Topik Terkait: Syair Abu Nawas (halaman 16)

  • Dahsyatnya Fitnah Harta,...
    Hikmah
    Jum'at, 11 September 2020 - 17:31 WIB
    Tiap ummat ada fitnah (ujiannya) sendiri dan ujian ummatku adalah harta kekayaan. Demikian sabda Rasulullah SAW yang bersumber dari Ibnu Abbas RA.
  • Kisah Dusta? Ali bin...
    Hikmah
    Selasa, 02 Maret 2021 - 19:48 WIB
    Para sahabat di belakang Ali merinding ketakutan tetapi Ali gagah melangkah menebas kepala-kepala itu, dan akhirnya diapun mengambil air dari sumur anker tersebut.
  • Inilah Alasan Mengapa...
    Hikmah
    Jum'at, 13 Maret 2020 - 21:27 WIB
    Abu Hurairah radhiyallahu anhu (RA) adalah salah satu di antara sahabat Rasulullah SAW yang paling banyak meriwayatkan hadis. Berikut ulasannya.
  • 19 Mutiara Nasihat Abu...
    Tausyiah
    Selasa, 11 Juli 2023 - 15:01 WIB
    Mutiara nasihat Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu anhu ini bisa kita jadikan motivasi dan pelajaran untuk diri sendiri. Berikut 19 nasihat bijak Abu Bakar penuh hikmah dan inspiratif.
  • Khalifah Abdul Malik...
    Dunia Islam
    Selasa, 01 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Abdul Malik bin Marwan adalah khalifah dari Dinasti Umayyah yang berkuasa pada tahun 685 sampai 705. Pada masanyalah Ibnu Zubair, sucu Abu Bakar As-Shiddiq, sahid dengan kepada dipenggal.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Surat Al-Maun dan Hakikat...
    Tausyiah
    Senin, 28 Februari 2022 - 18:20 WIB
    Surat Al-Maun menjelaskan hakikat dan buah kepercayaan tentang hari akhir. Surat tersebut turun berkenaan dengan Abu Sufyan atau Abu Jahl, yang setiap minggu menyembelih seekor unta.
  • 3 Hak Anak yang Wajib...
    Tausyiah
    Senin, 10 Agustus 2020 - 17:30 WIB
    Islam adalah agama yang sempurna karena tidak hanya mengatur urusan ibadah (hablumminallah), tetapi juga mengatur hubungan manusia dengan sesama manusia (hablumminannas).
  • Ini Tokoh yang Makamnya...
    Hikmah
    Jum'at, 17 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Abu Ayyub pada saat ikut jihad ke Konstantinopel telah berusia lebih 80 tahun. Tetapi usia tidak menghalanginya untuk bergabung dengan tentara muslimin di bawah bendera Yazid bin Muawiyah.
  • Ilmu Fikih: Kisah Harun...
    Hikmah
    Selasa, 24 September 2024 - 17:21 WIB
    Khalifah Harun al-Rasyid meminta kepada Abu Yusuf untuk menulis baginya buku tentang al-kharaj (semacam sistem perpajakan) menurut hukum Islam (fiqih).
  • 600.000 Orang Tewas...
    Dunia Islam
    Rabu, 23 Maret 2022 - 18:43 WIB
    Abu Muslim berpesan: Bunuhlah setiap orang yang Anda curigai. Akibatnya, kurban pembunuhan yang dilakukan Abu Muslim dengan memenjarakannya hingga tewas mencapai lebih dari 600.000 jiwa.
  • 4 Sahabat Nabi yang...
    Hikmah
    Selasa, 15 Maret 2022 - 16:41 WIB
    Sahabat Nabi yang berdakwah dan wafat di luar Arab Saudi lumayan banyak. Paman Nabi, Saad bin Abi Waqqash diyakini wafat di Cina. Lalu, Abu Ayub Al-Ansyari sahid saat saat penaklukan Konstantinopel.
  • Sebelum Dipancung, Dua...
    Hikmah
    Minggu, 31 Mei 2020 - 09:25 WIB
    Pemuda 15 tahun, Muawwidz, menerjang pasukan musyrikin itu untuk dapat menebas Abu Jahal. Pedangnya sukses melukai paha Abu Jahal dengan sayatan yang dalam.
  • Kisah Pasukan Kristen...
    Hikmah
    Selasa, 11 Juni 2024 - 14:27 WIB
    Kabilah-kabilah Kristen pendukung Heraklius yang mengepung Abu Ubaidah di Hims ketakutan mendengar Khalifah Umar bin Khattab membawa pasukan besar dari Madinah .
  • Orang-Orang Kanibal,...
    Hikmah
    Rabu, 13 Mei 2020 - 03:44 WIB
    Abu Nawas bertanya, mengapa dirinya dipenjara? Orang badui, penjual bubur itu mengatakan: Kau akan kami sembelih dan akan kami jadikan campuran bubur haris.
  • Sepupu Umar Bin Khattab...
    Hikmah
    Selasa, 18 Januari 2022 - 11:16 WIB
    Sebelum masa kenabian Muhammad SAW, Zaid adalah guru spiritual Abu Bakar Ash-Shiddiq. Zaid dan beberapa orang Mekkah, termasuk Abu Bakar adalah orang yang menolak menyembah berhala.
  • Kisah Setan yang Mengajarkan...
    Hikmah
    Senin, 14 Oktober 2019 - 11:43 WIB
    Ada satu kisah menarik yang sarat hikmah dan bisa dijadikan amalan bagi yang ingin berlindung dari godaan dan kejahatan setan.
  • Zubaidah binti Abu Ja’far...
    Muslimah
    Kamis, 14 Desember 2023 - 10:20 WIB
    Zubaidah binti Abu Jafar al-Mansur, namanya memang tidak sepopuler suaminya yang seorang khalifah, yakni Khalifah Harun Al Rasyid. Namun perannya begitu berarti dibalik kesuksesan suaminya itu.
  • Kisah Sayyidah Aisyah...
    Tausyiah
    Rabu, 19 Oktober 2022 - 17:00 WIB
    Sayyidah Aisyah tercatat meluruskan sejumlah hadis yang disampaikan para sahabat. Salah satu yang dikoreksi tersebut adalah hadis yang disampaikan Umar bin Khattab dan Ibnu Umar
  • Seks dalam Islam, Abdul...
    Hikmah
    Kamis, 13 Oktober 2022 - 17:06 WIB
    Seks merupakan bagian dari kesenangan di dunia dan di akhirat. Seseorang dapat memperoleh pahala karena melakukan aktivitas seksual yang sesuai dengan batas-batas yang digariskan oleh agama.
  • Ide Gila Abu Nawas:...
    Hikmah
    Minggu, 25 Oktober 2020 - 06:30 WIB
    Gentong itu dibawanya ke hadapan hakim. Saat itu juga hakim yang biasanya sok sibuk, langsung tidak sibuk, dan punya waktu untuk membubuhi tanda tangan pada perjanjian Abu Mizan.