Topik Terkait: Ustaz Maulana (halaman 25)

  • 15 Nasihat Indah Imam...
    Tausyiah
    Kamis, 20 Oktober 2022 - 14:37 WIB
    Nasihat Imam Abdullah bin Mubarak atau dikenal dengan Ibnul Mubarak (118-181 H) dapat dijadikan inspirasi dan pelajaran bagi penuntut ilmu. Berikut 15 nasihatnya.
  • Dahsyatnya Kedermawanan...
    Hikmah
    Kamis, 06 Juli 2023 - 21:56 WIB
    Imam Syafii (150-204 H) tak hanya dikenal sebagai Ulama dengan level mujtahid, Imam bernama Abu Abdillah Muhammad bin Idris Asy-Syafii ini juga dikenal sebagai sosok yang dermawan.
  • Surat Yusuf Ayat 110:...
    Tausyiah
    Rabu, 07 Juni 2023 - 22:47 WIB
    Ayat ini menjelaskan sunatullah yang berlaku pada umat-umat terdahulu. Allah mengutus para Rasul-Nya dengan bukti nyata dan diperkuat dengan mukjizat.
  • Profil Ustadz Ariful...
    Dunia Islam
    Selasa, 21 Mei 2024 - 09:48 WIB
    Profil Ustadz Ariful Bahri, pengisi kajian berbahasa Indonesia di Masjid Nabawi setiap bada Maghrib cukup menarik. Soalnya, beliau adalah putra Indonesia kelahiran Riau.
  • Pentingnya Adab, Jangan...
    Tausyiah
    Selasa, 08 Juni 2021 - 23:54 WIB
    Adab dan etika memiliki kedudukan yang sangat penting dalam Islam. Bahkan, akhlak dan adab salah satu kunci meraih ridho Allah. Mari simak pesan Ustaz Muhammad Asroi berikut.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Begini Cara Nabi Yusuf...
    Hikmah
    Rabu, 09 Maret 2022 - 20:37 WIB
    Ketika Nabi Yusuf alaihissalam diperintahkan berdakwah di dalam penjara, begini cara beliau mengenalkan Allah kepada dua penghuni di penjara itu.
  • Surat Yusuf Ayat 26:...
    Hikmah
    Selasa, 14 Desember 2021 - 15:31 WIB
    Ketika Nabi Yusuf digoda istri pembesar Mesir, Allah hadirkan saksi baginya. Dalam satu riwayat, saksi yang menguatkan Nabi Yusf adalah bayi yang dapat berbicara atas izin Allah.
  • Tadabur Surat An-Nur...
    Hikmah
    Selasa, 18 Juli 2023 - 13:33 WIB
    Setelah Allah menjelaskan hukuman atas pezina, ayat berikut mengingatkan orang mukmin untuk menghindari pezina khususnya untuk dijadikan pasangan hidup.
  • Ustaz Abdul Somad Cerita...
    Hikmah
    Jum'at, 12 November 2021 - 07:30 WIB
    Ustaz Abdul Somad (UAS) cerita pengalamannya di masa kecil. Salah satu yang membekas di hatinya adalah topi usang yang dikenakannya di masa SD.
  • Mengenal Dr Hamid Choi...
    Dunia Islam
    Kamis, 06 Januari 2022 - 16:41 WIB
    Dr Hamid Choi Yong Kil atau dikenal sebagai Ustaz Hamid Korea telah meninggal dunia, beberapa waktu lalu. Dia merupakan penerjemah Al-Quran ke dalam bahasa Korea pertama.
  • Perempuan Salat Tarawih...
    Tausiyah
    Minggu, 27 Mei 2018 - 16:21 WIB
    Sebagian kaum muslimah rajin melaksanakan salat Tarawih di masjid, bahkan ada yang pergi ke masjid tanpa izin suami, ada juga yang suara mereka terdengar bercerita di dalam masjid. Berikut jawaban Ustaz Abdul Somad.
  • 4 Keutamaan Bagi Orang...
    Tausyiah
    Senin, 18 Mei 2020 - 09:05 WIB
    Dalam suatu hadis, Rasulullah menegaskan bahwa seorang muslim tidak akan merugi dalam situasi apapun. Sebab, keimananya akan menjadikannya semua urusannya baik.
  • Ini Bukti Kelahiran...
    Tausiyah
    Sabtu, 07 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Di antara penceramah terbaru ada yang mengatakan bahwa Nur Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) tidak ada yang memancar bersinar pada malam kelahirannya.
  • Cara Bershalawat Agar...
    Tausyiah
    Rabu, 18 November 2020 - 17:06 WIB
    Bagaimana agar kita bisa mencapai ke hadirat baginda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam? Berikut penjelasan Dai lulusan Al-Azhar Mesir Ustaz Muchlis Al-Mughni.
  • Mengapa Tangan Diangkat...
    Tausiyah
    Sabtu, 02 Juni 2018 - 21:01 WIB
    Mengapa tangan diangkat ke atas ketika berdoa? Berikut penjelasan Ustaz Abdul Somad yang dikutip dari Buku 30 Fatwa Seputar Ramadhan.
  • Hukum Salat Berjamaah...
    Tips
    Kamis, 07 Mei 2020 - 08:15 WIB
    Banyak Hadis yang menjelaskan tentang keutamaan salat berjamaah di masjid terutama bagi kaum laki-laki. Lalu, bagaimana hukum salat berjamaah di masjid menurut Mazhab Syafii?
  • Inilah Manfaat Bergaul...
    Tausyiah
    Selasa, 09 Juni 2020 - 13:29 WIB
    Orang-orang saleh mendapat tempat mulia di sisi Allah Taala karena ketaatannya dan senang beramal saleh. Allah Taala memuji orang-orang saleh dalam banyak ayat Al-Quran.
  • Sthepen Hawking, Atheis...
    Hikmah
    Selasa, 29 Oktober 2019 - 05:15 WIB
    Boleh jadi, Hawking pada awalnya hanya memiliki kepercayaan secara dogmatis terhadap Kristen, sehingga dia ingin melepaskan dogmatis itu dalam kemurniaan sains dan teknologi secara terpisah dan integral.
  • Lupa Berniat Puasa,...
    Tausiyah
    Kamis, 17 Mei 2018 - 18:21 WIB
    Saya lupa berniat puasa pada waktu malam. Kemudian saya teringat setelah fajar bahwa saya belum berniat. Apakah puasa saya sah?
  • Palestina, Sultan Hamid...
    Tausiyah
    Jum'at, 10 Mei 2019 - 16:10 WIB
    Berawal dari mimpi seorang jurnalis berkebangsaan Yahudi Theodore Herzl yang ingin mendirikan negara Israel Raya, dia menerbitkan sebuah buku yang berjudul &ldquoDer Judenstaat&rdquo (Negara Yahudi).