Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol Tapi Tidak Mabuk (halaman 46)

  • Tukang Ramal dan Ramalannya,...
    Tausyiah
    Senin, 15 April 2024 - 11:56 WIB
    Di jagat maya, tukang ramal atau peramal berseliweran dengan jumlah follower yang cukup banyak. Bagaimana Islam memandang tentang kondisi tersebut?
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Jum'at, 19 Juli 2024 - 09:26 WIB
    Hukum tajwid Surat Al Buruj ayat 1-3 penting dipelajari kaum muslim. Tak sekadar menambah pengetahuan, namun juga ditujukan agar nantinya tidak keliru ketika membacanya.
  • Mekkah Tidak Dikenal...
    Dunia Islam
    Selasa, 11 Januari 2022 - 17:00 WIB
    Pada era jahiliyah atau pra-Islam, Mekkah tidak begitu dikenal. Bahkan dalam manuskrip Raja Babilonia belum ditemukan nama Mekkah dalam daftar berbagai tempat yang telah dikuasai.
  • Makanan Khas Sufi Tidak...
    Hikmah
    Kamis, 10 September 2020 - 09:16 WIB
    Kemanusiaan berputar-putar di sekitar realitas dalam sebuah sistem yang tidak sejati. Ia harus memasuki lingkaran dan bukannya sekadar mengikuti garisnya.
  • Penyebab Rezeki Tidak...
    Tausyiah
    Selasa, 29 September 2020 - 19:01 WIB
    Di antara manusia banyak mengalami kesulitan rezeki. Terkadang sudah berusaha dan berdoa, namun rezeki masih saja terhambat alias tidak lancar. Apa sebabnya?
  • Kisah Bijak Para Sufi:...
    Hikmah
    Minggu, 07 Juni 2020 - 06:18 WIB
    Konon, ada seorang raja yang berpikir bahwa semua pengetahuan dan keyakinannya adalah benar tanpa salah. Dalam banyak hal ia menunjukkan dirinya adil.
  • Lailatul Qadar Tidak...
    Tausyiah
    Rabu, 05 Mei 2021 - 08:30 WIB
    Semua umat muslim pasti mendambakan Lailatul Qodar mengingat keutamaannya lebih baik dari seribu bulan. Malam Lailatul Qodar bisa terjadi pada malam genap, bukan malam ganjil saja.
  • Hukum Salat Jumat Ketika...
    Tausyiah
    Rabu, 15 November 2023 - 18:04 WIB
    Setiap muslim yang baligh diwajibkan mengerjakan salat Jumat dan meninggalkan segala perniagaan dan usaha dunia. Bagaimana jika seseorang dalam perjalanan, apakah wajib sholat Jumat?
  • Bagaimana Hukum Pinjol...
    Dunia Islam
    Selasa, 14 September 2021 - 16:24 WIB
    Dilansir dari laman mui.or.id, dalam kajian fikih muamalah kontemporer pinjam uang dengan cara online hukumnya boleh dengan memperhatikan beberapa hal.
  • Doa Ini Pendek Tapi...
    Tausiyah
    Kamis, 26 Desember 2019 - 20:33 WIB
    Ada satu doa yang diajarkan Beliau shallallahu alaihi wa sallam (SAW) yang lafaznya pendek namun keutamannya (fadillah) dan sangat besar.
  • Hukum Percaya Ramalan...
    Tausyiah
    Selasa, 02 Juli 2024 - 14:09 WIB
    Hukum percaya ramalan kiamat manusia adalah dilarang dalam Islam. Bahkan, Islam melarang umatnya mempercayai segala bentuk ramalan, termasuk ramalan tentang kiamat.
  • Taqlid dalam Makna Generik...
    Tausyiah
    Rabu, 04 Januari 2023 - 14:07 WIB
    Cak Nur bilang taqlid dalam makna generik yang positif merupakan dasar penumbuhan kekayaan intelektual yang integral, yakni integral dalam arti bahwa suatu bangunan tradisi intelektual memiliki akar-akar dalam sejarah.
  • Rasulullah Ingin Ubah...
    Tausyiah
    Minggu, 20 September 2020 - 13:47 WIB
    Oleh sebab itu, Imam Ahmad dan ulama lainnya lebih senang melakukan sesuatu yang lebih utama, jika perbuatan itu dianggap dapat tetap menjaga keutuhan persatuan umat Islam
  • 7 Hak Istri atas Diri...
    Muslimah
    Kamis, 06 Oktober 2022 - 09:08 WIB
    Hubungan suami istri dalam Islam, diberikan hak dan kewajiban yang sama, kecuali satu perkara kelebihan suaminya yakni sebagai penanggung jawab keluarga.
  • Kisah Haji : Tukang...
    Hikmah
    Kamis, 09 Mei 2024 - 18:08 WIB
    Kisah ini penuh hikmah, di mana seseorang yang tidak berhaji namun mendapat pahala ibadah haji. Sebaliknya, mereka yang tengah menjalankan ibadah haji, tetapi tidak diterima amalannya. Kok bisa?
  • Berdebat dalam Al-Quran...
    Hikmah
    Senin, 22 Januari 2024 - 10:49 WIB
    Sebuah perbedaan merupakan salah satu ketetapan Allah yang menjadikan kehidupan di dunia ini semakin beragam. Perbedaan pendapat, keyakinan, dan perilaku manusia merupakan sebuah keniscayaan.
  • 6 Sifat yang Harus Dijauhi...
    Muslimah
    Kamis, 29 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Imam Al-Ghazali mengingatkan dalam nasihatnya bahwa ada sifat-sifat perempuan yang harus diwaspadai agar tidak dipilih untuk dipersunting menjadi seorang istri bagi laki-laki yang beriman. Sifat-sifat apakah itu?
  • Rukun Sholat yang Perlu...
    Tips
    Minggu, 25 September 2022 - 05:15 WIB
    Rukun sholat sangat penting diketahui. Jika salah satu rukun ini tidak ada, maka sholat pun tidak dianggap sholat secara syari dan juga tidak bisa diganti dengan sujud sahwi.
  • Taubat Nasuha: Perlu...
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 18:28 WIB
    Bertekad meninggalkan maksiat dan bertaubat darinya secara total, dan tidak akan kembali melakukannya selama-lamanya. Seperti susu yang tidak mungkin kembali ke puting hewan setelah diperah.
  • Begini Penjelasan Syaikh...
    Tausyiah
    Sabtu, 29 Oktober 2022 - 08:38 WIB
    Syaikh Yusuf Qardhawi menegaskan sesungguhnya bunga yang diambil oleh penabung di bank adalah riba yang diharamkan, karena riba adalah semua tambahan yang disyaratkan atas pokok harta.