Topik Terkait: Universitas Islam Madinah (halaman 92)

  • Soal Makanan Haram,...
    Tausyiah
    Rabu, 21 Oktober 2020 - 05:00 WIB
    Allah SWT memerintahkan orang-orang mukmin supaya suka makan yang baik dan supaya mereka suka menunaikan hak nikmat itu, yaitu dengan bersyukur kepada Zat yang memberi nikmat.
  • Ternyata Orang Eropa...
    Hikmah
    Kamis, 05 November 2020 - 23:05 WIB
    Budaya mandi menggunakan sabun dan sikat gigi (siwak) merupakan budaya bersih yang diajarkan Islam. Berkat ajaran Islam inilah orang Eropa baru mengenal budaya mandi.
  • Kisah Adik Bertaubat...
    Hikmah
    Sabtu, 29 Januari 2022 - 17:27 WIB
    Syekh Muhammad bin Abu Bakar Ushfury menceritakan kisah dua bersaudara yang menganut kepercayaan Majusi pada zaman Malik bin Dinar, ulama abad ke-2 Hijriyah.
  • Yerusalem dalam Pandangan...
    Dunia Islam
    Selasa, 17 Oktober 2023 - 06:50 WIB
    Cendekiawan muslim asal Trinidad dan Tobago, Syaikh Imran N Hosein membeberkan teori konspirasi Zionis atau rencana Yahudi atas dominasinya di Timur Tengah dan dunia.
  • Allah Mengharamkan Daging...
    Tausyiah
    Kamis, 27 Juni 2024 - 11:53 WIB
    Syaikh Al-Qardhawi menjelaskan naluri manusia yang baik sudah barang tentu tidak akan menyukai babi, karena makanan-makanan binatang itu yang kotor-kotor dan najis.
  • Ayat-ayat Al Quran Tentang...
    Muslimah
    Minggu, 06 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Ada ayat-ayat Al Quran tentang cinta dan jodoh yang bisa menjadi petunjuk dari Allah subhanahu wa taala. Jodoh, rezeki, dan kematian kita sendiri sudah termaktub dalam Lauh Mahfudz, bukan berarti kita tidak dapat memilih jodoh yang kita inginkan
  • Al-Qardhawi: Islam Tidak...
    Tausyiah
    Kamis, 04 Mei 2023 - 16:00 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan Islam tidak suka jika dakwahnya itu hanya semata-mata pemikiran (konsep) di kepala saja, atau impian di benak para dai.
  • Hukum Menjadikan Lukisan...
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Agustus 2023 - 13:06 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan menjadikan lukisan atau gambar sebagai sarana kemewahan, adalah terlarang dalam Islam. Hal ini sebagaimana pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW di rumahnya.
  • Hukum Mengonsumsi Binatang...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Juli 2024 - 19:13 WIB
    Makanan ahli kitab, termasuk binatang sembelihan mereka, adalah halal buat umat Islam. Hanya saja apa hukum binatang yang disembelih untuk gereja dan hari-hari besar mereka?
  • Kisah Korban Perang...
    Dunia Islam
    Rabu, 17 Mei 2023 - 14:37 WIB
    Orang Sudan berjuang meninggalkan negara mereka. Hanya saja tak sedikit di antara mereka yang terjebak karena paspornya tertahan di kedutaan besar Eropa yang tutup. Mahir Elfiel adalah salah satu korban itu.
  • Keutamaan Menafkahi...
    Muslimah
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 20:36 WIB
    Di sebagian kalangan masyarakat masih ada yang merendahkan status seorang janda. Bahkan dengan tanpa adab dan akhlak, sebagian masyarakat kerap melecehkan janda.
  • Perjanjian Sykes-Picot,...
    Dunia Islam
    Senin, 16 Oktober 2023 - 15:35 WIB
    Perjanjian Sykes-Picot pada perang Dunia ke 1, Inggris dan Perancis sepakat untuk membagi-bagi wilayah tersebut menjadi zona pengaruh mereka.. Inilah cikal bakal pecahnya negara-negara muslim, karena runtuhnya kekhalifahan Turki Ustmani.
  • Islam, Agama Tauhid...
    Muslimah
    Rabu, 12 Agustus 2020 - 06:05 WIB
    Islam membawa pengaruh yang luar biasa terhadap kedudukan perempuan. Dengan misi tauhidnya Islam mengajarkan bahwa semua manusia adalah setara di hadapan Tuhan.
  • Kisah Surat Thaha dan...
    Hikmah
    Minggu, 01 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Kisah Surat Thaha dan Umar Bin Khattab tak pernah bosan untuk diulas mengingat hikmah berharga yang terkandung di dalamnya. Sosok khalifah kedua ini memeluk Islam setelah membaca Surat Thaha.
  • 10 Peristiwa Penting...
    Dunia Islam
    Selasa, 22 Maret 2022 - 15:44 WIB
    Bulan Ramadhan dikenal dengan bulan yang penuh dengan keutamaan. Salah satunya, dibuktikan dengan banyak peristiwa penting yang turun pada bulan tersebut sehingga bulan Ramadhan disebut dengan bulan penuh kemuliaan.
  • Khotbah Jumat: Menghindari...
    Tausyiah
    Jum'at, 01 Maret 2024 - 11:29 WIB
    Berikut ini adalah naskah lengkap khotbah Jumat berjudul Menghindari Jahiliyah Gaya Baru yang dinukil dari laman resmi Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
  • Hadis-hadis Palsu yang...
    Tausiyah
    Rabu, 30 Oktober 2019 - 18:45 WIB
    Hadis (Arab: ) atau hadits adalah segala ucapan (sabda), pernyataan, perbuatan dan ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad SAW yang dijadikan hukum dalam agama Islam.
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Selasa, 06 Juni 2023 - 05:15 WIB
    Syaikh Yusuf Qardhawi mengatakan syariat Islam tidak mungkin diterapkan dengan penerapan yang sebenarnya kecuali oleh orang-orang yang beriman (percaya) terhadap kesuciannya.
  • Mualaf Yahudi Muhammad...
    Hikmah
    Kamis, 08 Desember 2022 - 16:29 WIB
    Mualaf Yahudi, Muhammad Asad yang sebelum masuk Islam bernama Leopold Weiss mengingatkan pentingnya kembali kepada al-Quran dan Hadis. Dia bicara banyak soal hadis Nabi.
  • Derajat Orang yang Paham...
    Tausyiah
    Selasa, 21 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Dalam sebuah hadis menunjukkan bahwa manusia yang paling tinggi derajatnya di sisi Allah dan rasul-Nya ialah orang-orang yang memahami dan mengerti, disusul dengan orang yang menghafal.