Topik Terkait: Republik Islam Iran (halaman 79)

  • Pemerintah Taliban Larang...
    Dunia Islam
    Senin, 31 Juli 2023 - 16:02 WIB
    Taliban menutup semua salon kecantikan yang beroperasi di Afghanistan. Putusan itu adalah pengekangan terbaru atas hak dan kebebasan perempuan dan anak perempuan Afghanistan.
  • Muamalah dalam Rumah...
    Muslimah
    Minggu, 08 Agustus 2021 - 19:14 WIB
    Suami dan istri adalah cerminan dalam sebuah keluarga. Jika suami istri shaleh dan shalehah maka akan tercipta keluarga yang sakinah, mawadah wa rahmah. Keluarga yang diberkahi Allah Taala.
  • Hak-hak Perawatan yang...
    Muslimah
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 11:25 WIB
    Setiap manusia membutuhkan hak-hak dasarnya, termasuk untuk kalangan muslimah. Wanita dan pria pada hakikatnya memiliki unsur yang sama yaknitubuh, akal, dan ruh.
  • Apakah Membayar Zakat...
    Tips
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 15:30 WIB
    Mengeluarkan zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan muslim yang memenuhi syarat wajib zakat. Apakah mengeluarkan zakat di bulan Ramadan itu lebih utama daripada bulan lainnya?
  • Ilmu Wudhu yang Wajib...
    Hikmah
    Sabtu, 28 Desember 2019 - 16:39 WIB
    Thaharah atau bersuci (bersih) adalah ilmu fiqih dasar yang wajib dipelajari oleh umat muslim. Ilmu thaharah ini meliputi kajian tentang berwudhu, tayammum dan mandi.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Makna Hijrah dalam Konteks...
    Dunia Islam
    Senin, 09 Agustus 2021 - 21:30 WIB
    Tanggal 10 Agustus 2021 bertepatan dengan tanggal 1 Muharam 1443 Hijriah, umat Muslim se-dunia akan merayakan Tahun Baru Hijriah untuk memperingati peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah yang terjadi pada tahun 622 Masehi.
  • Nasehat Imam Al-Ghazali...
    Muslimah
    Senin, 25 Januari 2021 - 15:25 WIB
    Setiap manusia pasti memiliki rasa marah. Secara istilah marah adalah perubahan dalam diri atau emosi yang dibawa oleh kekuatan dan rasa dendam demi menghilangkan gemuruh di dalam dada.
  • Kecerdasan Seorang Penggembala...
    Tausyiah
    Kamis, 04 Juni 2020 - 23:23 WIB
    Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap orang baik laki-laki maupun perempuan. Ilmu merupakan cahaya yang mengantarkan seseorang ke jalan benar yang diridhai Allah Taala.
  • Imam Masjidil Haram...
    Hikmah
    Jum'at, 12 November 2021 - 18:13 WIB
    Imam Masjidil Haram dari Indonesia sepanjang sejarah tercatat ada tiga ulama. Mereka adalah Syaikh Junaid Al Batawi, Syaikh Imam Nawawi Al Bantani, dan Syaikh Ahmad Khatib Al Minangkabawi.
  • Hukum Berkarier Bagi...
    Muslimah
    Minggu, 11 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Menjadi wanita karier menjadi dambaan banyak muslimah. Wanita karier adalah wanita yang memasuki dunia usaha atau pekerjaan dan menghabiskan lebih banyak waktunya di luar rumah
  • Rasulullah SAW Tidak...
    Hikmah
    Rabu, 07 Februari 2024 - 10:08 WIB
    Dalam Islam, seorang pemimpin harus memiliki moral, akhlak, dan kemampuan yang mumpuni. Ia harus bisa bersikap adil, jujur, dan tidak semena-mena. Pemimpin tidak boleh mencelakai rakyat dan bangsanya. Pemimpin tidak boleh dzalim.
  • Pandangan Islam Terhadap...
    Hikmah
    Senin, 27 Januari 2020 - 09:02 WIB
    Kelelawar tiba-tiba menjadi perbincangan hangat menyusul mewabahnya penyakit mematikan disebabkan virus Corona dari Wuhan, China. Bagaimana hukum memakan kelelawar dalam Islam?
  • 7 Gaya Kaligrafi, Naskh...
    Dunia Islam
    Rabu, 24 Mei 2023 - 09:00 WIB
    Kaligrafi dikenal karena tulisannya yang cair, melengkung, dan sebagian besar tulisan tangan menggunakan tinta berwarna pada kartu atau kertas tebal. Pada awalnya, kaligrafi ditulis di atas perkamen, kulit dan kayu.
  • Pengin Sukses dalam...
    Tips
    Sabtu, 12 Agustus 2023 - 10:29 WIB
    Setiap muslim yang ingin berbisnis atau berdagang pasti menginginkan kesuksesan. Nah, dalam Islam contoh teladan pebisnis yang sukses adalah Baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.
  • 10 Adab Berbicara yang...
    Muslimah
    Senin, 31 Januari 2022 - 19:15 WIB
    Islam mengajarkan adab-adab yang hendaknya diamalkan kaum muslimin, tak terkecuali untuk kaum muslimah. Salah satunya adalah adab dalam hal berbicara atau berkomunikasi
  • Sejarah Masuknya Islam...
    Dunia Islam
    Jum'at, 30 Desember 2022 - 22:13 WIB
    Sejarah masuknya Islam di Korea dan perkembangannya menarik untuk diketahui. Korea merupakan negara yang terletak di semenanjung Korea di Asia Timur laut.
  • Jejak Kekejaman Israel:...
    Dunia Islam
    Rabu, 11 Oktober 2023 - 08:14 WIB
    Tragedi ini menimbulkan gelombang besar pengungsi Palestina. Gelombang pertama terjadi akibat perang Israel-Arab tahun 1948 berjumlah 726.000 orang, dua pertiga dari seluruh penduduk Palestina yang 1,2 juta orang.
  • Tradisi Muharram di...
    Dunia Islam
    Kamis, 18 Juli 2024 - 05:33 WIB
    Tradisi Muharram di Aceh tak jauh berbeda dengan daerah lain. Di Kampung Kedah, orang sering melaksanakan perayaan tabut Hasan Husein pada setiap tahun. Perayaan diadakan di Kutaraja.
  • Kemenag Hadirkan Al-Qur’an...
    Dunia Islam
    Rabu, 19 April 2023 - 13:57 WIB
    Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan aplikasi Al Quran Isyarat 30 juz dengan terjemahan Al-Quran Bahasa Daerah. Kedua fitur tersebut merupakan hasil pengembangan Quran Kemang Android versi 2.4 RC1 oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran (LPMQ), Balitbang dan Diklat Kemenag.
  • Pertempuran Nahawand...
    Hikmah
    Senin, 22 April 2024 - 14:45 WIB
    Kala itu, pihak Persia sudah dapat menyusul pasukan Muslimin yang dipimpin Qaqa sebelum terbenam matahari, dan mereka dihujani anak panah sehingga banyak yang mengalami luka-luka.