Topik Terkait: Grand Syekh Al Azhar (halaman 365)

  • Biografi Imam Bukhari,...
    Hikmah
    Senin, 14 September 2020 - 22:04 WIB
    Jika kita ditanya, hadis mana yang paling shahih? Semua orang akan menjawab hadits shahih Al-Bukhari. Siapa sebenarnya Imam Al-Bukhari? Berikut biografinya sebagaimana dipaparkan Ustaz Hanif Luthfi.
  • Sifat Malu Adalah Kunci...
    Muslimah
    Rabu, 16 September 2020 - 05:52 WIB
    Di antara akhlak mulia yang wajib dimiliki oleh seorang mukmin yaitu sifat malu, baik itu malu kepada Allah maupun kepada sesama manusia. Karena malu itu adalah kunci dari semua kebaikan.
  • Para Malaikat Pengawas...
    Hikmah
    Rabu, 16 September 2020 - 17:17 WIB
    Ada dua waktu yang memiliki keutamaan besar di sisi Allah Azza wa Jalla. Kedua waktu ini menjadi moment bagi para Malaikat untuk bertemu saat menjalankan tugasnya.
  • Sabar dalam Kondisi...
    Muslimah
    Rabu, 16 September 2020 - 14:40 WIB
    Syaikul Islam Ibnu Taiminyah menjelaskannya sebagai berikut, bahwa sabar dalam kondisi mampu adalah jihad, bahkan lebih utama dan lebih sempurna daripada jihad.
  • Jika Suami atau Istri...
    Tausyiah
    Rabu, 16 September 2020 - 16:19 WIB
    Kali ini kita membahas fiqih muamalah seputar persoalan keluarga. Jika suami atau istri berpisah karena salah satu meninggal, apakah ayah/ibu mertua kembali menjadi non mahram?
  • Kisah Sahabat yang Wafat...
    Hikmah
    Kamis, 17 September 2020 - 05:05 WIB
    Ucapan dan prediksi Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam atas sesuatu selalu benar. Salah satunya tentang perjalanan hidup seorang sahabat mulia yang menjadi kenyataan.
  • Tunangan Mirip Resepsi...
    Tausyiah
    Jum'at, 11 September 2020 - 05:00 WIB
    Zawaj (perkawinan) merupakan aqad yang mengikat dan perjanjian yang kuat yang mempunyai batas-batas, syarat-syarat, hak-hak, dan akibat-akibat tertentu.
  • Doa Rabiah, Kisah Sultan...
    Hikmah
    Jum'at, 11 September 2020 - 06:53 WIB
    Selama kau terikat pada surga dan neraka, bagaimana kau akan dapat memahami rahasia yang ingin kusingkapkan padamu tetapi bila kau tak lagi terikat pada keduanya itu maka fajar kerahasiaan akan menyingsing dari dalam malam.
  • Salah Satu Ciri Waliyullah...
    Tausyiah
    Kamis, 10 September 2020 - 21:32 WIB
    Kata Imam Al-Ghazali (1058-1111) dalam Kitab Bidayatul Hidayah, kedekatan seorang hamba di sisi Allah Taala tergantung bagaimana ia menempatkan Allah di hatinya.
  • Membaca Shalawat dengan...
    Tausyiah
    Kamis, 10 September 2020 - 22:09 WIB
    Ada yang bertanya tentang membaca Shalawat dengan mengkhususkan angka tertentu. Berikut jawaban Ustaz Farid Numan Hasan (Dai lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia).
  • Inilah Batasan dan Adab...
    Muslimah
    Jum'at, 11 September 2020 - 07:38 WIB
    Berbicara antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram, sebenarnya tidak dilarang. Hanya syaratnya, pembicaraan yang dilakukan memenuhi ketentuan secara syara.
  • Inilah Buah dan Keutamaan...
    Muslimah
    Sabtu, 12 September 2020 - 07:49 WIB
    Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menganjurkan umatnya untuk senantiasa bertawakkal kepada Allah Taala. Dengan bertawakkal kepada Allah setiap perbuatan akan diridhai-Nya. Bahkan, Allah Taala akan memberikan rezeki kepada orang yang bertawakkal.
  • Wabah Corona, Bolehkah...
    Tausyiah
    Sabtu, 12 September 2020 - 17:18 WIB
    Sudah menjadi pemandangan biasa di berbagai masjid dan mushalla, kaum muslimin salat memakai masker. Bagaimana pandangan syariat terhadap hal ini? Apakah dibolehkan?
  • Apakah Tidur dalam Keadaan...
    Tausyiah
    Jum'at, 11 September 2020 - 23:36 WIB
    Posisi tidur seperti apakah yang membatalkan wudhu? Apabila bersandar atau duduk apakah itu termasuk membatalkan wudhu? Berikut jawaban Ustaz Farid Numan Hasan.
  • MUI DKI: Musik dan Film...
    Tausyiah
    Kamis, 10 September 2020 - 16:29 WIB
    Aktivitas dakwah ternyata tidak cukup melalui mimbar-mibar majelis taklim. Musik dan film dapat dijadikan sebagai sarana dakwah selama tidak mengandung unsur kemaksiatan.
  • Kisah Mengharukan Detik-Detik...
    Hikmah
    Rabu, 02 September 2020 - 15:01 WIB
    Lihatlah, wahai Maslamah, ke rumah seperti apa engkau akan menempatkan diriku dan dengan keadaan seperti apa dunia menyerahkan diriku ke rumah tempat kembali ku.
  • Ini Alasan Mengapa Umar...
    Hikmah
    Jum'at, 11 September 2020 - 16:08 WIB
    Orang-orang Arab di Semenanjung itu semua menerima dan rela hanya dengan satu agama sejak masa Rasulullah SAW, dan sesudah pernah sebagian murtad pada masa Abu Bakar kemudian kembali lagi.
  • Sebelum Wafat, Rasulullah...
    Hikmah
    Jum'at, 11 September 2020 - 16:44 WIB
    Tiada kedukaan paling berat dialami ahli bait dan para sahabat kecuali berpulangnya kekasih Allah yang mulia Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW). Alam semesta dan para Malaikat pun ikut berduka.
  • Pentingnya Muslimah...
    Muslimah
    Selasa, 15 September 2020 - 09:48 WIB
    Muslimah yang cerdas dan memiliki pengetahuan yang luas akan memiliki banyak keuntungan dan berpotensi untuk melahirkan generasi-generasi cerdas dan berpengetahuan juga.
  • Ada Saatnya Waktu itu...
    Tausyiah
    Kamis, 17 September 2020 - 17:20 WIB
    Waktu terus berjalan dengan kadarnya. Malam kian pekat dengan perguliran rotasinya. Tahu-tahu, kita sudah terbangun dari mimpi panjang dari kehidupan angan-angan bernama dunia.