Kumpulan Artikel: Idries Shah (halaman 12)

  • Kisah Bijak Para Sufi: Para Pelayan dan Rumah
    Hikmah
    Jum'at, 17 Juli 2020 - 07:08 WIB
    Kisah ini sering digunakan oleh Al-Hallaj, yang dihukum mati pada tahun 922 karena dituduh mengatakan Akulah Kebenaran. Hallaj meninggalkan sejumlah besar koleksi sajak mistik.
  • Kisah Sufi: Orang yang Hanya Melihat Hal yang Kelihatan
    Hikmah
    Kamis, 16 Juli 2020 - 06:52 WIB
    Seorang Pencari Kebenaran akhirnya menemukan seorang manusia yang tercerahkan, yang diberkahi kemampuan untuk memahami segala sesuatu, yang tidak dimiliki oleh semua orang.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Darwis dan Putri Raja
    Hikmah
    Rabu, 15 Juli 2020 - 06:06 WIB
    Dalam keadaan terpesona habis-habisan itu, Sang Darwis tidak berbuat apa pun selama tujuh tahun. Tidak lama kemudian setelah itu, Sang Darwis luntang-lantung di jalan.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Darwis dan Ahli Bahasa
    Hikmah
    Selasa, 14 Juli 2020 - 06:31 WIB
    Kalau hal itu jauh lebih penting daripada hal yang perlu, teriak darwis .itu, tentu kau sebaiknya tinggal saja di situ sampai aku telah belajar bicara dengan benar.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Timur Agha dan Bahasa Binatang
    Hikmah
    Senin, 13 Juli 2020 - 06:08 WIB
    Kisah seorang Turki bernama Timur Agha, yang mencari ke berbagai desa dan kota, dusun dan negeri, orang yang bisa mengajarinya bahasa binatang dan burung.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Kisah Bijak Para Sufi: Si Pengembara, Si Aneh, dan Si Hemat Waktu
    Hikmah
    Minggu, 12 Juli 2020 - 06:32 WIB
    Demikianlah, Si Aneh menjadi seorang pangeran kerajaan dan mengajarkan pengetahuannya kepada banyak orang terhormat yang berkumpul ingin mendengarnya.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Tiga Guru dan Penunggang Bagal
    Hikmah
    Sabtu, 11 Juli 2020 - 09:58 WIB
    Kisah ini, yang berasal dari Sufi Abdul Qadir Al Jilani (1077-1166), juga dianggap terilhami dari kehidupan Hasid Rabbi Elimelech (yang meninggal pada tahun 1809).
  • Kebijaksanaan yang Diperjualbelikan: Tiga Buah Nasihat Seratus Keping Uang Perak
    Hikmah
    Jum'at, 10 Juli 2020 - 06:27 WIB
    Kalau benar ini Cincin Sulaiman Yang Agung, Yang Terhormat itu, berilah aku, wahai Roh Cincin, sebuah akhir yang berguna bagi kesulitan-kesulitanku, harap Saiful Muluk.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Maruf Si Tukang Sepatu dengan Istri yang Jahat
    Hikmah
    Kamis, 09 Juli 2020 - 06:01 WIB
    Tak lama kemudian, ketika sedang berbaring di tempat tidur, Raja Maruf bangun dan kaget. Di sampingnya, tampak istri pertamanya, Fatima yang kejam, muncul di sana secara gaib.
  • Tiga Cincin Permata Pembuka Pintu Harta Karun
    Hikmah
    Rabu, 08 Juli 2020 - 06:29 WIB
    Kisah ini, yang oleh beberapa orang dianggap merujuk pada tiga agama: Yahudi, Kristen, dan Islam, muncul dalam bentuk yang agak berbeda dalam karya-karya Boccacio, Gesta Romanorum dan Decamerun.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Sifat Murid
    Hikmah
    Selasa, 07 Juli 2020 - 06:26 WIB
    Kisah ini menggarisbawahi secara dramatis perbedaan antara apa yang calon murid pikirkan tentang hubungan yang seharusnya dengan sang guru dan seperti apa pada kenyataannya.
  • Tapa Brata Malik Dinar dan Pencarian Sang Guru Tersembunyi
    Hikmah
    Senin, 06 Juli 2020 - 06:32 WIB
  • Cara Jitu Menjebak Anak-Anak  Serakah ke Jalan yang Benar
    Hikmah
    Minggu, 05 Juli 2020 - 06:46 WIB
    Guru, yang menghadapi ketidaksabaran dan keserakahan murid-murid, harus mengarahkan mereka kepada suatu kegiatan yang bisa bermanfaat dan konstruktif bagi mereka.
  • Gelandangan di Tempat Penjual Wangi-wangian
    Hikmah
    Sabtu, 04 Juli 2020 - 06:50 WIB
    Akhirnya, seorang bekas gelandangan datang, dan mengetahui keadaan itu. Ia menyodorkan sesuatu yang kotor di lubang hidung orang itu dan segera saja ia siuman.
  • Air Surga dari Orang Badui untuk Baginda Harun Al-Rasyid
    Hikmah
    Jum'at, 03 Juli 2020 - 06:17 WIB
    Harun Sang Terus-terang mencicipi air itu dan, karena ia memahami rakyatnya, ia menyuruh penjaga membawa Harith pergi dan mengurungnya sampai ia mengambil keputusan.
  • Sebuah Misteri, Mencari Makna Merak dan Ular
    Hikmah
    Kamis, 02 Juli 2020 - 06:20 WIB
    Kisah ini, yang melegenda, menunjukkan bagaimana guru-guru darwis membentuk aliran-aliran-nya berdasarkan berbagai lambang, yang dipilih sebagai contoh dalam ajaran-ajarannya.
  • Jalan Gunung: Ahli Logika Cenderung Buram Matanya, Benarkah?
    Hikmah
    Rabu, 01 Juli 2020 - 06:15 WIB
    Seorang bijaksana berkata, Harus diakui, para ahli logika cenderung buram matanya, dan mesti meminta orang lain membantunya. Tetapi, soal yang terjadi kali ini adalah sebaliknya.
  • Tiga Nasihat Berharga dari Burung yang Tertangkap
    Hikmah
    Selasa, 30 Juni 2020 - 06:17 WIB
    Kisah ini dianggap sangat penting untuk membuat peka pikiran murid, menyiapkannya menghadapi pengalaman yang tak bisa diraih dengan cara-cara biasa.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Bendungan
    Hikmah
    Senin, 29 Juni 2020 - 05:55 WIB
    Cerita ini menggambarkan asal-usul pelik dari ajaran-ajaran Sufi, tetapi tampaknya datang dari tempat lain, sebab pikiran manusia tak dapat merasakan sumber yang sejati.
  • Kisah-Kisah Sufi Idries Shah: Tiga Orang Darwis
    Hikmah
    Minggu, 28 Juni 2020 - 11:37 WIB
    Mereka melakukan latihan bersama, mengharap agar ketiga kekuatan yang digabung akan cukup kuat untuk mendatangkan Kebenaran, yang mereka sebut Kebenaran Dalam.