Topik Terkait: Potong Rambut (halaman 2)

  • Keberkahan Memuliakan Rambut Rasulullah SAW
    Hikmah
    Rabu, 06 November 2019 - 05:15 WIB
    Ada satu kisah dalam Kitab Irsyadul Ibad karya Syekh Zainuddin Al-Malibary bahwa ada dua orang bersaudara memperoleh masing-masing warisan harta dan tiga helai rambut Rasulullah SAW dari ayah mereka yang telah meninggal dunia.
  • Jangan Lupa, Ini Hari-hari yang Baik Memotong Kuku
    Tips
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 10:07 WIB
    Memotong kuku adalah fitrah yang tidak bisa terlepaskan dari manusia. Lalu hari-hari apa saja yang baik untuk memotong kuku? Berikut penjelasaannya.
  • Doa Saat Menggiring Hewan Kurban dan Doa Sebelum Menyembelihnya
    Tips
    Kamis, 29 Juni 2023 - 08:43 WIB
    Bagi yang berkurban, doa saat menggiring dan menyembelih hewan kurban ini penting untuk diketahui. Karena, di antara syarat halalnya sembelihan adalah membaca basmalah.
  • Larangan Menyemir Uban dengan Warna Hitam, Ini Alasannya
    Tips
    Sabtu, 13 Mei 2023 - 23:52 WIB
    Menyemir uban merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW. Namun, beliau melarang umatnya menyemir uban dengan warna hitam. Berikut alasannya.
  • Mandi Besarnya Perempuan  dan Kunciran Rambut
    Muslimah
    Kamis, 25 Maret 2021 - 08:10 WIB
    Mandi besarnya perempuan sama persis dengan mandi besarnya laki-laki. Hanya saja ada perbedaan dari sisi tidak wajibnya seorang perempuan membuka kunciran rambutnya saat mandi besar.
  • Memotong Kuku dan Rambut Saat Haid, Bolehkah Dilakukan?
    Muslimah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 13:08 WIB
    Banyak pemahaman di kalangan masyarakat terutama kalangan muslimah, bahwa orang yang tengah haid dilarang memotong kuku dan rambut karena akan dipertanggungjawabkan di hari kiamat kelak. Benarkah demikian?
  • Rambut Perempuan dalam Pandangan Syariat
    Muslimah
    Senin, 27 Juli 2020 - 10:12 WIB
    .Sebagai mahkota perempuan, rambut bisa dikatakan perhiasan yang bila dipandang sangat bagus, indah dan cantik. Namun sayangnya banyak perempuan muslimah yang tidak mengetahui bagaimana ia seharusnya memperlakukan rambut sebagai mahkota ini
  • Bolehkah Memanfaatkan Kulit Tulang dan Rambut Bangkai?
    Tausyiah
    Senin, 01 Juli 2024 - 15:12 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan yang dimaksud haramnya bangkai, hanyalah soal memakannya. Adapun memanfaatkan kulitnya, tanduknya, tulangnya atau rambutnya tidaklah terlarang.
  • Halal dan Haram: Hukum Menyambung Rambut Tak Ubahnya dengan Penipuan?
    Tausyiah
    Selasa, 01 Desember 2020 - 08:33 WIB
    Islam melarang perempuan maupun laki-laki menyambung rambut dengan rambut lain, baik rambut itu asli atau imitasi seperti yang terkenal sekarang ini dengan nama wig.
  • Rambut dan Cara Bersisir Rasulullah SAW
    Hikmah
    Kamis, 18 Juni 2020 - 14:24 WIB
    Sosok Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) tak pernah bosan untuk diulas dan diceritakan mengingat agungnya budi pekerti dan akhlak beliau.
  • Cara Memotong Kuku Menurut Perspektif Fiqih Islam
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Oktober 2020 - 16:56 WIB
    Islam adalah agama yang sangat memperhatikan kebersihan baik zahir dan batin. Kebersihan merupakan sebagian dari keimanan sebagaimana dalam hadis Nabi.
  • Inilah Perbedaan Mandi Junub dan Mandi Besar Setelah Haid. Muslimah Wajib Tahu!
    Muslimah
    Jum'at, 18 Februari 2022 - 16:25 WIB
    Ada perbedaan mendasar ketika melakukan mandi junub dan mandi besar setelah haid yang wajib muslimah ketahui. Dan hukum kedua mandi ini adalah wajib.
  • Mengusap Rambut Saat Berwudhu, Seluruhnya atau Sebagian? Begini Penjelasan Ulama
    Tausyiah
    Senin, 19 September 2022 - 16:07 WIB
    Salah satu rukun wudhu adalah membasuh muka dan mengusap kepala/rambut dengan air. Hal ini ditegaskan dalam firman Allah Subhanahu wa taala dalam QS. Al-Maidah ayat 6.
  • Hukum Mencabut dan Mewarnai Uban, Haram Atau Makruh?
    Tausyiah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 15:12 WIB
    Hukum mencabut dan mewarnai uban telah dijelaskan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sejak 14 abad lalu. Berikut penjelasan rinci dari berbagai Hadis Nabi.
  • Anjuran Menyemir Uban dengan Warna Merah Atau Kuning
    Tips
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 17:43 WIB
    Menyemir uban dalam Islam termasuk perkara yang disunnahkan. Rasulullah shollallahu alaihi wasallam memerintahkan umatnya menyemir uban untuk menyelisihi ahli kitab.
  • Mitos-mitos Wanita Haid dan Faktanya Menurut Islam
    Muslimah
    Rabu, 23 Februari 2022 - 09:26 WIB
    Masih banyak anggapan di masyarakat bahwa wanita haid yang dianggap sedang berhadas, dilarang melakukan aktivitas-aktivitas ibadah tertentu.Adanya larangan-larangan tersebut, akhirnya menyebarkan mitos-mitos seputar haid yang dalil rujukannya tidak jelas.
  • Hukum Mewarnai Rambut dalam Islam Beserta Dalilnya
    Tips
    Jum'at, 04 November 2022 - 09:48 WIB
    Hukum mewarnai rambut dalam Islam adalah boleh bahkan dianjurkan. Hal ini berbeda dengan orang-orang Yahudi dan Nasrani yang tidak memperkenankan menyemir rambut dan merombaknya.
  • Haji Mabrur: Membaca Ulang Sai dan Mencukur Rambut Kita
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Juli 2022 - 08:58 WIB
    Ketika berdiri di bukit Shafa, sucikan ruh dan batinmu untuk menemui Tuhan pada hari pertemuan dengan-Nya dan menempatkan diri pada pengawasan-Nya dengan membersihkan perilaku di Marwa.
  • Anang Hermansyah Lakukan Transplantasi Rambut, Bagaimana Menurut Islam
    Tausyiah
    Senin, 10 Januari 2022 - 17:17 WIB
    Transplantasi rambut kian menjadi ngetrend saja, Mereka yang botak, lewat metode ini, bisa memiliki rambut lebat kembali. Lalu, bagaimana Islam memandang masalah ini?
  • Rambut dan Janggut Rasulullah SAW Akan Dipamerkan di Padangsidimpuan Besok
    Dunia Islam
    Senin, 31 Januari 2022 - 20:20 WIB
    Kabar gembira untuk warga muslim di Kota Padangsidimpuan dan sekitarnya. Insya Allah besok artefak peninggalan Rasulullah SAW akan dipamerkan kepada publik.