Kumpulan Artikel: Idries Shah (halaman 13)

  • Kisah Bijak Para Sufi: Berharga dan Tak Berharga
    Hikmah
    Sabtu, 27 Juni 2020 - 06:02 WIB
    Aku sudah pernah mendengar beberapa tipuan, tetapi baru kali ini ada orang yang menginginkan buah ceri membungkuk untuk meminta agar buah ini diberikan sebagai derma!
  • Kisah Bijak Para Sufi:  Waktu, Tempat, dan Orang
    Hikmah
    Jum'at, 26 Juni 2020 - 06:20 WIB
    Benturan antara para Sufi dan pelajar tampak jelas dalam teori bahwa pemikiran Sufi hanya bisa dipelajari dalam kesesuaian dengan prinsip-prinsip tertentu.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Raja Ingin Menjadi Dermawan
    Hikmah
    Kamis, 25 Juni 2020 - 06:39 WIB
    Kedermawanan tidak mungkin ada tanpa tiga hal. Pertama, memberi tanpa perasaan ingin menjadi dermawan kedua, kesabaran ketiga, tidak menaruh prasangka.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Nelayan dan Jin
    Hikmah
    Rabu, 24 Juni 2020 - 06:39 WIB
    Nelayan itu tahu bahwa botol itu bisa ia selidiki, dan mungkin akan mendatangkan keuntungan bagi dirinya. Kulit botol itu bercahaya dan jelas dikerjakan dengan sentuhan seni.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Roti dan Permata
    Hikmah
    Selasa, 23 Juni 2020 - 06:09 WIB
    Konon, ada seorang raja memutuskan untuk memberikan sebagian kekayaannya tanpa pamrih. Ia ingin pula mengetahui apa yang terjadi atas pemberiannya itu.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Teh dan Angan-Angan Minuman Surgawi
    Hikmah
    Senin, 22 Juni 2020 - 06:27 WIB
    Ketika kebenaran itu nyata, dan saat orang-orang telah mengecap teh, situasinya berbalik orang yang mengatakan hal-hal layaknya orang agung dan berpengetahuan ternyata tolol.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Orang Berjalan di Atas Air
    Hikmah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 06:44 WIB
    Selain terdapat dalam sastra populer masa kini di Timur, kisah ini juga ditemukan dalam naskah-naskah ajaran darwis, beberapa di antaranya merupakan naskah yang besar.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Semut dan Capung
    Hikmah
    Sabtu, 20 Juni 2020 - 06:10 WIB
    Seekor semut dengan rencana tersusun di pikirannya, sedang mencari-cari madu ketika seekor capung hinggap pada kuntum bunga itu dan menghisap madunya.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Membawa Sepatu
    Hikmah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 07:02 WIB
    Seorang bijaksana berseru: Sementara kalian berdua dan para pendengarmu terlena dalam perasaan puasmu, saling berceloteh tentang ibarat yang diandaikan, ada hal-hal nyata telah terjadi.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Emas Keberuntungan
    Hikmah
    Kamis, 18 Juni 2020 - 06:26 WIB
    Hantu itu pun jatuh ke tanah sebab dipukul oleh Abdul Malik dengan tongkat, dan berubah jadi emas. Abdul Malik mengambil bagiannya dan memberikan emas itu juga untuk tamunya.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Kandil Besi
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 10:19 WIB
    Kisah ini disampaikan di sebuah madrasah sufi, sebagai suatu latihan-pengembangan bagi para murid yang dianggap terlalu berpikir harafiah atau literal.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Penyusunan Tradisi
    Hikmah
    Senin, 15 Juni 2020 - 12:50 WIB
    Dalam ajaran kejiwaannya, para sufi menganggap penyampaian pengetahuan secara biasa niscaya rentan terhadap penyimpangan dan kekeliruan oleh sebab penyuntingan
  • Kisah Bijak Para Sufi: Saudagar dan Darwis Kristen
    Hikmah
    Minggu, 14 Juni 2020 - 06:15 WIB
    Rumi berkata: Lima puluh keping emasmu diterima. Tetapi, engkau telah kehilangan dua ratus, itulah sebabnya engkau kemari. Tuhan telah menghukummu.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Gerbang Surga
    Hikmah
    Sabtu, 13 Juni 2020 - 05:14 WIB
    Setelah berjaga terus selama waktu yang rasanya sudah seabad. Segera saja kelopak matanya menutup. Dan dalam saat yang sekejap itu gerbang pun terbuka.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Empat Harta Ajaib
    Hikmah
    Jum'at, 12 Juni 2020 - 13:37 WIB
    Para darwis itu menatap ke cermin untuk mencari sumber Air Kehidupan. Dengan meminum air itu, usia mereka bisa cukup panjang untuk digunakan demi kemanusiaan.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Warisan
    Hikmah
    Kamis, 11 Juni 2020 - 06:25 WIB
    Biarlah masyarakat mengambil bagi mereka bagian yang mereka inginkan, dan biarlah mereka memberikan bagian yang mereka inginkan kepada Arif Si Rendah Hati.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Namus Si Agas dan Gajah
    Hikmah
    Rabu, 10 Juni 2020 - 06:34 WIB
    Dalam kisah ini yang hendak ditekankan adalah kurangnya kesadaran manusia bahwa segala sesuatu dalam hidup ini memiliki arti penting yang relatif.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Orang yang Menyadari Kematian
    Hikmah
    Selasa, 09 Juni 2020 - 06:55 WIB
    Seperti yang sudah sering saya renungkan ketika berada di darat, dalam peristiwa biasa sehari-hari, pemisah antara kita dan maut bahkan lebih rapuh lagi.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Fatimah Si Pemintal dan Tenda
    Hikmah
    Senin, 08 Juni 2020 - 06:50 WIB
    Fatimah menyadari bahwa apa yang semula tampak sebagai pengalaman menyedihkan, ternyata merupakan bagian penting dari pencapaian kebahagian sejati dalam hidupnya.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Putri yang Tidak Patuh
    Hikmah
    Minggu, 07 Juni 2020 - 06:18 WIB
    Konon, ada seorang raja yang berpikir bahwa semua pengetahuan dan keyakinannya adalah benar tanpa salah. Dalam banyak hal ia menunjukkan dirinya adil.