Topik Terkait: Masa Iddah (halaman 2)

  • Mengapa Masa Muda Ditanyakan di Alam Kubur? Begini Penjelasannya Menurut Ulama
    Tausyiah
    Selasa, 26 Juli 2022 - 10:24 WIB
    Islam memberi perhatian serius kepada para pemuda. Masa muda adalah penentu nasib untuk sejarah kehidupan seorang manusia. Bahkan usia di saat muda menjadi salah satu yang akan dimintakan pertanggung jawaban di alam kubur.
  • Hijab Dikenal di Masa Nabi Ibrahim, Disahkan Syaratnya Saat Islam Datang
    Muslimah
    Rabu, 17 Juni 2020 - 20:23 WIB
    Sebagai bentuk penghormatan terhadap berbagai larangan Allah, penjaga terhadap keturunan, penyucian nasab, dan perlindungan masyarakat dari kehinaan dan kerusakaan, itulah yang mendasari persyariatan hijab bagi perempuan.
  • Prancis Berupaya Menghancurkan Orisinalitas Masyarakat Sejak Masa Penjajahan
    Dunia Islam
    Rabu, 04 Oktober 2023 - 05:15 WIB
    Larangan abaya di sekolah umum Prancis adalah bagian dari upaya negeri itu mengontrol pakaian yang dikenakan wanita Muslim. Upaya semacam ini ternyata bukan hal baru bagi negeri itu
  • Kisah Pemberontakan dan Perang Riddah di Masa Abu Bakar Ash-Shiddiq
    Hikmah
    Rabu, 20 September 2023 - 14:56 WIB
    Berita pemberontakan ini sampai ke Madinah tatkala umat Islam tengah membaiat Abu Bakar sebagai khalifah. Mereka sangat terkejut. Berselisih pendapat tentang apa yang harus diperbuat.
  • Bangsa Yahudi Semitik, Willian G. Carr: Kaum Gypsy pada Masa Jahiliah
    Dunia Islam
    Rabu, 08 November 2023 - 18:28 WIB
    Bangsa Yahudi yang ada sekarang ini bisa dibagi menjadi dua golongan, yaitu Yahudi Semitik dan Yahudi Ezkinaz. Lalu bagaimana sejatinya latar belakang bangsa Yahudi Semitik?
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Begini 4 Cara Mengetahui Selesainya Masa Haid yang Wajib Dipahami Muslimah
    Muslimah
    Selasa, 22 Februari 2022 - 11:11 WIB
    Mengetahui cara selesainya masa akhir haid wajib dipahami oleh setiap muslimah. Hal tersebut penting, agar ketika memulai kembali melaksanakan ibadah wajib, muslimah tidak kebingungan dan merasa ragu-ragu.
  • Masa Depan Maahad Al-Zaytun, Anwar Abbas: Jangan Dibubarkan!
    Dunia Islam
    Jum'at, 14 Juli 2023 - 15:26 WIB
    Buya Anwar Abbas mengingatkan yang harus dipersoalkan dan perlu diselesaikan secepatnya oleh pemerintah adalah persoalan melanggar hukum yang dilakukan oleh tokoh yang bernama Panji Gumilang
  • Polisi di Masa Khulafa Ar-Rasyidin Pernah Mengukir Kenangan Indah
    Hikmah
    Senin, 17 Oktober 2022 - 16:51 WIB
    Polisi dalam Islam disebut Syurthah, pernah mengukir kenangan indah pada masa Khulafa Ar-Rasyidin. Mereka menjadi pilar penting dalam penegakan syariat.
  • Sejarah Ilmu Nahwu Pertama Kali Ditulis di Masa Sayyidina Ali
    Hikmah
    Rabu, 22 April 2020 - 17:21 WIB
  • 5 Ketua MUI yang Berasal dari Kader NU, Salah Satunya Punya Masa Jabatan Terlama
    Dunia Islam
    Sabtu, 29 Juli 2023 - 14:46 WIB
    Sepanjang sejarah kepemimpinan MUI (Majelis Ulama Indonesia) terdapat lima Kader Nahdlatul Ulama yang menyumbangkan namanya . Salah satunya punya jabatan terlama yakni sekitar 13 tahun.
  • Sepupu Umar Bin Khattab Ini Guru Spiritual Abu Bakar Sebelum Masa Kenabian
    Hikmah
    Selasa, 18 Januari 2022 - 11:16 WIB
    Sebelum masa kenabian Muhammad SAW, Zaid adalah guru spiritual Abu Bakar Ash-Shiddiq. Zaid dan beberapa orang Mekkah, termasuk Abu Bakar adalah orang yang menolak menyembah berhala.
  • Kemenag Siapkan 3 Desain Layanan Haji, Perpendek Masa Tinggal Jemaah hingga Timsus Armuzna
    Dunia Islam
    Kamis, 20 Juli 2023 - 11:19 WIB
    Kementerian Agama (Kemenag) mendesain skenario penataan dan perbaikan penyelenggaraan haji tahun-tahun berikutnya.
  • Tenggelamnya Jihad Laut di Masa Daulah Abbasiyah
    Dunia Islam
    Selasa, 02 November 2021 - 16:18 WIB
    Angkatan laut Islam sempat tenggelam di era Daulah Abbasiyah. Munculnya armada laut Islam yang ada terlepas dari kontrol penguasa. Mereka ini dikenal sebagai sukarelawan pejuang-pejuang bahari.
  • Benarkah Ada Kemiripan Antara Sikap Golongan Kolonialis Muslim dan Eropa?
    Dunia Islam
    Senin, 16 Januari 2023 - 19:24 WIB
    Benarkah ada kemiripan antara sikap golongan kolonialis muslim -- tepatnya pemikiran Spanyol -- dan golongan kolonialis Eropa. Lalu, benarkan penjajahan Eropa mendorong kembangkitan Islam?
  • Kisah Kesatria Eropa Membela Al-Aqsha di Masa Shalahuddin Al-Ayyubi
    Dunia Islam
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 17:03 WIB
    Kisah Kesatria Eropa membela Al-Aqsha di masa Sultan Shalahuddin Al-Ayyubi (1137-1193) termasuk kisah yang jarang dibahas. Simak kisahnya berikut ini.
  • Ini Penyebab Romawi dan Persia Tidak Tertarik Kuasai Jazirah Arab di Era Pra-Islam
    Dunia Islam
    Selasa, 20 September 2022 - 05:15 WIB
    Jazirah Arab tidaklah menarik pada era pra-Islam. Romawi dan Persia yang selalu bertempur memperebutkan wilayah jajahan tak sedikitpun melirik negeri ini. Mengapa?
  • Kisah Pegulat Tangguh Umar bin Khattab di Masa Pra-Islam
    Hikmah
    Minggu, 27 November 2022 - 09:17 WIB
    Tradisi olahraga di Arab pada masa pra-Islam antara lain adalah gulat, berkuda, dan memanah. Di masa muda, Umar bin Khattab dikenal jago gulat dan balap kuda.
  • Pengaruh Besar Kemenangan Perang Riddah di Masa Abu Bakar Ash-Shiddiq
    Hikmah
    Senin, 25 September 2023 - 10:06 WIB
    Kalau tidak karena kemenangan Abu Bakar dalam Perang Riddah, penyerbuan ke Irak dan ke Syam tentu tidak akan dimulai. Pasukan Muslimin pun tak akan mendapatkan kemenangan atas kedua imperium besar itu.
  • Kisah Menakjubkan Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani pada Masa Kecilnya
    Hikmah
    Rabu, 16 November 2022 - 21:49 WIB
    Kebanyakan dari kita mungkin hanya mengenal nama dan cerita karomah beliau saja. Nyaris buta sejarah perjuangan ulama besar yang sarat dengan keteladanan ini.
  • Noordjannah:  Aisyiyah Meluaskan Manfaatnya Dalam Masa Pandemi
    Hikmah
    Rabu, 20 Mei 2020 - 15:05 WIB
    Ketua Umum Pimpinan Pusat Aisyiyah, Noordjannah Djohantini, menegaskan bahwa Aisyiyah berusaha semakin meluaskan manfaatnya, terutama dalam masa pandemi.