Topik Terkait: Mandi Janabat (halaman 2)

  • Haram Hukumnya Mandi Terbuka Aurat di Pemandian Umum
    Hikmah
    Senin, 27 September 2021 - 17:34 WIB
    Ada sebagian daerah yang sudah menjadi kebiasaan dan menganggap hal biasa jika mandi terbuka aurat di tempat pemandian umum. Bagaimana hal ini dalam pandangan fiqih?
  • Inilah Perbedaan Mandi Besar Laki-laki dan Wanita
    Muslimah
    Kamis, 12 Mei 2022 - 19:39 WIB
    mandi besarnya wanita sama persis dengan mandi besarnya laki-laki. Hanya saja ada satu perbedaan yang menonjol yakni soal kuciran rambut wanita. Kenapa demikian dan apa alasannya?
  • Mandi Wajib Bagi Muslimah, Ini Syarat dan Tata Caranya
    Muslimah
    Minggu, 07 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Keharusan yang membuat muslimah melaksanakan mandi wajib atau mandi junub adalah karena adanya najis yang keluar dalam tubuhnya secara terus menerus hinga selesai waktunya.
  • Canda Ala Sufi: Kamar Mandi di Atas Menara
    Hikmah
    Kamis, 19 November 2020 - 06:16 WIB
    Setelah keluar dari kamar mandi, dia segera menuju masjid jami dan langsung naik ke atas menara. Kemudian dia melantunkan beberapa lagu pujian yang biasa dilantunkan pada saat azan zuhur.
  • Beginilah Cara Menutup Aurat Saat Buang Hajat
    Tips
    Rabu, 27 September 2023 - 11:17 WIB
    Salah satu adab buang hajat adalah diwajibkan menutup aurat. Mengapa demikian? Hal demikian disebabkan menutup aurat wajib hukumnya bagi siapa pun, kapan dan dimana pun dia berada.
  • Subuh Belum Mandi Wajib Setelah Jima,  Masih Sahkah Puasa?
    Tips
    Jum'at, 24 April 2020 - 15:05 WIB
    Puasa menjadi batal ketika bersetubuh atau jima walau dengan istri. Lalu, sahkah puasa wajib jika sampai waktu subuh tiba belum mandi junub setelah jima?
  • Mandi dan Keramas Menjelang Ramadhan, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Kamis, 25 Maret 2021 - 14:15 WIB
    Di Indonesia, biasanya ada suatu kebiasaan khusus yang dilakukan oleh masyarakat sebelum memasuki bulan Ramadhan yakni salah satunya adalah mandi besar atau istilahnya mandi keramas. Bagaimana hukumnya?
  • 5 Amalan yang Penuh Pahala yang Bisa Dilakukan Wanita yang Sedang Haid
    Muslimah
    Senin, 21 November 2022 - 09:16 WIB
    Banyak amalan bagi perempuan haid yang sayang bila dilewatkan begitu saja. Meski dilarang melaksanakan ibadah wajib seperti shalat dan puasa, namun banyak amalan lainnya yang bisa dikerjakan, dan mendapatkan pahala
  • Niat Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadan Lengkap dengan Arab, Latin dan Terjemahan Bahasa Indonesia
    Hikmah
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 05:14 WIB
    Niat mandi wajib sebelum puasa Ramadan ini terbagi menjadi dua jenis, yakni mandi wajib yang merupakan mandi junub dan ada mandi besar yang sunnah dilakukan sebelum melaksanakan puasa Ramadan.
  • Larangan-larangan Bagi yang Berhadas Besar
    Tips
    Selasa, 28 September 2021 - 13:49 WIB
    Ada larangan-larangan bagi orang-orang yang berhadas besar, seperti tengah haid, keluar sperma atau junub. Larangan ini berlaku selama ia belum bersuci dari hadasnya, baik hadas besar maupun kecil.
  • Mandi Besarnya Perempuan  dan Kunciran Rambut
    Muslimah
    Kamis, 25 Maret 2021 - 08:10 WIB
    Mandi besarnya perempuan sama persis dengan mandi besarnya laki-laki. Hanya saja ada perbedaan dari sisi tidak wajibnya seorang perempuan membuka kunciran rambutnya saat mandi besar.
  • Benarkah Wanita Bisa Mengalami Mimpi Basah? Bagaimana Hukumnya dalam Syariat?
    Muslimah
    Rabu, 22 Desember 2021 - 14:53 WIB
    Mimpi basah kerapkali dikaitkan hanya pada kaum laki-laki, padahal faktanya kaum wanita pun bisa mengalami mimpi basah tersebut. Lantas bagaimana syariat Islam menghukumi hal tersebut?
  • Doa Mandi Nifas Beserta Caranya Lengkap Arab, Latin dan Terjemahannya
    Muslimah
    Jum'at, 21 Juli 2023 - 11:31 WIB
    Doa mandi nifas beserta caranya penting diketahui oleh kaum muslimah yang telah melahirkan. Nifas sendiri merupakan hadas besar yang harus disucikan dengan cara mandi besar (wajib) sebelum kembali memulai beribadah.
  • Inilah Mandi Wajib yang Harus Dilakukan Muslimah
    Muslimah
    Senin, 22 Juni 2020 - 07:29 WIB
    Dalam Islam, muslimah yang sudah selesai siklus haidnya diwajibkan untuk mandi wajib atau mandi junub. Begitupun bagi wanita yang sudah menikah karena bersetubuh dan seorang ibu yang baru selesai melahirkan.
  • Mandi Limau, Ubah Aroma Air Jadi Wangi
    Hikmah
    Kamis, 18 Juni 2015 - 06:39 WIB
    Seluruh obyek wisata sungai yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, berubah aroma, dari air biasa menjadi harum Limau.
  • Tata Cara Mandi Haid yang Penting Diketahui Muslimah
    Muslimah
    Kamis, 07 September 2023 - 17:46 WIB
    Setelah selesai masa mestruasi atau haid kaum muslimah diwajibkan mandi wajib (mandi haid). Bagaimana tata cara mandi haid ini dan bagaimana dalilnya?
  • Tata Cara Mandi Wajib dan 3 Hal yang Harus Diperhatikan
    Tips
    Kamis, 29 Juli 2021 - 09:49 WIB
    Tata cara mandi wajib perlu diketahui setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh. Mandi wajib adalah perintah syariat untuk mensucikan diri dari hadas besar.
  • Gus Baha Jelaskan Cara Mandi Junub yang Benar: Jangan Sampoan Dulu!
    Tausyiah
    Selasa, 02 Agustus 2022 - 21:52 WIB
    Gus Baha menjelaskan tata cara mandi wajib yang jarang dibahas di majelis taklim. Banyak orang merasa sudah mandi junub, namun sebenarnya dia belum mandi.
  • Sudah Mandi Wajib, Perlukah Wudhu Lagi?
    Tips
    Minggu, 13 Agustus 2023 - 20:51 WIB
    Perlukah berwudhu lagi setelah melakukan mandi wajib (mandi junub)? Hal ini cukup sering ditanyakan sebagian muslim di berbagai kajian fiqih. Berikut penjelasannya.
  • Keramas Saat Haid Menurut Islam. Bolehkah? Ini Tipsnya
    Muslimah
    Kamis, 16 Desember 2021 - 20:35 WIB
    Keramas saat haid menurut Islam tidak dilarang, sebab tidak ada dalil yang jelas menyebutkan larangan tersebut selama wanita muslimah mengalami siklus bulanan itu.