Kumpulan Artikel: Umat Islam

  • Kisah Abdullah Keekeebhai, Kepala Sekolah Islam yang Terkena Tuduhan Palsu Terorisme
    Dunia Islam
    Kamis, 04 April 2024 - 11:40 WIB
    Keekeebhai terpaksa mengundurkan diri dan diberi larangan sementara mengajar sementara dia diselidiki karena pelanggaran oleh regulator pengajaran Inggris.
  • Tradisi Duyog Ramadan di Filipina: Buka Puasa Bersama Non-Muslim
    Dunia Islam
    Selasa, 02 April 2024 - 13:50 WIB
    Ramadan di Filipina bermakna waktu berkumpul bagi warga yang berbeda agama. Sekitar 80 persen dari 110 juta penduduk Filipina adalah penganut Katolik Roma, sedangkan Muslim berjumlah sekitar 10 persen.
  • Ramadan di Negeri Minoritas Muslim: Tak Selalu Tentang Agama
    Dunia Islam
    Kamis, 28 Maret 2024 - 11:43 WIB
    Perayaan Ramadan tersebar luas di Timur Tengah, seringkali melibatkan non-Muslim dalam perayaannya di wilayah tersebut. Di negara-negara mayoritas Kristen, partisipasi kurang umum, namun tren ini mulai bergeser.
  • Mengapa Puasa Diwajibkan bagi Umat Islam dan Umat Terdahulu? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Kamis, 28 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Puasa telah dilakukan oleh umat-umat terdahulu. Kama kutiba alal ladzina min qablikum (Sebagaimana diwajibkan atas (umat-umat) yang sebelum kamu).
  • Tragis..! Kegagalan Strategi Nasional Biden mengenai Islamofobia
    Dunia Islam
    Rabu, 31 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Apakah hal ini cukup untuk mendorong blok pemungutan suara keluar dari sistem pemilu dua partai, dan memilih opsi pihak ketiga, dan pengorganisasian gerakan massa, masih harus dilihat.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Al-Quran Berisi Ramalan yang Pasti tentang Masa Depan Islam dan Pengikutnya
    Tausyiah
    Kamis, 04 Januari 2024 - 18:46 WIB
    Salah satu dari ramalan-ramalan mengenai masa depan dari orang-orang Islam. Menjamin orang-orang Islam dari suatu masa depan kebebasan beragama dan menjanjikan mereka dengan suatu pernyataan:
  • Tadabbur Surat Al-Fath Ayat 1: Kemenangan yang Dijanjikan Allah
    Hikmah
    Senin, 04 Desember 2023 - 20:52 WIB
    Surat Al-Fath ayat 1 termasuk ayat yang dicintai Nabi Muhammad SAW. Beliau sangat gembira dengan turunnya ayat yang mengabarkan kemenangan bagi Nabi dan umat Islam tersebut.
  • Kisah Perang Khandaq, Pertempuran Terdahsyat yang Memakai Strategi Penggalian Parit
    Dunia Islam
    Selasa, 21 November 2023 - 13:41 WIB
    Perang Khandaq merupakan salah satu peristiwa peperangan yang tergolong sangat besar yang terjadi pada zaman Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.
  • 3 Pelajaran Penting dari Kemenangan Palestina di Era Shalahuddin Al-Ayyubi yang Penting Diketahui Umat Islam
    Hikmah
    Jum'at, 17 November 2023 - 11:08 WIB
    Kaum muslimin harus mengambil pelajaran dari setiap peperangan yang terjadi, agar kemenangan selalu berada di pihak umat Islam. Termasuk dalam melihat penjajahan yang dilakukan Yahudi Israil terhadap penduduk Palestina.
  • Kisah Hasan al-Banna: Tokoh Ikhwanul Muslimin Pembela Palestina
    Dunia Islam
    Minggu, 12 November 2023 - 10:25 WIB
    Hasan al-Banna adalah tokoh Ikhawanul Muslimun yang terlibat dalam perjuangan rakyat Palestina pada tahun 1948. Akibatnya, pihak Barat, melalui pemerintah Mesir, membubarkan organisasinya itu.
  • Benarkah Umur Umat Islam Tak Sampai 1500 H? Ini Penjelasan Ustaz Farid Numan
    Dunia Islam
    Senin, 30 Oktober 2023 - 15:22 WIB
    Benarkah umur umat Islam tidak sampai 1500 Hijriyah? Menurut kalender Islam, 1500 Hijiryah itu berarti tidak kurang dari 55 tahun lagi karena Tahun 2023 bertepatan 1445 Hijriyah.
  • Masjid Al Aqsha Bukan Sekadar Kiblat Pertama Umat Islam
    Hikmah
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 11:01 WIB
    Masjid al Aqsha merupakan kiblat pertama kaum muslimin dalam salat mereka. Selain itu, al Aqsha dianggap sebagai masjid ketiga baik status maupun kedudukanya setelah Masjidilharam dan Masjid Nabawi.
  • Isi Perjanjian Kaum Yahudi dengan Muslim Madinah, Salah Satunya Pengakuan atas Agama
    Hikmah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 14:26 WIB
    Nabi Muhammad SAW membuat perjanjian tertulis antara kaum Muhajirin dan Anshar dengan orang-orang Yahudi. Isi perjanjian itu adalah pengakuan atas agama mereka dan harta-benda mereka, dengan syarat-syarat timbal balik.
  • Piagam Madinah: Shahifah, Nama Lain Perjanjian Kaum Yahudi dan Rasulullah SAW
    Hikmah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 10:32 WIB
    Apakah Piagam Madinah dikenal dalam sumber-sumber historis dengan nama shahifah yang secara harfiah berarti lembaran, kitab atau yang secara harfiah berarti tulisan, atau nama lainnya?
  • Kisah Kaum Yahudi Membuat Perjanjian Damai dengan Rasulullah SAW
    Hikmah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 10:10 WIB
    Kaum Yahudi mengajak Rasulullah berdamai dengan membuat perjanjian setelah terbunuhnya Kaab bin al-Asyraf. Ini terjadi pasca perang Badar yang dimenangkan kaum muslimin.
  • Mengapa Perjanjian Yahudi dengan Kaum Muslimin Dinamakan Piagam Madinah?
    Hikmah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 09:46 WIB
    Perjanjian antara Nabi Muhammad dan kaum Yahudi Madinah yang paling monumenal adalah Piagam Madinah. Lalu, mengapa disebut Piagam Madinah dan bukan Piagam Yatsrib?
  • Islamofobia di Negara Muslim Menjadi Pendorong Kebencian Islam di Seluruh Dunia
    Dunia Islam
    Rabu, 04 Oktober 2023 - 17:08 WIB
    Islamofobia bukan hanya monopoli negara-negara non-muslim. Ancaman yang tak kalah serius adalah Islamofobia di dunia Muslim. Islamofobia di negara Islam justru memicu kebencian di seluruh dunia.
  • Sikap Seorang Muslim Menghadapi Fitnah di Akhir Zaman
    Tausyiah
    Senin, 02 Oktober 2023 - 15:48 WIB
    Saat ini kita hidup di zaman dimana ujian (fitnah) banyak bertebaran di tengah masyarakat. Bagaimana sikap seorang muslim ketika menghadapi fitnah di akhir zaman?
  • Inilah Amalan Terbaik setelah Amalan Wajib yang Penting Diketahui
    Tausyiah
    Senin, 25 September 2023 - 10:38 WIB
    Ada amalan terbaik setelah amalan-amalan wajib yang penting diketahui umat Islam. Namun, amalan tersebut tidak sama dari satu orang ke orang lainnya. Kenapa demikian? Bagaimana dalilnya?
  • Bingung Ikut Jemaah yang Mana? Ini Jawaban Ustaz Ahmad Sarwat
    Tausyiah
    Jum'at, 11 Agustus 2023 - 19:39 WIB
    Seorang jemaah bertanya kepada Ustaz Ahmad Sarwat tentang jemaah atau golongan mana yang harus diikuti agar selamat dunia akhirat. Simak ulasan berikut.