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Sesungguhnya seruan untuk berijtihad bukan sekadar asal-asalan dan membuka pintunya kepada setiap orang yang mengaku dengan lantang padahal belum terpenuhi syarat-syarat utama dalam ijtihad.
  • Doa Melancarkan Rezeki...
    Tips
    Jum'at, 28 Juli 2023 - 11:56 WIB
    Siapa saja yang membaca doa ini setiap selesai salat fardhu, terutama salat Jumat, maka ia diberikan kekayaan dan kecukupan rezeki oleh Allah. Lafadz doa dimaksud adalah sebagai berikut:
  • Doa agar Haid Cepat...
    Muslimah
    Senin, 10 Januari 2022 - 09:13 WIB
    Doa agar haid cepat keluar bagi muslimah sebenarnya tidak ada secara khusus yang tercantum dalam Al-Quran maupun hadis. Akan tetapi secara umum ada doa yang ditujukan untuk kesembuhan suatu penyakit.
  • Nama Buah-buahan Surga...
    Hikmah
    Rabu, 06 September 2023 - 10:53 WIB
    Salah satu kenikmatan bagi penghuni surga adalah tersedianya makanan yang enak dan lezat. Salah satu makanan surga itu adalah buah-buahan, dan ternyata buah-buahan surga ini ada yang bisa dinikmati di dunia
  • Quraish Shihab Jelaskan...
    Tausyiah
    Kamis, 28 Desember 2023 - 08:42 WIB
    Selain istilah Ahl Al-Kitab, Al-Quran juga menggunakan istilah Utu Al-Kitab, Utu nashiban minal kitab, Al-Yahud, Al-Ladzina Hadu, Bani Israil, An Nashara, dan istilah lainnya.