Topik Terkait: Tahun Baru 2016 (halaman 500)

  • Apa Hukum Bersin dan Mengucap Hamdalah Saat Salat?
    Tausiyah
    Kamis, 30 Mei 2019 - 10:01 WIB
    Mungkin banyak di antara kita yang pernah bersin lalu mengucap Alhamdulillah ketika salat. Bolehkah membaca doa ketika sedang salat, padahal doa itu tidak diajarkan Rasulullah?
  • Puasa Ramadhan Melahirkan Kesungguhan dalam Pengabdian
    Tausiyah
    Kamis, 30 Mei 2019 - 12:30 WIB
    Di malam-malam terakhir bulan Ramadhan, ujian itu semakin membesar. Kerap terjadi godaan dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang justru merugikan.
  • Nasaruddin Umar: Orang yang Mukhlas Tidak Bisa Digoda Iblis
    Tausiyah
    Jum'at, 31 Mei 2019 - 08:01 WIB
    Imam besar Masjid Istiqlal Prof KH Nasaruddin Umar mengupas hakikat keikhlasan saat memberi ceramah itikaf pada malam ke-25 Ramadhan 1440 Hijriyah di Masjid Istiqlal Jakarta (27/5/2019).
  • Puasa Ramadhan Itu Berserah Diri
    Tausiyah
    Jum'at, 31 Mei 2019 - 10:30 WIB
    Substansi dari keislaman itu adalah Al-istislam at-taam (berserah diri secara totalitas) kepada Allah SWT.
  • Kisah Khadijah Jatuh Cinta pada Rasulullah
    Hikmah
    Jum'at, 31 Mei 2019 - 16:55 WIB
    Syeikh Shafiyyur-Rahman Al-Mubarakfury menceritakan kisah pernikahan Nabi Muhammad SAW dengan Sayyidah Khadijah RA dalam Kitabnya Ar-Rahiqul Makhtum.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Perpecahan Agama Samawi, Islam Menjadi 73 Golongan
    Hikmah
    Sabtu, 01 Juni 2019 - 10:30 WIB
    Dalam Kitab An-Nashoihud Diniyah, Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad (1634-1720) menyebutkan, umat ini telah terpecah sejak dahulu kala sesuai jumlah yang telah disebutkan Nabi.
  • Makna Terbelenggunya Setan pada Bulan Ramadhan
    Tausiyah
    Sabtu, 01 Juni 2019 - 14:00 WIB
    Ada yang bertanya tentang apa maksud setan-setan dibelenggu pada bulan Ramadhan. Padahal di tengah masyarakat banyak ditemui orang-orang yang tidak berpuasa.
  • Puncak Spritual Tertinggi itu Ridha kepada Allah
    Tausiyah
    Minggu, 02 Juni 2019 - 03:35 WIB
    Imam besar Masjid Istiqlal Jakarta Prof DR KH Nasaruddin Umar MA menyampaikan tausiyah yang menggugah hati pada malam ke-27 itikaf Ramadhan, Sabtu dinihari (1/6/2019).
  • Idul Fitri, Waktunya Kembali ke Fitrah
    Tausiyah
    Rabu, 05 Juni 2019 - 07:01 WIB
    Tanggal 1 Syawal dalam kalender Hijriyah adalah hari yang dinanti umat muslim setelah sebulan penuh menjalankan kewajiban berpuasa.
  • Zakat Membersihkan Harta Orang Kaya
    Tausiyah
    Minggu, 02 Juni 2019 - 11:15 WIB
    Orang yang selalu mengeluarkan zakat akan mendapat pahala berlimpah dan berbagai manfaat duniawi. Zakat juga akan menyelamatkan seseorang dari berbagai bencana dan cobaan.
  • Nasihat Bijak Syeikh Ibnu Athaillah (Bagian 3)
    Tausiyah
    Senin, 03 Juni 2019 - 09:05 WIB
    Syeikh Ibnu Athaillah atau Syekh Ahmad ibnu Muhammad Ibnu Athaillah As-Sakandari adalah sosok ulama sufi terkemuka di dunia yang juga pengarang Kitab Al-Hikam.
  • Tata Cara Salat Idul Fitri dan Amalannya
    Tausiyah
    Senin, 03 Juni 2019 - 12:05 WIB
    Salat Idul Fitri adalah salat yang dilaksanakan pada tanggal 1 Syawal tahun Hijriah setelah berakhirnya bulan Ramadhan. Berikut tata caranya.
  • Ancaman Keras Bagi yang Tidak Membayar Zakat
    Tausiyah
    Senin, 03 Juni 2019 - 03:30 WIB
    Zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan setiap muslim. Dalam Alquran Al-Karim, Allah selalu menggabungkan antara salat dan zakat.
  • Hukum Ziarah Kubur Sebelum Ramadhan dan Idul Fitri
    Tausiyah
    Senin, 03 Juni 2019 - 02:02 WIB
    Umat Islam memiliki kebiasaan melakukan ziarah kubur sebelum Ramadhan dan menjelang Idul Fitri. Tak terkecuali di Indonesia ziarah kubur ini sudah menjadi tradisi.
  • Enam Cara Rasulullah Merayakan Idul Fitri
    Tausiyah
    Selasa, 04 Juni 2019 - 19:00 WIB
    Bagaimana Rasulullah SAW merayakan hari raya yang jatuh pada 1 Syawal itu? Apa saja yang dilakukan Rasulullah di hari kemenangan umat Islam itu?
  • Belajar Quran Selepas Ramadhan
    Hikmah
    Selasa, 23 Juli 2019 - 17:29 WIB
    Di antara ibadah yang banyak dilakukan dan secara umum frekuensinya meningkat di bulan Ramadhan adalah ibadah tilawah Al-Quran.
  • Keutamaan Bulan Dzulhijjah dan Amalan Berkurban
    Tausiyah
    Kamis, 01 Agustus 2019 - 14:31 WIB
    Bulan Dzulhijjah adalah bulan agung yang dimuliakan Allah. Dalam penanggalan Hijriyah (Qomariyah), nanti malam (malam Jumat) umat Islam mulai memasuki bulan mulia tersebut.
  • Bacaan Niat Puasa Sunnah Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah
    Tausiyah
    Jum'at, 02 Agustus 2019 - 15:24 WIB
    Lurusnya niat merupakan kesempurnaan sebuah ibadah, tak terkecuali saat menunaikan amalan saleh di bulan Dzulhijjah.
  • Haji Mabrur Balasannya Adalah Surga
    Tausiyah
    Senin, 05 Agustus 2019 - 09:06 WIB
    Kata haji itu sendiri sesungguhnya sangat unik. Arti lepasnya adalah melakukan safar atau perjalanan ke tempat yang jauh.
  • 3 Cara Memulai Ibadah Haji (Bagian 1)
    Tausiyah
    Selasa, 06 Agustus 2019 - 16:50 WIB
    Haji adalah ibadah yang mendasar dalam Islam, maka sudah pasti tuntunannya sangat detail dan jelas dari Rasulullah SAW.