Topik Terkait: Hukum Memotong Kuku

  • Ingat! Hari ini Batas Waktu Memotong Kuku dan Rambut Bagi yang Berkurban
    Dunia Islam
    Senin, 19 Juni 2023 - 15:59 WIB
    Hari ini Senin 30 Zulkaidah atau 19 Juni 2023 adalah hari terakhir untuk memotong kuku atau bercukur rambut bagi yang berniat berkurban. Berikut dalilnya.
  • Jangan Lupa, Ini Hari-hari yang Baik Memotong Kuku
    Tips
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 10:07 WIB
    Memotong kuku adalah fitrah yang tidak bisa terlepaskan dari manusia. Lalu hari-hari apa saja yang baik untuk memotong kuku? Berikut penjelasaannya.
  • Larangan Memotong Kuku dan Rambut Bagi yang Berkurban, Mulai Kapan Dilaksanakan?
    Tausyiah
    Selasa, 20 Juni 2023 - 07:05 WIB
    Larangan memotong kuku dan rambut bagi orang yang akan berkurban disebutkan dalam beberapa Hadis shahih dengan redaksi yang berbeda-beda. Mulai kapan hal ini dilaksanakan?
  • Bagaimana Hukum Memotong Rambut Muslimah?
    Muslimah
    Sabtu, 26 September 2020 - 20:00 WIB
    Rambut dalam Islam adalah kemuliaan dan siapa saja yang dikarunia rambut yang indah oleh Allah SWT, maka ia harus menjaganya. Lantas bagaimana hukumnya, untuk memotong rambut kaum perempuan ini?
  • Cara Memotong Kuku Menurut Perspektif Fiqih Islam
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Oktober 2020 - 16:56 WIB
    Islam adalah agama yang sangat memperhatikan kebersihan baik zahir dan batin. Kebersihan merupakan sebagian dari keimanan sebagaimana dalam hadis Nabi.
  • Memotong Kuku dan Rambut Saat Haid, Bolehkah Dilakukan?
    Muslimah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 13:08 WIB
    Banyak pemahaman di kalangan masyarakat terutama kalangan muslimah, bahwa orang yang tengah haid dilarang memotong kuku dan rambut karena akan dipertanggungjawabkan di hari kiamat kelak. Benarkah demikian?
  • Hukum Menonton Konser dalam Islam
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Mei 2023 - 09:24 WIB
    Hukum menonton konser menjadi salah satu hukum yang perlu diketahui oleh umat Islam. Sebab dengan mengetahuinya, menjadikan seorang muslim tidak lagi salah mengartikannya.
  • Hukum Infak, Sedekah dan Zakat, Berikut Perbedaannya
    Tausyiah
    Selasa, 16 Februari 2021 - 17:48 WIB
    Zakat, infak dan sedekah sangat akrab di telinga kaum muslimin seolah sudah menjadi satu kesatuan. Banyak yang bertanya apakah ketiga istilah itu sama maknanya. Berikut penjelasannya.
  • Hukum Mendoakan Keburukan
    Muslimah
    Selasa, 15 Juni 2021 - 08:11 WIB
    Pada dasarnya Allah melarang kita untuk mendoakan keburukan untuk orang lain, terlebih kepada sesama muslim. Tetapi, khusus terhadap orang-orang yang didzalimi Allah membolehkannya. Kenapa demikian?
  • Amalan Sunnah Memotong Kuku dan Mencukur Bulu di Hari Jumat
    Muslimah
    Jum'at, 10 Juli 2020 - 10:25 WIB
    Para ulama fiqih sepakat, memotong kuku dan mencabut bulu (rambut di ketiak dan rambut di kemaluan) hukumnya sunnah bagi laki-laki dan perempuan
  • Memanjangkan dan Memelihara Kuku yang Indah,  Bolehkah?
    Muslimah
    Selasa, 14 Juli 2020 - 15:04 WIB
    Memiliki kuku panjang yang bersih, sehat dan cantik, tengah menjadi tren saat ini. Tak hanya dilakukan oleh kaum wanita saja, beberapa kaum pria pun juga sudah banyak yang memanjangkan dan memelihara kuku ini dengan berbagai alasan.
  • Hukum Merayakan Hari Valentine dalam Islam, Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 13 Februari 2023 - 15:52 WIB
    Hukum merayakan Hari Valentine bagi umat Islam adalah haram. Demikian kata Pengasuh LPD Al-Bahjah, Buya Yahya dalam kajiannya di media sosial dan Fatwa MUI.
  • Pendapat UAH Tentang Hukum Musik, Berikut Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 23 November 2021 - 14:23 WIB
    Ustaz Adi Hidayat (UAH) mempunyai pendapat tentang musik yang ramai diperbincangkan kaum muslimin. Benarkah musik itu haram? Mari kita simak keterangan UAH berikut.
  • Hukum Kurban Sapi Patungan 7 Orang Menurut 4 Mazhab
    Tausyiah
    Senin, 05 Juni 2023 - 21:09 WIB
    Dalam masyarakat kita, sudah menjadi hal yang umum dilakukan bila melaksanakan kurban dengan sapi boleh patungan untuk 7 orang. Bagaimana sebenarnya hukum dalam pandangan syariat?
  • Hukum, Syarat dan Keutamaan Aqiqah yang Perlu Dipahami Umat Muslim
    Tips
    Sabtu, 05 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Aqiqah atau akikah merupakan perayaan menyembelih kambing yang dilakukan sebagai bentuk dari rasa syukur karena bayi yang baru lahir. Hukum aqiqah menurut jumhur ulama adalah sunnah muakkadah
  • Hukum Wanita Haid Berwudhu Sebelum Tidur
    Muslimah
    Selasa, 05 Juli 2022 - 18:43 WIB
    Berwudhu sebelum tidur merupakan salah satu dari beberapa sunnah sebelum tidur yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Lantas bagaimana bagi perempuan yang tengah haid? Apakah dianjurkan untuk berwudhu juga?
  • Hukum Menyingkat Sholawat dengan SAW, Bolehkah?
    Tausyiah
    Senin, 17 Juli 2023 - 17:41 WIB
    Di antara kaum muslim mungkin pernah menyingkat Sholawat dengan SAW atau menulis huruf SWT di belakang nama Allah. Bagaimana hukumnya dalam syariat?
  • Inilah Hukum Sedekah Online dan Penjelasannya dari Hadis
    Tausyiah
    Senin, 11 April 2022 - 13:40 WIB
    Hampir seluruh kehidupan kita saat ini semuanya bisa dipenuhi dengan cara online. Mulai dari belajar, belanja, membayar berbagai keperluan, hingga bersedekah pun juga bisa lewat cara online.
  • Hukum Mengucapkan Selamat Natal bagi Umat Islam
    Tausyiah
    Senin, 18 Desember 2023 - 12:49 WIB
    Hukum mengucapkan Selamat Natal bagi umat Islam kerap menjadi topik hangat di bulan Desember ini. Hal tersebut selalu diperdebatkan setiap perayaan Natal tanggal 25 Desember.
  • Hukum Kurban Ayam di Hari Idul Adha Menurut Gus Baha
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 17:03 WIB
    Hukum kurban ayam pada hari Idul Adha menurut Gus Baha menarik untuk disimak. Lazimnya umat Islam berkurban dengan menyembelih kambing, kerbau atau sapi.