Topik Terkait: Dua Air Laut

  • Bolehkah Berwudhu dengan Air Laut?
    Tausyiah
    Minggu, 21 Februari 2021 - 11:25 WIB
    Air laut sangat berbahaya untuk diminum oleh manusia. Pertanyaannya, apakah air laut suci dan bolehkah berwudhu dengan air laut? Berikut penjelasannya.
  • Fenomena Dua Laut yang Tak Menyatu, Begini Penjelasan Al-Quran dan Sains
    Hikmah
    Minggu, 05 Juni 2022 - 07:15 WIB
    Biasanya ketika air dicampur dengan air maka keduanya menyatu dan bercampur. Namun, di beberapa tempat dua lautan justru tak menyatu. Berikut pandangan Al-Quran dan Sains.
  • Temuan Gunung Berapi Bawah Laut dan Isyarat Surah At-Tur Ayat 1-8
    Tausyiah
    Senin, 25 Oktober 2021 - 11:58 WIB
    Banyak pihak yang menghubungkan temuan gunung berapi raksasa di bawah laut Samudera Hindia dengan isyarat dalam Al-Quran surat At-Tur ayat 1-8. Bagaimana ulama menafsirkan ayat ini?
  • Sedekah Air? Inilah Keutamaannya
    Muslimah
    Senin, 19 April 2021 - 08:08 WIB
    Bersedekah boleh dengan apa saja, namun ada sedekah yang lebih utama yakni sedekah air. Kenapa demikian? Karena air bermanfaat dalam kehidupan keagamaan maupun keduniaan.
  • Adab Minum Air Putih Agar Berkah dan Berkhasiat
    Tips
    Jum'at, 31 Desember 2021 - 21:03 WIB
    Air adalah salah satu karunia besar Allah untuk kelangsungan hidup manusia. Agar air yang kita minum menjadi berkah ada baiknya kita mengamalkan adab berikut.
  • Apakah Air Banjir Masuk Kategori Najis?
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Februari 2021 - 15:59 WIB
    Bencana alama banjir saat ini melanda berbagai daerah di Indonesia. Bagaimana hukum air banjir menurut pandangan syariat, apakah masuk kategori najis atau boleh digunakan berwudhu?
  • Tadabur Ar-Rahman Ayat 16-19, Dua Lautan Asin dan Tawar Bertemu
    Tausyiah
    Minggu, 01 Agustus 2021 - 22:37 WIB
    Kandungan Surah Ar-Rahman bercerita tentang aneka nikmat Allah yang sering terlupakan untuk kita syukuri. Salah satunya fenomena pertemuan dua lautan asin dan tawar.
  • Genosida Israel di Gaza: Serangan Yaman di Laut Merah Membuat Eropa Krisis Minyak
    Dunia Islam
    Kamis, 25 Januari 2024 - 14:56 WIB
    Dukungan Eropa terhadap genosida Israel di Gaza, dan serangan Inggris-AS terhadap Yaman, telah memberikan dampak signifikan terhadap impor produk minyak olahan Eropa pada paruh pertama bulan Januari.
  • Kabar Kiamat dari Mata Air Zughar, Buah Kurma Baisan, dan Danau Tiberias
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Maret 2021 - 18:28 WIB
    Dalam hadis kisah Tamim Ad-Dari tersebut adalah keluarnya Dajjal ditandai dengan keringnya danau Tiberias, keringnya mata air Zughar, dan pohon kurma Baisan tidak lagi berbuah.
  • Mukjizat! Jemaah Haji asal Sulawesi Sembuh dari Stroke Usai Minum Air Zamzam
    Dunia Islam
    Kamis, 15 Juni 2023 - 11:15 WIB
    Rasa bahagia terpancar dari wajah Indo Hanna. Jemaah haji berusia 79 tahun itu senang lantaran bisa sembuh dari penyakit strokenya setelah minum air zamzam selama tiga hari berturut-turut.
  • Cinta Tanah Air dalam Perspektif Al-Quran dan Hadis
    Tausyiah
    Kamis, 18 Agustus 2022 - 17:35 WIB
    Cinta Tanah Air merupakan cerminan rasa bangga terhadap tanah kelahiran tempat kita tinggal dan menetap. Dalam Islam, perilaku cinta Tanah Air termasuk bagian dari keimanan.
  • Doa Istimewa Ketika Minum Air Zamzam
    Tausyiah
    Selasa, 04 Agustus 2020 - 17:46 WIB
    Ketika Abdullah Ibnul Mubarak, ulama ahli fikih dan ahli hadis (wafat 181 Hijriyah), hendak minum air Zamzam beliau teringat hadis yang diriwayatkannya sendiri.
  • Doa Ketika Minum Air Zamzam
    Tips
    Jum'at, 09 Juni 2023 - 15:59 WIB
    Doa ketika akan minum air zamzam ini hendaknya diamalkan, terutama oleh jemaah haji yang tengah menjalankan ibadah haji.Namun doa ini juga bisa diamalkan oleh setiap muslim yang akan minum air zamzam juga.
  • Sedekah Laut: Tradisi Syawalan dan Kupatan di Pesisir Jawa
    Dunia Islam
    Selasa, 16 April 2024 - 05:15 WIB
    Tradisi ini biasa dilakukan masyarakat pesisir Jawa misalnya di wilayah-wilayah pantai di Cilacap, Tegal, Pekalongan, Batang, Weleri, Kendal, Kaliwungu, Demak, Jepara, Kudus, Juwana, Pati dan sebagainya.
  • Masuk Islam Cukup dengan Membaca Syahadat: Berikut Ini yang Bisa Membatalkan Keislaman?
    Tausyiah
    Senin, 29 April 2024 - 10:45 WIB
    Baginya wajib dan berlaku hukum-hukum Islam, yaitu beriman akan keadilan dan kesucian Islam. Wajib baginya menyerah dan mengamalkan hukum Islam yang jelas, yang ditetapkan oleh Al-Quran dan As-Sunnah.
  • Cara Membuat Air Ruqyah untuk Diminum Berikut Doanya
    Tips
    Sabtu, 06 November 2021 - 07:10 WIB
    Cara membuat air Ruqyah untuk diminum perlu diketahui kaum muslim. Tak perlu ke dukun, pengobatan dengan air ruqyah diyakini dapat mengobati penyakit maupun sihir.
  • Perempuan yang Memiliki Dua Wajah dan Dua Lisan
    Muslimah
    Rabu, 12 Agustus 2020 - 09:40 WIB
    Sebagian dari kaum perempuan, ada yang mempunyai sifat seperti bunglon. Setiap hari selalu berubah warna. Dia datang kepada orang-orang dengan warna tertentu, kemudian pergi kepada orang lain dengan warna lainnya
  • 5 Hal yang Bisa Membatalkan Syahadat Seorang Muslim, Salah Satunya Murtad
    Hikmah
    Sabtu, 09 September 2023 - 10:03 WIB
    Syahadat adalah rukun Islam yang pertama. Tak hanya itu, syahadat juga menjadi syarat mutlak seseorang ketika memutuskan untuk masuk agama Islam. Namun, ada hal-hal yang bisa menjadi pembatal syahadat tersebut. Apa saja?
  • Apakah Islam Memberi Bukti pada Prinsip Syahadat? Begini Jawaban Imam Chirri
    Hikmah
    Sabtu, 16 Desember 2023 - 07:43 WIB
    Hal itu menyuruh kita untuk melihat susunan (aturan) yang ada di alam semesta, dan kenyataannya bahwa susunan yang demikian tidak dapat apabila penciptanya lebih dari satu.
  • Hukum Mengisap Puting dan Meminum Air Susu Istri Sendiri
    Tausyiah
    Rabu, 08 September 2021 - 18:39 WIB
    Hukum mengisap puting dan meminum air susu istri sendiri pada dasarnya dibolehkan. Bahkan hal ini dianjurkan, jika dalam rangka memenuhi kebutuhan biologis sang istri.