Topik Terkait: Membaca Mushab

  • Hukum Membaca Al-Fatihah Sebelum Membaca Al-Quran
    Tips
    Selasa, 06 September 2022 - 11:46 WIB
    Hukum membaca Al-Fatihah sebelum membaca Al-Quran adalah sesuatu amalan yang tidak dicontohkan Rasulullah SAW maupun para sahabat nabi ra. Hal itu sebagai sesuatu yang diada-adakan.
  • Cara Rasulullah Membaca Al-Quran Memukau Sahabat
    Tausyiah
    Rabu, 03 Februari 2021 - 08:20 WIB
    Salah satu amalan yang kelak memberi syafaat (pertolongan) pada hari Kiamat adalah membaca Al-Quran dan mengamalkannya. Bagaimanakah cara Rasulullah membaca Al-Quran?
  • Membaca Al-Quran Tanpa Mengetahui Artinya, Masihkah Dapat Pahala?
    Tips
    Rabu, 06 Juli 2022 - 16:46 WIB
    Al-Quran diturunkan sebagai petunjuk bagi seluruh manusia. Namun bagaimana ketika kita membaca Al-Quran tanpa tahu artinya? Masihkah mendapat pahala?
  • Bolehkah Membaca Al-Quran Tanpa  Mengetahui Artinya?
    Muslimah
    Jum'at, 11 Juni 2021 - 13:28 WIB
    Banyak keutamaan dari membaca Al-Quran. Namun bagaimana ketika kita membaca Al-Quran tanpa tahu artinya?Bolehkah kita melakukannya? Dan bagaimana hukumnya menurut syariat?
  • 2 Kesalahan Membaca Surah Al-Fatihah
    Tausyiah
    Minggu, 04 Juli 2021 - 14:05 WIB
    Bagaimana jika seseorang salah dalam membaca Al-Fatihah. Misalnya imam membaca ayat yang seharusnya pendek dibaca panjang dan sebaliknya. Apakah sholatnya tetap sah?
  • Hukum Membaca Al-Quran di HP
    Tips
    Rabu, 06 Oktober 2021 - 21:17 WIB
    Di era teknologi saat ini, banyak di antara umat Islam memanfaatkan HP untuk beraktivitas termasuk urusan ibadah. Bagaimana hukum membaca Al-Quran di HP?
  • 4 Tingkatan Membaca Al-Quran, Kamu yang Mana?
    Tausiyah
    Kamis, 13 Februari 2020 - 21:37 WIB
    Sebelum mendalami Al-Quran, umat Islam perlu mengetahui tingkatan dalam membaca Al-Quran. Berikut 4 tingkatan membaca Al-Quran.
  • Bolehkah Membaca Al Quran Tanpa Tajwid ? Begini Penjelasannya
    Tips
    Senin, 29 Mei 2023 - 18:58 WIB
    Menurut Syekh Ibnul Jazari, hukum mempelajari ilmu tajwid sebagai disiplin ilmu adalah fardu kifayah. Namun berbeda hukumnya dengan membaca Al Quran menggunakan tajwid maka hukumnya fardhu ain.
  • 5 Doa Sebelum Membaca Al-Quran, Nomor 4 Latunkan Doa untuk Orang Tua
    Tips
    Selasa, 27 Desember 2022 - 11:05 WIB
    Membaca Al-Quran memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah Allah subhanahu wataala mengganjar seseorang yang membaca Al-Quran setiap huruf yang ia baca dengan pahala yang besar.
  • Dahsyatnya Pahala Membaca Surat Yasin di Bulan Ramadan
    Tips
    Sabtu, 25 Maret 2023 - 08:05 WIB
    Pahala membaca Surat Yasin di bulan Ramadan memiliki keistimewaan dibanding bulan lainnya. Tak hanya mendatangkan Syafaat pada Hari Kiamat, tetapi juga mendapatkan pahala berlipat
  • Inilah 14 Waktu yang tepat untuk Membaca Shalawat Nabi
    Tips
    Sabtu, 20 Agustus 2022 - 08:41 WIB
    Membaca Shalawat merupakan salah satu cara kaum muslim untuk mengekspresikan kecintaan terhadap Baginda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam
  • Inilah Waktu-waktu yang Dianjurkan Membaca Shalawat
    Muslimah
    Rabu, 16 Desember 2020 - 08:48 WIB
    Bershalawat merupakan salah satu cara kaum muslim untuk mengekspresikan kecintaan terhadap Baginda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Dan inilah waktu-waktu yang tepat dianjurkannya membaca shalawat.
  • Cara Mudah Membaca Surat Al-Fatihah Supaya Tidak Keliru
    Tips
    Sabtu, 05 Agustus 2023 - 22:01 WIB
    Cara membaca Surat Al-Fatihah wajib dipelajari kaum muslim supaya tidak keliru ketika melafazkannya. Seperti diketahui, Surat Al-Fatihah merupakan syarat sahnya sholat.
  • Alasan Mengapa Al-Quran Dibaca dengan Suara Merdu dan Indah
    Hikmah
    Rabu, 01 Desember 2021 - 17:36 WIB
    Membaca Al-Quran dengan irama dan lantunan indah merupakan perkara yang sangat dianjurkan. Berikut alasannya sebagaimana disebutkan dalam banyak riwayat Hadis.
  • Kapan Waktu Terbaik Membaca Surat Al Kahfi?
    Tausyiah
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 19:25 WIB
    Kapan waktu terbaik membaca surat Al-Kahfi? Amalkan pada malam Jumat atau hari Jumat? Pertanyaan tersebut muncul mengingat banyak keutamaan membaca surat tersebut sebagai amalan Jumat.
  • Membaca Al-Fatihah untuk Orang Meninggal dan Cara Mengirimnya
    Tausyiah
    Kamis, 03 Agustus 2023 - 18:37 WIB
    Membaca Surat Al-Fatihah yang dihadiahkan untuk orang meninggal dunia hukumnya boleh. Meski diperselisihkan para ulama, namun pendapat mayoritas Salaf adalah boleh dan sampai.
  • Keutamaan Membaca Sayyidul Istighfar
    Tausiyah
    Selasa, 07 Januari 2020 - 17:43 WIB
    Amalan berzikir dan istighfar adalah ibadah yang sangat dianjurkan dalam syariat Islam. Berikut keutamaan membaca sayyidul istighfar.
  • Hukum Membaca Surat Yasin di Malam Jumat
    Tips
    Jum'at, 30 Juli 2021 - 14:44 WIB
    Hukum membaca Surat Yasin di malam Jumat oleh sebagain kalangan dianggap bathil. Padahal Hadisnya memiliki jalur yang banyak sesuai syarat Ash-Shahih. Berikut penjelasannya.
  • 5 Manfaat Membaca Surat Al Mulk sebelum Tidur, Yuk Amalkan!
    Tips
    Rabu, 17 April 2024 - 19:53 WIB
    Setidaknya ada 5 manfaat membaca surat Al Mulk sebelum tidur yang menarik untuk diketahui. Umat Islam bisa mencoba mengamalkannya untuk meraih berbagai keutamaannya.
  • Nasihat untuk Pembaca Al-Quran
    Tausyiah
    Senin, 17 Oktober 2022 - 14:21 WIB
    Ada satu hal yang sering disalahpahami sebagian umat ini. Ketika membaca ayat-ayat Al-Quran, timbul di benak mereka: Kan sudah berkali-kali, untuk apa dibaca berulang-ulang.