Topik Terkait: Pesta Pernikahan (halaman 6)

  • Keutamaan Jima di Malam...
    Hikmah
    Kamis, 26 September 2019 - 06:31 WIB
    Kita patut bersyukur kepada Allah Taala karena telah memerintahkan hamba-Nya untuk menikah dan melarang melakukan zina.
  • Dasar Hukum Nikah: Lebih...
    Hikmah
    Selasa, 28 November 2023 - 14:25 WIB
    Kedua sumber inilah yang menjadi dasar atas legalisasi praktik pernikahan. Dengan demikian nikah baru dianggap sah atau tidak tergantung kepada harmonisasi nikah itu sendiri.
  • Penting Buat Pasangan,...
    Muslimah
    Jum'at, 14 Agustus 2020 - 17:22 WIB
    Salah satu kebahagiaan adalah memiliki pasangan hidup yang saleh dan saleha. Dengan kesalehannya, Allah berkenan memberikan sentuhan-sentuhan keberkahan yang jauh melampaui dugaan Anda
  • Bolehkah Menikah di...
    Tips
    Selasa, 12 Juli 2022 - 09:33 WIB
    Bolehkah menikah di bulan Dzulhijjah? Pertanyaan ini masih banyak terjadi di kalangan umat, sehubungan keistimewaan bulan haji yang dianggap bulan baik untuk pernikahan.
  • Menikah Tanpa Wali Ayah...
    Muslimah
    Sabtu, 17 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Menikah tanpa wali ayah kandung, bolehkah dilakukan? Bagaimana hukum dan status pernikahannya sendiri? Pernikahan merupakan salah satu syariat dalam Islam, juga adalah ibadah untuk menyempurnakan agama.
  • Dai Muda: Aspek Penting...
    Dunia Islam
    Jum'at, 08 Oktober 2021 - 15:54 WIB
    Program Dai Muda RCTI+ bersama dengan ustad muda Agam Fachrul akan mengulas tuntas tentang bagaimana cara mempersiapkan diri untuk menikah menurut agama Islam.
  • Beda Pendapat Ulama...
    Tausyiah
    Rabu, 03 Juli 2024 - 10:48 WIB
    Prof Quraish Shihab mengatakan tidak menemukan adanya saksi dalam pernikahan disinggung secara tegas oleh Al-Quran, tetapi sekian banyak hadis menyinggungnya.
  • Hikmah Poligami dalam...
    Muslimah
    Minggu, 29 Januari 2023 - 05:10 WIB
    Hikmah poligami dalam pandangan Islam dan syaratnya perlu diketahui agar tidak keliru sebagaimana pandangan negatif kaum sekuler barat. Berikut penjelasan Syaikh Yusuf Qardhawi.
  • Peristiwa Bulan Syawal:...
    Hikmah
    Selasa, 16 April 2024 - 15:05 WIB
    Nabi Muhammad menikahi Sayyidah Aisyah, putri Abu Bakar Ash-Shiddiq, pada bulan Syawal tahun kedua Hijriyah atau tahun 11 setelah kenabian, tepatnya dua tahun lima bulan setelah peristiwa hijrah.
  • Mahar Nikah Nabi Adam...
    Hikmah
    Sabtu, 23 Oktober 2021 - 15:08 WIB
    Mahar nikah Nabi Adam alaihissalam ketika menikahi Ibunda Sayyidati Hawa boleh dibilang sangat istimewa. Berikut kisah pernikahan manusia pertama di muka bumi ini.
  • Doa yang Dilarang Diucapkan...
    Tips
    Minggu, 09 Juli 2023 - 11:01 WIB
    Setiap ada teman, keluarga atau kerabat yang baru menikah biasanya kita mengucapkan doa untuk mereka. Namun, ternyata ada doa yang terlarang diucapkan untuk pasangan baru menikah ini. Doa apakah itu?
  • Hadis yang Berkisah...
    Hikmah
    Kamis, 31 Agustus 2023 - 16:32 WIB
    Pada zaman Nabi, perempuan sudah ikut dalam sejumlah perayaan umum. Hal ini tergambar dari hadis yang mengisahkan keikutsertaan perempuan dalam perta perkawinan, pesta hari raya dan pesta penyambutan.
  • Hukum Menikah dengan...
    Muslimah
    Selasa, 18 Januari 2022 - 16:08 WIB
    Bagaimana hukum menikah dengan saudara tiri dalam Islam? Bolehkah dilakukan? Bagaimana pula kaitannya dengan mahram? Beberapa pertanyaan soal pernikahan ini umum terjadi dalam masyarakat kita.
  • Khulu, Hak Istri Meminta...
    Muslimah
    Minggu, 18 September 2022 - 10:50 WIB
    Al-Hafizh Ibnu Hajar mengatakan apabila keretakan rumah tangga terjadi dari pihak perempuan saja, maka diperbolehkan baginya mengajukan khulu dan membayar fidyah.
  • Jadikan Surga sebagai...
    Muslimah
    Senin, 16 Agustus 2021 - 08:20 WIB
    Pernikahan suami istri bukan sekadar hidup bersama sampai tua. Tapi, ada yang lebih besar dari sekadar menua bersama, yakni menjadikan surga sebagai cita-cita dan tujuan suami Istri.
  • Bolehkah Menikah dengan...
    Tausyiah
    Sabtu, 26 November 2022 - 05:15 WIB
    Bolehkah menikah saudara tiri? Bagaimana hukumnya dalam Islam? Bagaimana pula kaitannya dengan mahram? Beberapa pertanyaan soal pernikahan ini umum terjadi dalam masyarakat kita.
  • Perbedaan Hukum Menikah...
    Tips
    Selasa, 24 Januari 2023 - 09:22 WIB
    Apa perbedaan hukum menikah dengan orang Ahli Kitab dan musyrik? Allah memberikan beberapa hak istimewa kepada para ahli kitab. Di antaranya, lelaki Muslim diperbolehkan menikahi wanita dari kalangan mereka.
  • Bolehkah Wali Nikah...
    Tausyiah
    Sabtu, 15 Juli 2023 - 15:45 WIB
    Bolehkah wali nikah diwakilkan? Hal ini sering ditanyakan sebagian kalangan muslim di Tanah Air. Langsung saja kita simak penjelasan berikut ini.
  • Perkawinan Beda Agama:...
    Tausyiah
    Senin, 06 Mei 2024 - 14:54 WIB
    Al-Quran telah mengizinkan lelaki muslim mengawini perempuan-perempuan ahli kitab baik dari kalangan Yahudi maupun Nasrani, untuk mengadakan pergaulan dengan mereka.
  • Hukum Perceraian dalam...
    Tausyiah
    Selasa, 01 November 2022 - 12:20 WIB
    Suami-istri hendaknya memahami hukum perceraian dalam Islam, syarat sah, aturan, dan dalil yang mengikutinya agar solusi talak bagi keduanya tetap dalam koridor hukum yang ditetapkan Allah Subhanahu wa Taala.