Topik Terkait: Universitas Islam Madinah (halaman 12)

  • Kisah Muslim Amerika...
    Dunia Islam
    Kamis, 17 November 2022 - 08:23 WIB
    Sohail H. Hashmi adalah Profesor Hubungan Internasional di Alumnae Foundation dan Profesor Politik di Mount Holyoke College. Dia Sohail mengungkap pengalaman beragama dirinya yang sungguh berbeda.
  • Gema Tahun Baru Islam...
    Dunia Islam
    Rabu, 19 Juli 2023 - 12:23 WIB
    Merayakan Tahun Baru Islam 1445 Hijriah, Jakarta Islamic Center (JIC), Koja, Jakarta Utara menggelar pawai yang diikuti ribuan umat muslim dari puluhan majelis taklim di Jakarta, Rabu (19/7/2023).
  • Inilah 4 Tanda Akil...
    Muslimah
    Jum'at, 25 Agustus 2023 - 13:30 WIB
    Setidaknya ada beberapa tanda akil baligh perempuan yang perlu diketahui. Pasalnya dalam Islam, seorang individu dianggap telah mencapai akil baligh atau kematangan fisik dan mental pada usia tertentu.
  • Abu Dzar al-Ghifari...
    Hikmah
    Selasa, 12 Oktober 2021 - 16:09 WIB
    Abu Dzar al-Ghifari sukses mengislamkan Bani Ghifar dan Bani Aslam. Dua suku ini dikenal sebagai komplotan perampok terbesar pada waktu itu. Rasulullah pun mendoakan dua suku tersebut.
  • Ummu Umarah, Shahabiyah...
    Muslimah
    Rabu, 06 September 2023 - 17:35 WIB
    Ummu Umarah adalah panggilannya, ia bernama lengkap Nusaibah bin Kaab. Seorang muslimah yang menorehkan tinta emas dalam sejarah Islam .
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Kisah Sayyid Abdul Aziz,...
    Dunia Islam
    Minggu, 16 Oktober 2022 - 11:11 WIB
    Raja Islam pertama di Nusantara adalah Sayyid Abdul Aziz. Dia adalah keturunan Nabi Muhammad SAW. Ia dilantik secara resmi menjadi Raja Kerajaan Perlak, pada tahun 1214.
  • Pra-Islam: Orang-Orang...
    Hikmah
    Kamis, 11 Januari 2024 - 15:18 WIB
    Sebagian ahli sejarah berpendapat orang-orang Arab yang mendirikan kota Anbar dan Hirah di Irak adalah para tawanan perang Raja Nebukhadnezzar II.
  • Hadis-hadis tentang...
    Muslimah
    Senin, 15 Januari 2024 - 11:36 WIB
    Dalam Islam, seorang wanita sangat dimuliakan, bahkan mulai dari ia dilahirkan hingga posisinya menjadi seorang ibu yang melahirkan. Banyak hadis yang menceritakan kedudukan dan kemuliaan seorang wanita ini.
  • Imam Chirri: Kepercayaan...
    Dunia Islam
    Selasa, 12 Desember 2023 - 13:25 WIB
    Beberapa pengeritik Islam mengatakan bahwa Islam menjanjikan untuk orang-orang Islam yang baik yaitu surga di mana mereka senang dan tersedia apa yang mereka inginkan, baik materiil, spirituil.
  • Agama Islam dalam Kehidupan...
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Maret 2023 - 17:13 WIB
    Puncak dari prinsip itu adalah tauhid. Di sekelilingnya beredar unit-unit bagaikan planet-planet tata surya yang beredar di sekeliling matahari, yang tidak dapat melepaskan diri dari orbitnya.
  • Jatuhnya Gubernur Madinah...
    Hikmah
    Senin, 14 Juni 2021 - 10:08 WIB
    Fathimah berkata, Benar, tolong laporkan kepada Amirul Mukminin kesulitan yang saya alami akibat ulah Ibnu Dhahhak. Dia mengabaikan para ulama, terutama Salim bin Abdullah bin Umar bin Khathab.
  • Penting Buat Suami dan...
    Muslimah
    Jum'at, 01 Juli 2022 - 21:30 WIB
    Salah satu bentuk kekerasan yang diharamkan dalam Islam adalah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Dalam beberapa kasus, KDRT adalah sebuah perkara yang sering kali menghiasi kehidupan pernikahan.
  • Imam Chirri: Profil...
    Hikmah
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 11:56 WIB
    Faktor-faktor yang menyebabkan pesatnya pertumbuhan Islam salah satunya adalah kepribadian Nabi Islam. Selain itu, keyakinan yang kuat pada orang-orang Islam yang mula-mula (terdahulu).
  • Islam Menganjurkan Kebebasan...
    Tausyiah
    Senin, 25 Desember 2023 - 13:43 WIB
    Pertentangan lama masih ada dan membagi manusia menjadi dua bagian: ada yang berpegang pada kebebasan manusia, dan yang lain berpegang pada takdir.
  • Mengapa Puasa Diwajibkan...
    Tausyiah
    Kamis, 28 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Puasa telah dilakukan oleh umat-umat terdahulu. Kama kutiba alal ladzina min qablikum (Sebagaimana diwajibkan atas (umat-umat) yang sebelum kamu).
  • Ali Ridho Syiarkan Islam...
    Dunia Islam
    Kamis, 31 Maret 2022 - 07:33 WIB
    Bermodal semangat menyiarkan Islam di Tanah Banjarbaru, Ali Ridho yang berlatar belakang petani, mendirikan TPQ Baity Al Hikmah. Tempat pendidikan ini memfasilitasi anak-anak hingga lansia belajar membaca Al-Quran
  • Semua Agama Samawi Mengharamkan...
    Tausyiah
    Rabu, 07 Agustus 2024 - 05:23 WIB
    Syaikh Yusuf Al Qardhawi mengatakan seluruh agama Samawi mengharamkan dan memberantas perzinaan. Terakhir ialah Islam yang dengan keras melarang perzinaan serta memberikan ultimatum yang sangat tajam.
  • Nama Bayi Perempuan...
    Muslimah
    Rabu, 16 Juni 2021 - 14:39 WIB
    Inspirasi nama bayi perempuan menurut Islam dan Al-Quran, bisa kita ambil untuk buah hati kita yang baru lahir. Banyak kata dalam Al-Quran yang bermakna dan mengandung arti kata kebaikan.
  • Mengenal ISNA, Organisasi...
    Dunia Islam
    Rabu, 06 September 2023 - 14:13 WIB
    Tidak dapat diingkari bahwa Islam di Amerika dan Barat menjadi perhatian tersendiri bagi dunia Islam. Ada semacam harapan bahwa kebangkitan Islam bakal datang dari arah Barat. Allahu Alam.
  • 9 Ulama Besar yang Menyandang...
    Dunia Islam
    Minggu, 20 November 2022 - 07:30 WIB
    Syaikhul Islam merupakan gelar kehormatan bagi ulama yang memiliki ilmu Islam yang mumpuni. Mereka dijuluki sebagai guru besar Islam. Berikut 9 ulama bergelar Syaikhul Islam.