Topik Terkait: Kalender Islam

  • Sejarah Kalender Hijriah dan Penetapan Muharam Sebagai Bulan Pertama
    Dunia Islam
    Jum'at, 21 Juli 2023 - 05:10 WIB
    Sejarah kalender Hijriah dan penetapan Muharam sebagai bulan pertama menarik untuk diketahui. Sudah menjadi tradisi, Tahun Baru Islam diperingati setiap 1 Muharam.
  • Doa Melihat Hilal Saat Menyambut Bulan Baru Kalender Hijriyah
    Muslimah
    Senin, 15 Maret 2021 - 06:47 WIB
    Penentuan awal bulan ini dapat dilakukan dengan aktivitas peneropongan terhadap posisi bulan sabit tersebut atau biasa disebut aktivitas rukyatul hilal. Ada doa yang dianjurkan untuk dibaca saat melihat hilal ini.
  • Kalender Islam Global Jadi Pembicaraan dalam Silaturahmi Idulfitri 1444 H PP Muhammadiyah
    Dunia Islam
    Senin, 01 Mei 2023 - 10:56 WIB
    Ketua PP Muhammadiyah, Syamsul Anwar, mengulik perihal Kalender Islam Global dalam acara Silaturahmi Idulfitri 1444 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
  • Membaca Ulang Hijrah Nabi sebagai Pijakan Permulaan Kalender Hijriah
    Hikmah
    Kamis, 20 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Umar bin Khattab menjadikan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad itu sebagai pijakan permulaan kalender hijriah yang pada hari Kamis 20 Agustus 2020 ini bertepatan dengan 1 Muharram 1442 H.
  • Kalender Jawa Islam: Perbedaan 1 Muharram dan 1 Suro
    Dunia Islam
    Jum'at, 29 Juli 2022 - 17:22 WIB
    Sejatinya, tidak ada perbedaan antara 1 Muharram dan 1 Suro. Sistem penanggalan Jawa dan Kalender Hijriah ini sama-sama mengacu pada Qamariah. Hanya tahunnya dan penamaan bulan saja yang berbeda.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Peradaban Islam Menurut John Louis Esposito
    Dunia Islam
    Selasa, 27 Desember 2022 - 14:17 WIB
    Secara politis, pemerintah-pemerintah Muslim menyadari keterbatasan mereka dan kemajuan banyak kerajaan dan kebudayaan yang ditaklukkan oleh tentara-tentara mereka.
  • Aturan Hukuman Potong Tangan Menurut Islam
    Tausyiah
    Selasa, 30 Januari 2024 - 16:01 WIB
    Aturan hukuman potong tangan bagi pencuri atau maling ada persyaratan dan ketentuannya. Hukum ini sendiri diatur dalam Al-Quran surat al-Midah ayat 38 sampai 39.
  • Imam Chirri: Pemeluk Islam Baru Lebih Beruntung ketimbang Sejak Lahir
    Hikmah
    Senin, 09 Oktober 2023 - 15:20 WIB
    Imam Mohammad Jawad Chirri mengatakan seorang yang baru memeluk agama Islam lebih beruntung daripada seorang yang sejak lahir telah menjadi Islam.
  • Kompleksitas Dunia Modern dan Solusi Islam
    Tausyiah
    Senin, 02 Januari 2023 - 13:43 WIB
    Kata Islaam disebutkan beberapa kali dalam Al-Quran. Satu di antaranya adalah sesungguhnya agama (yang diterima) di sisi Allah adalah Islaam.
  • Prof Haedar: Islam Agama Pencerahan yang Terangi Jiwa, Hati, dan Pikiran
    Tausyiah
    Senin, 27 April 2020 - 18:14 WIB
    Islam merupakan agama yang menyeluruh karena dia merupakan wahyu akhir zaman. Islam punya dan memiliki kandungan dan prinsip-prinsip akidah, ibadah, akhlak juga muamalah duniawi bahkan lebih dari itu.
  • Kisah Raden Fatah: Pendiri Kesultanan Islam Demak Kelahiran Palembang
    Dunia Islam
    Rabu, 19 Oktober 2022 - 11:32 WIB
    Raden Fatah atau Patah adalah raja pertama dan pendiri Kerajaan Islam Demak. Trah Majapahit ini lahir di Palembang yang menolak suksesi di wilayah Sumatra tersebut.
  • Derbent, Gerbang Masuknya Islam ke Rusia pada 642 Masehi (1)
    Hikmah
    Jum'at, 24 Januari 2020 - 21:27 WIB
    Paskaruntuhnya Uni Soviet pada akhir 1991 dan berdirinya Federasi Rusia, kehidupan beragama termasuk Islam telah berkembang dengan sangat cepat di negeri ini.
  • Kalender Islam 2021, Lengkap Selama Setahun Penuh
    Dunia Islam
    Rabu, 09 Juni 2021 - 10:55 WIB
    Pada Juni tahun ini bertepatan dengan bulan Syawal dan Zulkaidah 1442 H. Hari terakhir bulan Syawal atau tanggal 30 Syawal 1442 H jatuh pada Jumat, 11 Juni 2021.
  • John Louis Esposito: Islam Bukan Agama Baru
    Dunia Islam
    Rabu, 28 Desember 2022 - 14:42 WIB
    John Louis Esposito, mengatakan Muhammad tidak mengatakan bahwa ia membawa agama baru tetapi hanya memurnikan dan mengembalikan agama yang dibawa Nabi Ibrahim..
  • Syaikh Muhammad Abduh: Dinamakan Islam, Sebenarnya Bukan Islam
    Dunia Islam
    Senin, 29 Agustus 2022 - 17:43 WIB
    Sebagian besar yang kita saksikan sekarang, yang dinamakan Islam, sebenarnya bukan Islam. Hanya bentuknya saja yang masih dipelihara sebagai amalan-amalan Islam.
  • Sebelum Islam Ahlus Sunnah, Aliran Syiah Lebih Dahulu Masuk ke Nusantara
    Dunia Islam
    Rabu, 10 Agustus 2022 - 13:06 WIB
    Sebelum Islam Ahlus-Sunnah wal Jamaah atau Suni masuk ke Indonesia, aliran Syiah sudah terlebih dahulu masuk ke Asia Tenggara, termasuk Nusantara.
  • Kisah Abdullah Keekeebhai, Kepala Sekolah Islam yang Terkena Tuduhan Palsu Terorisme
    Dunia Islam
    Kamis, 04 April 2024 - 11:40 WIB
    Keekeebhai terpaksa mengundurkan diri dan diberi larangan sementara mengajar sementara dia diselidiki karena pelanggaran oleh regulator pengajaran Inggris.
  • Sejarah Kalender Hijriyah dan Arti 12 Bulan Islam
    Hikmah
    Kamis, 05 Maret 2020 - 18:06 WIB
    Kalender Hijriyah (H) disebut juga kalender Qomariyah karena penanggalannya berdasarkan peredaran bulan. Adapun 12 bulan dalam kalender Hijriyah mempunyai makna masing-masing.
  • Selamat Datang Dzulqadah, Bulan Larangan Berbuat Aniaya
    Hikmah
    Sabtu, 12 Juni 2021 - 12:02 WIB
    Selamat datang Dzulqaqah, Marhaban Yaa Asyhurul Hurum. Hari ini kita memasuki 1 Dzulqadah 1442 Hijriyah bertepatan Sabtu (12 Juni 2021). Berikut keutamaanya.
  • 10 Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Safar
    Hikmah
    Rabu, 31 Agustus 2022 - 21:50 WIB
    Meski tidak seagung bulan Muharram, banyak peristiwa bersejarah terjadi di bulan Safar. Safar berasal dari kata Shifr yang berarti kosong. Berikut 10 peristiwa penting di bulan Safar.