Topik Terkait: Hukum Harta Temuan (halaman 56)

  • Memotong Kuku dan Rambut...
    Muslimah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 13:08 WIB
    Banyak pemahaman di kalangan masyarakat terutama kalangan muslimah, bahwa orang yang tengah haid dilarang memotong kuku dan rambut karena akan dipertanggungjawabkan di hari kiamat kelak. Benarkah demikian?
  • Apa Hukum Mengirim Al...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Juli 2024 - 14:08 WIB
    Apa hukum mengirim Al Fatihah untuk mayit? Hukum mengirim al Fatihah sama dengan hukum membaca Quran. Berikut ini pendapat ulama dari 4 mazhab mengenai hal tersebut.
  • Hukum Infak, Sedekah...
    Tausyiah
    Selasa, 16 Februari 2021 - 17:48 WIB
    Zakat, infak dan sedekah sangat akrab di telinga kaum muslimin seolah sudah menjadi satu kesatuan. Banyak yang bertanya apakah ketiga istilah itu sama maknanya. Berikut penjelasannya.
  • Aspek Hukum Puasa: Pengertian...
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 08:12 WIB
    Puasa dimulai dengan terbitnya fajar, dan berakhir dengan datangnya malam. Persoalan yang juga diperbincangkan oleh para ulama adalah pengertian malam.
  • 4 Sikap Mengabaikan...
    Tausyiah
    Senin, 15 Januari 2024 - 10:58 WIB
    Di zaman sekarang, banyak orang-orang yang mengaku Islam namun enggan atau mengabaikan Al-Quran sebagai kitabullah. Padahal kewajiban muslim adalah membaca dan mengamalkan isi Al Quran itu dalam kehidupan sehari-hari.
  • Pernikahan Beda Agama,...
    Dunia Islam
    Kamis, 21 Juli 2022 - 18:47 WIB
    Beberapa waktu yang lalu publik ramai membicarakan tentang Pengadilan Negeri (PN) Surabaya yang mengesahkan atau mengizinkan pernikahan beda agama.
  • Niat Qadha Puasa Ramadan...
    Tips
    Senin, 15 Januari 2024 - 14:21 WIB
    Niat qadha puasa Ramadan dan tata caranya ini penting diketahui kaum muslim. Karena menunaikan qadha puasa Ramadan hukumnya wajib bagi yang memiliki utang puasa.
  • Bolehkah Berkurban dengan...
    Tips
    Jum'at, 09 Juni 2023 - 15:56 WIB
    Ada yang bertanya tentang hukum berkurban dengan hewan pincang atau cacat serta batasannya. Apakah hal ini sah dan dibolehkan? Berikut penjelasan Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq.
  • Anak Hasil Perzinaan,...
    Muslimah
    Rabu, 23 Juni 2021 - 07:37 WIB
    Perzinaan sepertinya sudah dianggap biasa di kalangan muda-muda saat ini. Akhirnya, banyak wanita dengan menahan malu telah memiliki isi dalam perutnya, lalu lahirlah anak tanpa hasil pernikahan sah tersebut.
  • Batasan Wanita Karier...
    Muslimah
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 13:56 WIB
    Batasan wanita karier dalam Islam perlu dipahami oleh kaum muslimah yang memilih bekerja di luar rumah. Batasan ini penting, karena wanita karier akan menghabiskan lebih banyak waktunya di luar rumah.
  • Islam Mendorong untuk...
    Tausyiah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 08:58 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan Islam menekankan pengaturan pengeluaran harta dan mendorong untuk sederhana dalam berinfak. Begini penjelasannya.
  • Hukum Salat Berjamaah...
    Tips
    Kamis, 07 Mei 2020 - 08:15 WIB
    Banyak Hadis yang menjelaskan tentang keutamaan salat berjamaah di masjid terutama bagi kaum laki-laki. Lalu, bagaimana hukum salat berjamaah di masjid menurut Mazhab Syafii?
  • Puasa 1-9 Dzulhijjah...
    Tausyiah
    Kamis, 22 Juni 2023 - 22:37 WIB
    Hukum puasa Dzulhijjah tanggal 1-9 perlu diketahui umat muslim agar tidak keliru memahaminya. Mari simak penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan berikut ini.
  • Ini Cara Mandi Junub...
    Muslimah
    Jum'at, 21 Januari 2022 - 19:15 WIB
    Ternyata wanita juga bisa mengalami mimpi basah, tak melulu hanya dialami kaum lelaki saja. Untuk itu, muslimah wajib tahu bagaimana hukumnya dan apa saja yang harus dilakukan ketika mengalami hal tersebut?
  • Pahala Menagih Utang,...
    Tausyiah
    Senin, 14 Februari 2022 - 11:28 WIB
    Pahala menagih utang bisa jadi sama dengan pahala menyelamatkan orang dari masalah di akhirat kelak. Namun meringankan kesusahan seorang mukmin di dunia akan dibalas Allah pada hari kiamat.
  • Kafarat Bagi yang Membatalkan...
    Tips
    Rabu, 05 Mei 2021 - 15:51 WIB
    Bila seandainya ada orang yang tidak berpuasa ataupun melanggar sesuatu yang berkaitan dengan hukum-hukum puasa, maka dia membayar kafarat (penebus). Bagaimana kafarat itu diberlakukan?
  • Tadabur Surat An-Nur...
    Hikmah
    Kamis, 20 Juli 2023 - 15:24 WIB
    Setelah menjelaskan hukuman bagi pezina dan hukum menikahinya, Allah Taala kemudian menerangkan larangan dan sanksi terhadap orang yang menuduh orang baik berbuat zina.
  • Masih Suka Lepas Pasang...
    Muslimah
    Sabtu, 14 September 2024 - 05:15 WIB
    Bagaimana Islam memandang muslimah yang sering lepas dan pasang jilbab? Pertanyaan ini mengemuka karena dalam keseharian, banyak kaum muslimah yang masih melakukan hal tersebut.
  • Apakah Surat Yasin Boleh...
    Muslimah
    Rabu, 07 Desember 2022 - 10:14 WIB
    Apakah surat Yasin boleh dibaca saat haid dan bagaimana hukumnya? Seperti diketahui, dalam Islam saat wanita sedang haid dilarang melakukan sejumlah ibadah terutama ibadah yakni sholat, puasa dan memegang mushaf al-Quran.
  • Hukum Salat Tarawih...
    Tausyiah
    Minggu, 02 April 2023 - 23:20 WIB
    Salat tarawih ngebut alias super cepat sering menjadi perbincangan hangat di kalangan muslim. Bagaimana hukum salat tarawih ngebut dalam pandangan syariat?