Topik Terkait: Hal Hal Makruh Dalam Puasa (halaman 2)

  • Berlomba-lomba dalam Kesalehan sebagai Bekal Akhirat, Yuk Amalkan!
    Tips
    Rabu, 16 November 2022 - 11:01 WIB
    Kompetisi atau lomba yang sering dilakukan manusia biasanya hanya berorientasi dunia. Mereka berlomba-lomba dalam menggapai dunia, jabatan, harta dan kepentingan dunia lainnya. Sebaliknya, sangat jarang bahkan hampir tidak ditemukan, orang-orang yng mau berlomba-lomba dalam hal akhirat.
  • 11 Adab di Masjid Saat Iktikaf yang Penting Diketahui
    Tips
    Jum'at, 14 April 2023 - 09:04 WIB
    Masjid-masjid akan penuh dihadiri orang-orang yang beriktikaf. Karena itu, hendaknya seorang muslim yang berada di dalam masjid memperhatikan adab-adabnya.
  • Begini Hal-Hal Tak Biasa yang Dilakukan Rasulullah SAW di 10 Malam Terakhir Ramadhan
    Tausyiah
    Jum'at, 29 April 2022 - 18:41 WIB
    Sayyidah Aisyah ra dalam beberapa riwayat menyebutkan bahwa Rasulullah SAW melakukan aktivitas yang tidak biasa di malam-malam terakhir Ramadhan.
  • Panduan Ramadhan, Berikut Hal-hal yang Dimakruhkan Saat Puasa
    Tips
    Minggu, 03 Mei 2020 - 17:05 WIB
    Adapun hal-hal yang dimakruhkan dalam puasa Ramadhan hendaknya dijauhi demi menjaga kualitas puasa di sisi Allah Taala. Berikut pembahasannya.
  • Tumaninah, Hal Penting yang Sering Diremehkan
    Muslimah
    Rabu, 21 Oktober 2020 - 06:46 WIB
    Di antara kesalahan-kesalahan yang sangat besar yang banyak dilakukan oleh orang-orang yang melakukan salat yaitu mereka tidak tumaninah ketika mengerjakan salat.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Hukum Puasa Rajab, dari Sunnah sampai Makruh
    Tips
    Rabu, 02 Februari 2022 - 11:03 WIB
    Hukum puasa Rajab oleh sebagian ulama dianggap sunnah. Hanya saja, sebagian ulama lainnya menganggap bidah karena hadits yang dijadikan dasar ibadah tersebut dhaif, bahkan ada yang palsu.
  • Masih Adakah yang Berlomba-lomba Dalam Hal Akhirat?
    Muslimah
    Minggu, 06 Juni 2021 - 12:02 WIB
    Berlomba-lomba dalam menggapai dunia, mungkin sudah biasa. Namun amat jarang kita perhatikan orang-orang berlomba-lomba dalam hal akhirat. Hanya sedikit orang yang mendapat rahmat Allah yang mungkin sadar akan hal ini.
  • Bacaan Niat Puasa Senin Kamis dalam Bahasa Indonesia dan Arab Lengkap
    Tips
    Senin, 03 Juli 2023 - 13:08 WIB
    Bacaan niat puasa Senin-Kamis dalan bahasa Indonesia dan Arab ini, penting diketahui ketika berniat menjalankan ibadah puasa sunah tersebut. Dalam menjalankan Puasa Senin Kamis ini tidak ada yang berbeda seperti puasa sunah.
  • 2 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menyucikan Hati
    Tausyiah
    Selasa, 08 September 2020 - 16:47 WIB
    Ustaz Saeful Huda (pengasuh Pondok Pesantren Sultan Fatah Semarang) mengingatkan pentingnya menyucikan hati bagi penuntut ilmu. Berikut 2 hal yang harus diperhatikan.
  • Mengambil Hikmah Puasa dalam Memerangi Pandemi Covid-19
    Hikmah
    Sabtu, 16 Mei 2020 - 16:43 WIB
    Dalam Bahasa Arab, puasa dikenal dengan istilah Shaum atau Shiyam. Keduanya memiliki makna Al-Imsak yaitu menahan diri atau menunda kesenangan.
  • Hal-hal yang Membatalkan Tayamum yang Penting Diketahui
    Tausyiah
    Sabtu, 09 September 2023 - 05:15 WIB
    Hal-hal yang bisa membatalkan tayamum penting diketahui setiap muslim, karena hal tersebut yang bisa menjadikan tidak sahnya ibadah salat yang kita lakukan.
  • Asal Usul dan Sejarah Disyariatkannya Puasa Ramadan
    Hikmah
    Senin, 11 Maret 2024 - 10:10 WIB
    Bagaimana sebenarnya asal usul dan sejarah disyariatkannya puasa Ramadan? Berikut penjelasannya yang dikutip dari buku Bekal Ramadhan dan Idul Fitri : Menyambut Ramadhan.
  • Jadwal Puasa Tasua dan Puasa Asyura 1445 Hijriah
    Tips
    Sabtu, 22 Juli 2023 - 15:42 WIB
    Jadwal dan niat Puasa Tasua dan Asyura Tahun 2023 menjadi informasi penting yang harus diketahui umat muslim. Puasa Tasua dan Asyura merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan pada bulan Muharram.
  • Inilah Hal-hal yang Dilarang di Bulan Dzulhijjah
    Tips
    Rabu, 29 Juni 2022 - 12:15 WIB
    Ada banyak amalan yang dianjurkan dilaksanakan di bulan Dzulhijjah, namun ada juga beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan di bulan tersebut. Apa saja amalan yang dilarang di salah satu bulan haram atau bulan istimewa itu?
  • Doa Berbuka Puasa Berdasar Hadis Sahih
    Tips
    Sabtu, 02 April 2022 - 16:27 WIB
    Ulama dari Madzhab Syafii menggabungkan doa riwayat Imam Bukhari dan Muslim dengan doa riwayat Abu Dawud, demikian disebutkan Sulaiman Bujairimi.
  • Agar Tidur Bernilai Ibadah, Lakukan 2 Amalan Ini agar Pahala Bertambah
    Tips
    Minggu, 18 September 2022 - 16:58 WIB
    Sebagai muslim kita dianjurkan melaksanakan amalan-amalan ringan namun berpahala. Salah satunya amalan sebelum tidur. Jika diamalkan dengan rutin maka akan menambah pahala. Amalan apa saja itu?
  • Tinggal 10 Hari Terakhir, Jangan Sia-siakan Ibadah Puasanya!
    Tips
    Minggu, 02 Mei 2021 - 10:04 WIB
    Bulan Ramadan sebentar lagi akan pergi meninggalkan umat Islam. Bulan mulia ini telah memasuki 10 hari terakhir. Di waktu-waktu akhir ini, umat Islam disarankan meningkatkan amal ibadahnya.
  • 5 Hal yang Harus Disegerakan dalam Syariat Islam
    Hikmah
    Rabu, 29 Januari 2020 - 17:22 WIB
    Islam tidak hanya mengatur urusan ibadah vertikal, tetapi juga mengatur urusan muamalah dan hubungan antarmanusia.
  • Bekam Batalkan Puasa, Prof Syamsul Anwar: Masih Dalam Perdebatan
    Tausyiah
    Jum'at, 23 April 2021 - 16:58 WIB
    Pendapat mayoritas ulama dinilai lebih kuat yaitu bekam tidaklah membatalkan puasa. Akan tetapi, bekam dimakruhkan bagi orang yang bisa jadi lemas karena berbekam.
  • 4 Doa Pendek agar Terhindar dari Hal-hal Buruk
    Tips
    Selasa, 23 Mei 2023 - 12:30 WIB
    Seorang muslim pasti mengetahui bahwa setiap ujian dan musibah adalah rahasia takdir yang telah Allah gariskan semenjak zaman azali, bahkan ujian merupakan wasilah bagi seorang mukmin untuk mengasah serta meningkatkan keimanan.