Topik Terkait: Grand Syekh Al Azhar (halaman 58)

  • Kimia Kebahagiaan Al-Ghazali:...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Juni 2020 - 15:40 WIB
    Menurut Al-Ghazali, ada dua tingkatan zikrullah. Tingkatan pertama, adalah tingkatan para wali yang pikiran-pikirannya seluruhnya terserap dalam perenungan dan keagungan Allah.
  • Rezeki Mengalir Deras...
    Muslimah
    Senin, 28 September 2020 - 15:14 WIB
    Surat Al-Waqiah adalah salah satu surat yang dikenal sebagai surat penuh berkah. Keberkahannya mampu melenyapkan kemiskinan dan mendatangkan rezeki bagi siapa saja yang rutin membacanya setiap hari.
  • Sejarah Berdirinya Emirat...
    Hikmah
    Rabu, 21 Agustus 2024 - 16:15 WIB
    Seandainya pasukan Umayyah dapat menguasai Prancis, mungkin seluruh Eropa akan berada dalam genggaman Islam. Penyebab kekalahan Islam adalah faktor geografis dan iklim Prancis.
  • Syaikh al-Qardhawi tentang...
    Tausyiah
    Selasa, 27 Agustus 2024 - 14:52 WIB
    Akan tetapi dia hanya bermaksud akan melawan kesewenang-wenangan orang Yahudi terhadap hal-hal yang oleh Allah telah diberikan rukhshah, sebagaimana apa yang mereka perbuat dalam masalah talak ini
  • Kata Wasath dalam Surat...
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Januari 2024 - 10:37 WIB
    Orang yang hanya berzikir, banyak pertimbangan adalah pengecut. Sedangkan mereka yang langsung bereaksi tanpa pertimbangan adalah gegabah. Dua-duanya tercela. Islam mengajarkan pertengahan, ujar Kyai Cepu.
  • Musik Haram Berdasar...
    Tausyiah
    Rabu, 02 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Sesungguhnya Ibnu Umar pernah mendengar suara seruling penggembala, maka beliau meletakkan kedua jari telunjuknya di dalam telinganya dan mengalihkan kendaraannya dari jalan.
  • 11 Prinsip Mempersempit...
    Tausyiah
    Jum'at, 29 September 2023 - 15:53 WIB
    Islam telah meletakkan sejumlah kaidah yang seandainya manusia mau mengikuti dengan baik dan melaksanakannya, maka sedikit sekali kita menemukan perceraian dan niscaya semakin minim perceraian itu.
  • 9 Doa Nabi Muhammad...
    Tausyiah
    Kamis, 26 Mei 2022 - 22:56 WIB
    Doa Nabi Muhammad yang tercantum dalam Al-Quran merupakan sebaik-baik doa. Redaksi doa yang dipanjatkan oleh Rasulullah penuh makna, ringkas dan komprehensif.
  • Hukum Membawa HP Berisi...
    Tips
    Senin, 14 Maret 2022 - 23:23 WIB
    Di antara kaum muslim mungkin ada yang bertanya tentang hukum membawa HP berisi aplikasi Al-Quran ke toilet atau kamar mandi. Bolehkah?
  • Kisah Khalifah Al-Manshur...
    Dunia Islam
    Sabtu, 03 Desember 2022 - 10:03 WIB
    Tatkala Abu Jafar Abdullah bin Muhammad Al Mansur baru saja diangkat menjadi khalifah kedua Bani Abbasiyah, ia mengundang 3 ulama paling masyhur kala itu. Mereka adalah Malik ibn Anas, Ibn Saman dan Ibn Abi Dzuaib.
  • Kisah si Kafir Abu Jahal...
    Hikmah
    Selasa, 15 Februari 2022 - 05:15 WIB
    Abu Jahal diam-diam mengagumi Al-Quran. Seringkali, secara diam-diam pula ia mencuri dengar Rasulullah SAW membaca Kitab Suci tersebut. Nabi pernah berdoa agar musuhnya ini masuk Islam.
  • Kisah Sultan Utsmaniyah...
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 16:45 WIB
    Setelah Sultan Selim mendirikan otoritas atas Suriah, Mesir, termasuk Makkah dan Madinah, dia memutuskan tidak boleh ada lagi gereja atau tempat ibadah baru yang dibangun di wilayah tersebut.
  • Dalil-Dalil Mereka yang...
    Tausyiah
    Jum'at, 28 Juli 2023 - 05:45 WIB
    Mereka yang mengharamkan lagu dan musik mendasarkan pada firman Allah SWT dalam memuji orang-orang yang beriman sebagaimana dalam surat Al-Qashash ayat 55..
  • Ancaman Keras Bagi yang...
    Tausiyah
    Senin, 03 Juni 2019 - 03:30 WIB
    Zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan setiap muslim. Dalam Alquran Al-Karim, Allah selalu menggabungkan antara salat dan zakat.
  • Nasehat Abu al-Aliyah...
    Hikmah
    Sabtu, 10 Juli 2021 - 14:20 WIB
    Pelajarilah Al-Quran lima ayat-lima ayat, karena hal itu lebih mudah untuk kalian ingat dan lebih mungkin untuk kalian pahami. Karena Jibril menurunkan Al-Quran kepada Nabi lima ayat-lima ayat.
  • Mushaf Al-Quran: Benda...
    Tausyiah
    Rabu, 20 Oktober 2021 - 23:07 WIB
    Kalau ada benda yang paling bidah di dunia ini, maka jawabannya adalah mushaf Al-Quran 30 juz. Lho, kok bisa? Sebab, di zaman Nabi Muhammad, benda itu tidak ada.
  • Khasiat Surat Al-Haqqah,...
    Hikmah
    Minggu, 20 Agustus 2023 - 10:14 WIB
    Dapat menjaga janin dari segala penyakit, dan jika si janin diberi minum darinya saat kelahirannya maka itu dapat menyucikannya dan menjaganya dari gangguan setan dan binatang.
  • Tadabbur Surat An-Nur...
    Tausyiah
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 17:36 WIB
    Pada ayat ini Allah menjelaskan penyelesaian kemelut rumah tangga dengan membolehkan mulaanah (sumpah saling melaknat antara suami istri).
  • Puasa Lahir Batin Menurut...
    Tausyiah
    Selasa, 12 April 2022 - 14:52 WIB
    Puasa itu ada dua: puasa lahir dan puasa batin. Abul Qashim al-Qusyairi an-Naisaburi menjelaskan puasa lahir sebatas menahan dari segala sesuatu yang membatalkan disertai dengan niat.
  • Kisah Khalifah Al-Mahdi...
    Dunia Islam
    Jum'at, 20 Mei 2022 - 19:00 WIB
    Al-Mahdi memerintahkan agar Kakbah dipasangi sehelai penutup (Kiswah) saja yang melingkupi seluruh bangunan Kakbah. Dia juga memerintahkan agar seluruh wilayah Masjidil Haram ditaburi parfum.