Topik Terkait: Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah (halaman 112)

  • Koreksi Syaikh Muhammad...
    Tausyiah
    Rabu, 06 Juli 2022 - 16:49 WIB
    Mengapa perkara-perkara yang remeh ini ditampilkan padahal perkara ini malah dapat menghalangi jalan Allah, dan menampilkan Islam dengan cara seperti itu akan lebih menggambarkan Islam berwajah garang?
  • Kisah Turis Memeluk...
    Hikmah
    Senin, 15 Juni 2020 - 16:06 WIB
    Ulama kharismatik asal Uni Emirat Arab Al-Habib Ali bin Abdurrahman Al-Jufri pernah bercerita kisah seorang turis yang berkunjung ke Kota Tarim Hadhramaut, Yaman.
  • Kisah Prof Ali S Asani:...
    Dunia Islam
    Senin, 14 November 2022 - 05:15 WIB
    Ini jawaban Prof Ali S Asani ketika ditanya bagaimana mungkin seorang intelektual seperti Anda, yang tentu amat rasional dan cerdas, memeluk sebuah agama yang menganjurkan jihad, perang suci, dan terorisme?
  • Profil dan Biografi...
    Dunia Islam
    Kamis, 21 Desember 2023 - 14:04 WIB
    Abu Bakar Ash-Shiddiq menjadi salah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW yang termasuk paling awal memeluk agama Islam (Assabiqunal Awwalun). Bagaimana biografinya?
  • Penyakit Jiwa: Ini Mengapa...
    Tausyiah
    Sabtu, 27 Juli 2024 - 16:30 WIB
    Al-Quran Al-Karim memang banyak berbicara tentang penyakit jiwa. Mereka yang lemah iman dinilai oleh Al-Quran sebagai orang yang memiliki penyakit di dalam dadanya.
  • Agresi Kerajaan Ottoman...
    Dunia Islam
    Minggu, 15 Januari 2023 - 15:32 WIB
    Pengikut-pengikutnya mendapatkan reputasi sebagai ghazi atau prajurit yang berjuang memerangi umat Kristen karena Iman, dan sebagai akibatnya adalah suksesinya yang sekarang dikenal sebagai dinasti Ottoman.
  • Beda Sebutan Kaum Yahudi...
    Tausyiah
    Kamis, 28 Desember 2023 - 08:57 WIB
    Ayat di atas, kata Quraish, secara tegas menyatakan bahwa selama seseorang itu Yahudi maka ia pasti tidak akan rela terhadap umat Islam hingga umat Islam mengikuti agama/tatacara mereka.
  • Ini Perbedaan Muslim...
    Tausyiah
    Minggu, 22 November 2020 - 07:05 WIB
    Golongan muslim dan mukmin tidaklah sama. Seorang mukmin sudah pasti seorang muslim, namun seorang muslim belum tentu menjadi mukmin. Lantas, apa makna seorang muslim dan mukmin?
  • Arah Baru Umat Islam...
    Hikmah
    Jum'at, 06 Oktober 2023 - 09:54 WIB
    Perang Badar itu merupakan permulaan hidup baru buat kaum Muslimin. Kaum Muslimin mulai mengatur siasat dalam menghadapi Quraisy dan kabilah-kabilah sekitarnya yang melawan mereka.
  • Ingin Segera Dapat Jodoh?...
    Tips
    Senin, 08 November 2021 - 18:32 WIB
    Dalam Islam ada beberapa kriteria ketika akan memilih jodoh yang kita idamkan. Kriteria utama tentu saja harus taat kepada Allah Taala dan Rasul-nya
  • Wabah Covid-19, Quraish...
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 10:35 WIB
    Menurut Quraish Shihab, corona ini bukan siksa, tapi peringatan. Peringatan supaya kita menjadi lebih baik, supaya kita menjadi lebih eling, supaya kita lebih banyak menjalin hubungan antarsesama.
  • Syafruddin Dikukuhkan...
    Dunia Islam
    Rabu, 13 April 2022 - 18:02 WIB
    Presiden DMDI Tun Sri Setia (DR) H Mohd Ali bin Mohd Rustam mengukuhkan jabatan Wakil Presiden DMDI kepada mantan Wakapolri Komjen Pol Purn Dr (HC) H Syafruddin di Melaka, Rabu (13/4/2022).
  • Begini Puasa Orang-Orang...
    Hikmah
    Senin, 26 April 2021 - 18:29 WIB
    Semua agama samawi, sama dalam prinsip-prinsip pokok akidah, syariat, serta akhlaknya. Ini berarti semua agama samawi mengajarkan tauhid, kenabian, dan keniscayaan hari kemudian.
  • Ilmu Kalam, Peranan...
    Hikmah
    Sabtu, 21 September 2024 - 07:50 WIB
    Dalam perjalanan sejarah pemikiran Islam, pengaruh Khawarij tetap saja menjadi pokok problematika pemikiran Islam. Yang paling banyak mewarisi tradisi pemikiran Khawarij ialah kaum Mutazilah
  • Inilah Bentuk Keteladanan...
    Hikmah
    Kamis, 07 September 2023 - 17:29 WIB
    Dalam konsep pendidikan Islam, orang tua teladan hendaknya memiliki rasa takut kepada Allah jika meninggalkan anak-anaknya dalam kondisi lemah dan jauh dari rahmat Rabbnya.
  • 5 Keutamaan Orang yang...
    Hikmah
    Senin, 13 Juli 2020 - 17:12 WIB
    Penyakit kerap dianggap sebagai hal yang tidak menyenangkan dan dijauhi banyak orang. Padahal dalam perspektif syariat, penyakit merupakan anugerah dan menjadi sebab seseorang dekat dengan Allah Taala.
  • Penjelasan Gus Baha...
    Tausyiah
    Senin, 13 Juni 2022 - 18:53 WIB
    Penjelasan Gus Baha tentang hukum memajang foto di rumah dan perbedaan pendapat tentang hukum foto dan gambar makhluk hidup cukup simpel. Pastinya, yang haram itu foto pornografi, tandasnya.
  • Keutamaan Mengajarkan...
    Muslimah
    Minggu, 26 September 2021 - 05:10 WIB
    Orang yang mengajarkan ilmu, menjadi seorang guru, baik guru dalam ilmu agama maupun ilmu dunia mempunyai keutamaan begitu besar. Sebaliknya orang yang enggan membagikan ilmu yang dimilikinya justru akan merugi.
  • Takdir, Becermin dari...
    Tausyiah
    Jum'at, 11 Desember 2020 - 13:07 WIB
    Yang jelas, menurut Prof Quraish, Nabi dan sahabat-sahabat utama beliau, tidak pernah mempersoalkan takdir sebagaimana dilakukan oleh para teolog itu.
  • Doa Berlindung dari...
    Tips
    Jum'at, 09 Februari 2024 - 12:43 WIB
    Berikut ini doa berlindung dari pemimpin kekanak-kanakan dan bodoh berdasar hadis Nabi Muhammad SAW yang kita dapati tuntunannya dalam Adabul Mufrad, yakni salah satu kumpulan hadis riwayat Imam Bukhari.