Topik Terkait: Membantu Orang Lemah (halaman 39)

  • Orang Pertama yang Membaca...
    Hikmah
    Kamis, 01 September 2022 - 14:20 WIB
    Ketika fase dakwah sirriyah, Al-Quran belum diperdengarkan di tengah kaum musyrik Mekkah. Namun seorang sahabat memberanikan diri membaca Al-Quran terang-terangan.
  • 5 Golongan Orang yang...
    Tausyiah
    Jum'at, 13 Agustus 2021 - 08:05 WIB
    Orang yang mati syahid disebut Syuhada. Ada lima golongan orang yang mati syahid sebagaimana disabdakan Nabi shallallahu alaihi wasallam. Siapa saja mereka?
  • Nashruddin Sering Mainkan...
    Hikmah
    Senin, 10 Agustus 2020 - 08:53 WIB
    Guruku mengajariku untuk menyebarkan wejangan bahwa manusia tidak akan pernah sempurna sampai seorang yang tidak dizalimi marah pada kezaliman itu, semarah orang yang benar-benar dizalimi.
  • Mengapa Aib Begitu Antusias...
    Muslimah
    Minggu, 04 September 2022 - 05:15 WIB
    Kenapa aib begitu antusias dibicarakan orang? Lihatlah di medsos saat ini, mengumbar aib, menjadi salah satu konten yang paling laku. Tiada hari tanpa ghibahin orang lain, membuka kejelekan dan keburukan orang lain dan lainnya.
  • Bukan Malaikat dan Sahabat...
    Hikmah
    Sabtu, 25 Juni 2022 - 14:05 WIB
    Menjadi mukmin sejati tentu dambaan setiap muslim karena Allah menjanjikan mereka surga dengan segala kenikmatannya. Siapakah orang yang imannya paling menakjubkan?
  • Dosa Orang Tua kepada...
    Muslimah
    Selasa, 15 Februari 2022 - 14:53 WIB
    Ternyata ada dosa orang tua kepada anak yang sering tidak disadari atau bahkan diabaikan para orang tua. Dosa-dosa tersebut, sebenarnya sangat dibenci Allah Subhanahu wa Taala.
  • Hadis Rasulullah SAW:...
    Tausyiah
    Senin, 16 September 2024 - 05:27 WIB
    Seorang ayah harus adil terhadap anak-anaknya. Seorang ayah harus menyamakan antara anak-anaknya dalam pemberian, sehingga dengan demikian mereka akan senantiasa berbuat baik kepada ayah
  • Surat Yusuf Ayat 110:...
    Tausyiah
    Rabu, 07 Juni 2023 - 22:47 WIB
    Ayat ini menjelaskan sunatullah yang berlaku pada umat-umat terdahulu. Allah mengutus para Rasul-Nya dengan bukti nyata dan diperkuat dengan mukjizat.
  • Kabar Gembira Bagi Orang...
    Tausyiah
    Minggu, 26 Maret 2023 - 08:05 WIB
    Ramadan menjadi momentum terbaik untuk bertaubat, menutup lembaran kelam dengan amal-amal saleh. Berikut kabar gembira bagi orang yang bertabat di bulan Ramadan.
  • Kisah Bijak Para Sufi:...
    Hikmah
    Senin, 03 Agustus 2020 - 06:19 WIB
    Inilah makna ungkapan tersamar orang harus mati sebelum ia mati. Hadiah itu datang setelah kematian, dan bukan sebelumnya. Dan bahkan, kematian ini pun tak mungkin ada tanpa pertolongan.
  • 6 Adab Syariyah dalam...
    Tips
    Senin, 09 Januari 2023 - 14:56 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi menyebut ada beberapa adab syariyah yang harus dilakukan secara langsung terhadap orang yang baru saja meninggal dunia dan sebelum dimandikan.
  • Hukuman Bagi Orang yang...
    Tausyiah
    Kamis, 30 Maret 2023 - 04:00 WIB
    Puasa Ramadan hukumnya wajib bagi setiap muslim dengan memenuhi syarat-syaratnya. Lalu, bagaimana hukuman bagi yang meninggalkan puasa Ramadan?
  • Mengapa Masih Banyak...
    Tausyiah
    Rabu, 04 Januari 2023 - 12:01 WIB
    Rasa malas berdoa seringkali menimpa kita, bahkan setelah selesai menjalankan ibadah sholat wajib pun enggan untuk berdoa kepada Allah.
  • Jangan Pelit Mendoakan...
    Hikmah
    Jum'at, 02 September 2022 - 23:10 WIB
    Mendoakan orang bersin yang mengucap hamdalah sekilas terkesan remeh, padahal di dalamnya ada keutamaan besar. Berikut kisah Imam Abu Dawud mendoakan orang bersin.
  • Khutbah Jumat: Berusahalah,...
    Hikmah
    Kamis, 16 September 2021 - 18:57 WIB
    Kesibukan para utusan Allah dan para ulama terdahulu dalam mencari ilmu dan berdakwah tidak melalaikan mereka mengais rezeki yang halal untuk menafkahi keluarganya.
  • 7 Ciri Orang yang Mendapat...
    Tips
    Selasa, 23 Agustus 2022 - 16:48 WIB
    Keberkahan ilmu yang diperoleh akan diketahui dari peningkatan amal shaleh pada diri seorang muslim. Jika sudah dapat ilmu tapi tidak berbekas pada diri kita, bisa jadi, itu adalah tanda kita tidak mendapat keberkahan ilmu.
  • Abdullah bin Jahsy,...
    Hikmah
    Jum'at, 15 April 2022 - 15:26 WIB
    Abdullah bin Jahsy menjadi orang pertama sebagai amirul mukminin. Sesuai dengan jabatan dan tugasnya mengelola pertahanan, keamanan dan ketertiban kaum muslimin, maka dia bergelar Amir.
  • Larangan Membuka Aib...
    Tausyiah
    Selasa, 27 September 2022 - 22:18 WIB
    Membuka aib sesama muslim dan mencari kesalahan orang lain merupakan perbuatan tercela yang amat dibenci Allah dan Rasul-Nya. Dalam Al-Quran, halini disebut Tajassus.
  • 5 Golongan yang Boleh...
    Tips
    Sabtu, 02 April 2022 - 05:15 WIB
    Puasa Ramadhan diwajibkan bagi setiap muslim yang sudah mukallaf (baligh), namun ada golongan yang diberi dispensasi oleh Allah Subhanahu wa Taala untuk tidak menunaikan ibadah puasa ini
  • Kisah Izrail Menyamar...
    Hikmah
    Kamis, 23 Desember 2021 - 11:13 WIB
    Bagi para pecinta harta akan membenci semuanya kala ajal akan menjemput. Harta memang bisa mengangkat derajat seseorang di dunia namun harta tak ada nilainya jika kita mati.