Topik Terkait: Hal Hal Makruh Dalam Puasa (halaman 3)

  • Puasa Memperkuat Arti Kebebasan, Persaudaraan dan Persamaan dalam Jiwa Manusia
    Tausyiah
    Kamis, 21 Maret 2024 - 14:48 WIB
    Mereka masing-masing yang telah dibebaskan karena dalam keadaan sakit atau sedang dalam perjalanan dapat mengganti puasanya itu pada kesempatan lain.
  • Puasa Lahir Bathin
    Tips
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 03:15 WIB
    Para nabi dan orang orang beriman terdahulu menjalankan puasa sebagaimana bentuk model puasa yang dikenal hingga hari ini sebagai puasa Adam, puasa Nuh, puasa Daud, dll.
  • 5 Perkara yang Menghanguskan Pahala Puasa, Nomor Terakhir Bersumpah Palsu
    Tips
    Sabtu, 25 Maret 2023 - 14:10 WIB
    Ternyata ada perkara-perkara yang bisa menghanguskan pahala puasa. Perkara tersebut perlu diketahui setiap muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa Ramadan saat ini
  • Meraih Derajat Takwa dengan Puasa Lahir Batin
    Tips
    Senin, 04 Mei 2020 - 14:49 WIB
    Kesimpulan ini semakin bias karena puasa lahir dimaknai menjadi standar ilmu fikih bagi orang awam. Sedangkan puasa bathin dengan standar orang-orang khusus, sufi.
  • Puasa Menjadi Perisai dari 3 Perkara, Nomor 3 Dirasakan Langsung dalam Aktivitas
    Tips
    Jum'at, 04 Februari 2022 - 09:13 WIB
    Puasa di bulan Rajab sangat dianjurkan bagi umat Islam, karena merupakan amalan bulan Rajab yang memiliki banyak keistimewaan. Puasa sendiri memiliki banyak keutamaan, selain ganjaran pahala, ibadah puasa ternyata merupakan perisai
  • KH Muammar Bakry: Menjaga Jiwa Adalah Hal Pokok dalam Islam
    Dunia Islam
    Senin, 12 Juli 2021 - 13:34 WIB
    Menjaga jiwa merupakan bagian terpenting yang asasi atau pokok dalam syariat Islam. Menjaga jiwa ini nilainya sama halnya dengan menjaga agama, akal pikiran, harta dan juga keturunan.
  • 6 Hal yang Wajib Dilakukan dalam Berwudhu
    Tips
    Kamis, 11 November 2021 - 08:47 WIB
    Banyak sekali keutamaan dari wudhu, beberapa di antaranya karena wudhu dosa terampuni, wudhu yang sempurna wajib masuk surga, karena wudhu derajat diangkat dan lainnya.
  • Perkara-Perkara yang Harus Dihindari Muslimah agar Puasa Ramadan Tidak Sia-Sia
    Muslimah
    Sabtu, 01 April 2023 - 03:05 WIB
    Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan, selain menunaikan kewajiban, kita juga berharap pahala dari Allah subhanahu wa taala. Namun, jika puasa tidak bernilai pahala, tentu akan sangat melelahkan dan sia-sia
  • Cara Berbuka Puasa Sesuai Sunnah
    Tips
    Selasa, 13 April 2021 - 13:31 WIB
    Waktu berbuka puasa tentunya menjadi waktu yang ditunggu-tunggu dan membahagiakan bagi seluruh umat islam yang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Untuk berbuka ini, ada cara berbuka puasa sesuai sunnah Rasulullah.
  • Menggabungkan Puasa Syawal dan Qadha Ramadan Beserta Niatnya
    Tips
    Rabu, 24 April 2024 - 11:23 WIB
    Bolehkah bolehkah menggabung puasa sunnah 6 hari Syawal dengan qadha Ramadan, terutama yang masih punya utang puasa Ramadan?
  • Inilah Hal-hal yang Dilarang di Bulan Dzulhijjah
    Tips
    Rabu, 29 Juni 2022 - 12:15 WIB
    Ada banyak amalan yang dianjurkan dilaksanakan di bulan Dzulhijjah, namun ada juga beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan di bulan tersebut. Apa saja amalan yang dilarang di salah satu bulan haram atau bulan istimewa itu?
  • Hal yang Membatalkan Puasa Menurut 4 Mazhab
    Tips
    Jum'at, 31 Maret 2023 - 16:28 WIB
    Hal yang membatalkan puasa menurut 4 mazhab besar: Hanafiyah, Malikiyah, Syafiiyah, dan Hanbaliyah, prinsipnya sama. Hanya saja masing-masing memiliki tambahan-tambahan
  • Tata Cara dan Niat Qadha Puasa Ramadan
    Tips
    Kamis, 16 Maret 2023 - 21:53 WIB
    Hari ini kita berada di akhir-akhir bulan Syaban tepatnya 24 Syaban 1444 Hijriyah. Bagi yang memiliki utang puasa Ramadan tahun lalu, masih ada waktu untuk melunasinya.
  • Berikut 6 Lafal Niat Puasa Ramadhan
    Tips
    Senin, 04 April 2022 - 04:05 WIB
    Salah satu rukun puasa adalah niat yang waktunya ditentukan yaitu setelah masuknya waktu Maghrib sampai sebelum masuknya waktu Subuh. Berikut 6 versi lafal niat puasa Ramadhan..
  • Menjaga 7 Anggota Tubuh Saat Puasa, Menurut  Al-Muhasibi
    Tausyiah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 15:03 WIB
    Tindakan menahan anggota tubuh, dapat diimplementasikan dengan cara menaati perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Al-Muhasibi mengupas apa saja yang perlu dijaga.
  • Hukum Qadha Puasa bagi Orang yang Sudah Meninggal Dunia
    Tausyiah
    Minggu, 30 Mei 2021 - 08:06 WIB
    Uang wajib dibayar. Lalu, bagaimana hukumnya jika sebelum mengqadha puasa Ramadhan seseorang meninggal dunia? Siapa yang harus mengqadha? Berikut penjelasannya.
  • Hal-hal yang Menyebabkan Wanita Susah Masuk Surga
    Muslimah
    Selasa, 14 November 2023 - 10:34 WIB
    Sebuah hadis Rasulullah yang sangat populer menyebutkan bahwa,Sesungguhnya penduduk surga yang paling sedikit adalah wanita. (HR Muslim dan Ahmad). Mengapa hanya sedikit wanita yang masuk surga?
  • Hukum Puasa Rajab, dari Sunnah sampai Makruh
    Tips
    Rabu, 02 Februari 2022 - 11:03 WIB
    Hukum puasa Rajab oleh sebagian ulama dianggap sunnah. Hanya saja, sebagian ulama lainnya menganggap bidah karena hadits yang dijadikan dasar ibadah tersebut dhaif, bahkan ada yang palsu.
  • Jangan Sepelekan Dua Rukun Puasa Ramadhan Berikut Ini
    Tips
    Senin, 04 April 2022 - 03:00 WIB
    Rukun puasa Ramadhan ada dua. Pertama, al-imsak yakni menahan diri dari hal yang membatalkan puasa. Kedua, niat yang waktunya ditentukan yaitu setelah Maghrib sampai Subuh.
  • Niat Puasa Ayyamul Bidh di Bulan Muharam dan Keutamaannya
    Tips
    Minggu, 30 Juli 2023 - 11:52 WIB
    Niat puasa ayyamul bidh adalah niat melaksanakan puasa sunnah yang jatuh setiap tanggal 13,14 dan 15 hijriah setiap bulannya.Untuk bulan Muharam ini, puasa Ayyamul bidh jatuh pada hari Selas-Rabu dan Kamis (1,2 dan 3 agustus 2023).