Topik Terkait: Ulama Ulama Sufi

  • Ulama Indonesia yang Paling Banyak Menulis Kitab
    Dunia Islam
    Rabu, 23 Maret 2022 - 07:45 WIB
    Ulama Indonesia yang paling banyak menulis kitab adalah orang-orang berpengaruh pada zamannya. Karya mereka sangat terkenal dan hingga kini masih dipelajari.
  • PCNU Jakpus: Pentingnya Memperkuat Hubungan Ulama dan Umara
    Hikmah
    Minggu, 15 November 2020 - 19:14 WIB
    Betapa pentingnya hubungan baik ulama dan umara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Keduanya mempunyai peran yang menentukan kebaikan sebuah bangsa.
  • Tidak Bersedih dengan Kematian Ulama Berarti Munafik?
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 14:54 WIB
    Siapa yang tidak bersedih dengan kematian seorang ulama maka ia termasuk munafik. Ada teman bertanya tentang hadis ini, apakah benar ini hadis. Jika memang benar hadis bagaimana keshahihannya?
  • Biografi Syaikh Yasin Al-Fadani, Ulama Asal Padang yang Dijuluki Musnid Dunia
    Dunia Islam
    Selasa, 29 November 2022 - 14:06 WIB
    Syaikh Yasin Al-Fadani bernama lengkap Muhammad Yasin bin Muhammad Isa Al-Fadani (1915-1990). Beliau ulama besar asal Padang, ahli sanad Hadis yang dijuluki Musnid Dunia.
  • Innalillah, Ulama Kharismatik Tuan Guru Zuhdi Meninggal Dunia
    Hikmah
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 19:33 WIB
    Indonesia kembali berduka dengan berpulangnya seorang ulama kharismatik Banjarmasin Kalimantan Selatan, Tuan Guru KH Ahmad Zuhdiannor Sabtu, 2 Mei 2020 pukul 06.43 WIB.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • MUI Ungkap Tiga Tanggung Jawab Utama sebagai Ulama
    Dunia Islam
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 11:59 WIB
    Ketua Umum MUI KH Miftachul Akhyar menyampaikan tiga tanggung jawab yang layaknya dimiliki seorang ulama saat hadir dalam Konferensi Fatwa Internasional ke-6.
  • Semangat Ulama Salaf Saat Menimba Ilmu, Gurunya Mencapai Ribuan
    Hikmah
    Senin, 29 November 2021 - 21:52 WIB
    Semangat Ulama Salaf terdahulu patut diapresiasi karena semangat mereka menimba ilmu. Mereka benar-benar luar biasa karena punya banyak guru yang jumlahnya mencapai ribuan.
  • Kisah Penggali Kubur Jadi Ulama, Awalnya Diperlihatkan Taman Surga yang Indah
    Hikmah
    Kamis, 20 Agustus 2020 - 16:47 WIB
    Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Sultan Fatah Semarang Ustaz Saeful Huda menceritakan sebuah kisah seorang penggali kubur yang sangat menakjubkan.
  • 7 Tokoh Ulama dan Cendekiawan yang Lahir dari Bumi Uzbekistan
    Dunia Islam
    Senin, 05 Desember 2022 - 06:30 WIB
    Ulama dan cendekiawan Muslim yang lahir dari bumi Uzbekistan terbilang banyak. Di antaranya ada beberapa ulama yang sangat masyhur dan berjasa bagi umat Islam.
  • 4 Ulama Besar Yaman Keturunan Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 21:20 WIB
    Ulama Yaman keturunan Nabi Muhammad SAW sebenarnya sangat banyak. Bukan tanpa alasan, Yaman (Hadhramaut) sejak dulu sudah dikenal sebagai kampung para Wali dan Dzurriyah Nabi.
  • Kisah Ulama Palestina Mengeluarkan Fatwa, Haram Hukumnya Menjual Tanah kepada Yahudi
    Dunia Islam
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 10:58 WIB
    Konferensi Ulama Palestina I pada 25 Januari 1935 telah mengeluarkan fatwa secara ijma: haram hukumnya menjual, sejengkal sekalipun, dari tanah Palestina kepada Yahudi.
  • Karomah Abul Hasan Asy-Syadzili, Sang Sufi Dunia Timur dan Barat (2)
    Hikmah
    Selasa, 18 Agustus 2020 - 22:03 WIB
    Berikut lanjutan kisah ulama besar sufi yang masyhur di dunia Timur dan Barat sebagaimana disampaikan Dai asal Mesir Syeikh Ahmad Al-Misri saat kajian di Masjid Permata Qalbu, Pos Pengumben, Jakarta Barat.
  • Satu Persatu Ulama Kita Dipanggil, Berikut Daftar Ulama Wafat Januari 2021
    Hikmah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 19:19 WIB
    Belum hilang kesedihan atas wafatnya Dai ilallah Syekh Ali Jaber, sore ini kita kembali dikejutkan kabar duka wafatnya ulama Pengasuh Majelis Talim Al-Afaf Tebet Jakarta, Sayyidil Walid Al-Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf.
  • Beginilah Perlakuan Ulama Terdahulu kepada Dzurriyah Nabi
    Tausyiah
    Kamis, 19 November 2020 - 11:11 WIB
    Zaman dahulu ada seorang ulama besar menegur seorang pemuda yang masih tergolong keturunan dzuriat ahli bait yang kebetulan ketika itu dia masih melanggar hukum syariat.
  • Kisah Ulama Mengislamkan 200 Orang dan Membuat 200 Ribu Orang Bertobat
    Hikmah
    Rabu, 07 Desember 2022 - 16:22 WIB
    Sosok ulama yang satu ini benar-benar luar biasa dan dapat dijadikan teladan bagi para Dai dan Asatidz. Berkat tausiyahnya, sebanyak 200 orang memeluk Islam pada masanya.
  • Ulama yang Menjaga Jarak dengan Penguasa, Dikasih Rp2,1 M Tetap Menolak
    Hikmah
    Selasa, 25 Oktober 2022 - 23:38 WIB
    Sosok ulama yang menjaga jarak dengan penguasa pada masanya menarik untuk diketahui. Beliau selalu menolak pemberian penguasa yang kala itu dipimpin Khalifah Abdul Malik.
  • Biografi Singkat Syaikh Nawawi Al-Bantani, Ulama Banten yang Mendunia
    Dunia Islam
    Rabu, 08 Februari 2023 - 15:22 WIB
    Syaikh Nawawi Al-Bantani (1813-1897) sosok ulama asal Banten yang mendunia karena keluasan ilmunya. Beliau pernah menjadi guru besar Haromain (Mekkah-Madinah).
  • Keistimewaan Imam Al-Bukhari, 400-an Ulama Hadis Pernah Menguji Beliau
    Hikmah
    Selasa, 15 September 2020 - 05:05 WIB
    Siapa sebenarnya Imam Al-Bukhari yang namanya begitu mahsyur di kalangan penuntut ilmu. Beliau adalah sosok ulama yang sangat dihormati karena kecerdasannya mengumpulkan hadis-hadis shahih.
  • Ulama Fikih Mengharamkan Lagu dan Musik karena Dipengaruhi Kaum Sufi
    Tausyiah
    Minggu, 20 Agustus 2023 - 15:18 WIB
    Khusus lagu-lagu sufi, Al-Qardhawi mengatakan, lagu-lagi yang sering dinamakan dengan lagu agama ini mereka jadikan sebagai sarana untuk membangkitkan kerinduan dan menggerakkan hati untuk menuju Allah.
  • Cara Mendapatkan Kenikmatan Ibadah Menurut Ulama
    Muslimah
    Rabu, 18 Agustus 2021 - 12:21 WIB
    Ternyata sangat mudah bagi orang Islam untuk mendapatkan kenikmatan ibadah. Tentu saja, ada caranya untuk merasakan nikmatnya beribadah tersebut. Apa dan bagaimana caranya?