Topik Terkait: Manfaat Surat ASy Syuara (halaman 204)

  • Mana Lebih Didahulukan,...
    Tausyiah
    Rabu, 20 Januari 2021 - 20:39 WIB
    Menikah maupun naik haji adalah ibadah yang sama-sama penting dan menjadi kewajiban bagi yang mampu. Pertanyaannya, manakah lebih didahulukan, menikah atau menunaikan haji?
  • Salat dalam Keadaan...
    Tausyiah
    Kamis, 21 Januari 2021 - 22:12 WIB
    Jika seseorang dalam keadaan tidak bisa menghilangkan najis dari badannya, sementara waktu shalat hampir habis, apa yang harus dilakukan? Berikut penjelasannya.
  • Kisah Sayyidah Fathimah...
    Hikmah
    Jum'at, 22 Januari 2021 - 05:01 WIB
    Sayyidatuna Fathimah Az-Zahra radhiyallahu anha adalah satu dari empat perempuan pemuka surga. Berikut kisah beliau yang mengagumkan hingga membuat perempuan Yahudi mengucap Syahadat.
  • Konsep Maslahah Menurut...
    Hikmah
    Jum'at, 22 Januari 2021 - 21:10 WIB
    Salah satu tujuan hukum Islam adalah kemaslahatan, baik kemaslahatan di dunia maupun kemaslahatan di akhirat. Dalil maslahat merupakan salah satu dalil mukhtalif di kalangan para ulama.
  • Langkah Khalifah Ali...
    Hikmah
    Senin, 01 Februari 2021 - 18:22 WIB
    Ali bin Abu Thalib menulis surat panjang lebar ditujukan kepada penduduk Kufah. Surat itu dibawa langsung oleh 4 orang utusan: Al Hasan, Abdullah bin Abbas, Ammar bin Yasir dan Qies bin Saad.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Allah Berdialog dengan...
    Tausyiah
    Senin, 01 Februari 2021 - 18:02 WIB
    Banyak rahasia yang terkandung di dalam Surah Al-Fatihah. Ketika membaca Surah Al-Fatihah kita harus meyakini bahwa kita sedang berdialog dengan Allah Azza wa Jalla.
  • Diberi Tahu Istrinya...
    Hikmah
    Senin, 01 Februari 2021 - 19:37 WIB
    Suatu ketika, istri Nashruddin berkata padanya, Kendi untuk berwudlu milik kita itu bagian bawahnya bocor, sehingga airnya tak dapat bertahan lama. Apa yang harus kita berbuat?
  • 10 Ganjaran Bagi Orang...
    Tausyiah
    Selasa, 02 Februari 2021 - 23:02 WIB
    Menurut Ibnu Katsir, takwa adalah menaati segala perintah Allah dan tidak bermaksiat kepada-Nya. Berikut ganjaran bagi orang yang bertakwa baik di dunia maupun di akhirat.
  • Begini Tata Cara Salat...
    Tausyiah
    Kamis, 21 Januari 2021 - 19:19 WIB
    Bagi yang berada dalam kondisi bencana, tidak ada batasan pasti kapan paling lama jamak dilakukan. Batasan sebenarnya adalah hilangnya kesukaran dan kesempitan itu sendiri.
  • Amalan Jumat, Baca Sholawat...
    Tausyiah
    Kamis, 21 Januari 2021 - 17:03 WIB
    Amalan yang paling dicintai Allah dan Rasul-Nya pada hari Jumat adalah memperbanyak sholawat. Siapa yang membaca sholawat di hari ini maka sholawatnya akan disampaikan kepada Rasulullah.
  • Kisah Pembangkangan...
    Hikmah
    Jum'at, 22 Januari 2021 - 18:43 WIB
    Memecat Muawiyah tidaklah mudah. Ia relatif lama menjadi penguasa di Syam. Ia bukan hanya membangkang, bahkan menentang kekhalifahan Ali secara terang-terangan.
  • Kampanye Keji untuk...
    Hikmah
    Sabtu, 23 Januari 2021 - 18:26 WIB
    Secara demonstratif sampul surat Muawiyah diperlihatkan kepada orang banyak. Semua orang ingin tahu apa yang terjadi akibat pembangkangan Muawiyah.
  • Amalan Pembuka Rezeki,...
    Tausyiah
    Sabtu, 23 Januari 2021 - 15:01 WIB
    Banyak amalan yang dapat mendatangkan rezeki, salah satunya dengan beramal saleh dan mendawamkan zikir yang diajarkan oleh Rasulullah shalllahu alaihi wasallam.
  • 6 Teladan Nabi Muhammad...
    Tausyiah
    Sabtu, 23 Januari 2021 - 12:30 WIB
    Kunci utama dari keteladanan Rasulullah SAW, yaitu memberi contoh sebelum menyuruh. Ini pulalah hakikat keteladanan yang harus melekat pada diri setiap umatnya.
  • Rumah Tahfizh Darurat...
    Hikmah
    Sabtu, 23 Januari 2021 - 17:21 WIB
    Untuk mengobati trauma bagi anak-anak korban gempa, relawan Askar Kauny membangun rumah tahfizh di Jalan Soekarno-Hatta Kelurahan Karema, Kecamatan Mamuju Barat.
  • Hadis yang Digunakan...
    Tausyiah
    Senin, 25 Januari 2021 - 05:00 WIB
    Agama tidak turut campur dalam urusan-urusan manusia yang didorong oleh insting dan kebutuhan duniawinya. Kecuali jika telah terjadi sikap berlebihan, mengurangi atau penyimpangan.
  • Rajin Baca 5 Ayat Al-Quran...
    Muslimah
    Senin, 25 Januari 2021 - 08:55 WIB
    Berdoa adalah salah satu cara meminta kepada Allah Taala untuk mewujudkan keinginan atau hajat kita. Selain berdoa, kita juga harus ikhtiar (berusaha) untuk mewujudkan keinginan tersebut
  • Nasehat Imam Al-Ghazali...
    Muslimah
    Senin, 25 Januari 2021 - 15:25 WIB
    Setiap manusia pasti memiliki rasa marah. Secara istilah marah adalah perubahan dalam diri atau emosi yang dibawa oleh kekuatan dan rasa dendam demi menghilangkan gemuruh di dalam dada.
  • 13 Rukun Salat yang...
    Tausyiah
    Minggu, 24 Januari 2021 - 21:38 WIB
    Dalam Mazhab Syafii, rukun salat ada 13. Rukun salat ini hukumnya wajib dikerjakan. Apabila seseorang tidak mengerjakan salah satu rukun salat maka salatnya tidak sah.
  • Doa Setelah Tasyahud...
    Tausyiah
    Senin, 25 Januari 2021 - 07:05 WIB
    Membaca doa setelah tasyahhud akhir sebelum Salam termasuk salah satu sunnah dalam salat. Berikut doa yang diajarkan Nabi Muhammmad shallallahu alaihi wasallam.