Topik Terkait: Hukum Harta Temuan (halaman 29)

  • Hukum Maulid Nabi Menurut...
    Tips
    Jum'at, 13 September 2024 - 13:38 WIB
    Hukum Maulid Nabi menurut 4 Mazhab adalah bidah, yakni bidah hasanah sehingga dibolehkan. Hanya saja, sebagian ulama mazhab Maliki menghukuminya tidak boleh, sebab termasuk bidah.
  • Dua Pendapat soal Hukum...
    Hikmah
    Selasa, 20 Juni 2023 - 13:36 WIB
    Para ulama berbeda pendapat terkait hukum non-muslim memasuki Masjidilharam. Dalam hal ini setidaknya ada dua pendapat. Pertama melarang. Pendapat kedua, membolehkan.
  • Ada Tidaknya Mahram...
    Muslimah
    Kamis, 06 Agustus 2020 - 12:52 WIB
    Bentuk safar yang ketiga adalah Safar Wajib. Contoh dari safar wajib ini seperti melakukan perjalanan untuk melaksanakan ibadah haji , menolong orang sakit, dan berbakti kepada orang tua
  • Hukum Menjual dan Memindahkan...
    Tausyiah
    Kamis, 12 Oktober 2023 - 22:12 WIB
    Bagaimana hukum menjual atau memindahkan tanah waqaf ke tempat lain? Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan dalam satu kajiannya.
  • Kurban Seekor Kambing...
    Tausyiah
    Rabu, 12 Juni 2024 - 09:29 WIB
    Satu kurban berupa kambing cukup untuk seorang dan ahli baitnya (keluarganya) dan kaum muslimin yang ia kehendaki, baik masih hidup atau pun sudah wafat.
  • Menggugurkan Kandungan...
    Tausyiah
    Senin, 19 Agustus 2024 - 15:33 WIB
    Islam membolehkan seorang muslim untuk mencegah kehamilan karena suatu alasan yang mengharuskan, namun di balik itu Islam tidak membenarkan menggugurkan kandungan apabila sudah ujud.
  • Batalkah Sikat Gigi...
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 04:05 WIB
    Batalkah sikat gigi saat puasa? Pertanyaan semacam ini sering menjadi perdebatan di kalangan umat Muslim, terlebih ketika memasuki bulan Ramadan.
  • Hukum Transplantasi...
    Tausyiah
    Sabtu, 27 Juli 2024 - 17:05 WIB
    Seandainya tidak ada perintah rinci dari hadis tentang keharusan berobat, maka prinsip- prinsip pokok yang diangkat dari Al-Quran dan hadis cukup untuk dijadikan dasar dalam upaya kesehatan dan pengobatan.
  • 7 Cara Berhias yang...
    Muslimah
    Selasa, 04 Januari 2022 - 07:44 WIB
    Ada banyak jenis cara berhias untuk mempercantik diri kaum muslimah. Namun, Islam memberi rambu-rambu agar dandanan atau perhiasan yang dipakai muslimah tidak berdampak pada murkanya Allah
  • Berkurban dengan Hewan...
    Tausyiah
    Kamis, 01 Juni 2023 - 22:57 WIB
    Pertanyaan ini selalu muncul jelang Hari Raya kurban Idul Adha. Apakah boleh berkurban dengan hewan (sapi dan kambing) berjenis kelamin betina? Berikut penjelasannya.
  • Menjauhkan Diri dari...
    Muslimah
    Rabu, 26 Mei 2021 - 08:58 WIB
    Lisan adalah anggota tubuh yang tak bertulang, namun ia memiliki dampak yang sangat besar bagi manusia. Ia dapat menjadikan seseorang terhormat dan dicintai, namun juga dapat menjadikannya hina dan dibenci.
  • Hukum Bayar Zakat Fitrah...
    Tips
    Selasa, 26 April 2022 - 17:15 WIB
    Ketika membayar zakat baik zakat fitrah maupun zakat mal, biasanya kita perlu melakukan doa sebagai tanda terima dari zakat yang telah kita berikan. Lantas bagaimana dengan hukum zakat online?
  • Berdebat dalam Al-Quran...
    Hikmah
    Senin, 22 Januari 2024 - 10:49 WIB
    Sebuah perbedaan merupakan salah satu ketetapan Allah yang menjadikan kehidupan di dunia ini semakin beragam. Perbedaan pendapat, keyakinan, dan perilaku manusia merupakan sebuah keniscayaan.
  • Hukum Melepas Alas Kaki...
    Tips
    Kamis, 10 Juni 2021 - 11:48 WIB
    Seringkali ada adab yang terlupa ketika berziarah kubur ini, salah satunya yakni melepas alas kaki ketika di kuburan. Bagaimana sebenarnya hukum melepas alas kaki di kuburan ini?
  • Surat Al Kahfi Ayat...
    Tausyiah
    Kamis, 30 September 2021 - 21:30 WIB
    Dalam surat ini dikisahkan tentang dua orang lelaki yang bersahabat. Yang satu beriman dan satunya ingkar. Yang satu diuji dengan harta yang melimpah yang satu dengan kekurangan.
  • Tawassul : Pengertian,...
    Hikmah
    Kamis, 18 Januari 2024 - 19:51 WIB
    Tawasul dalam masyarakat Indonesia dikenal sebagai bacaan yang dilantunkan sebelum bacaan tahlil dimulai. Membuat bacaan ini seakan menjadi pembuka dari rangkaian tahlil.
  • Ini Waktu-Waktu yang...
    Tausyiah
    Senin, 08 November 2021 - 10:23 WIB
    Dalam Al-Quran Surat an-Nisa ayat 103, Allah berfirman supaya umat Islam mendirikan sholat, baik yang fardhu maupun yang sunnah, pada waktu-waktu yang telah ditetapkan
  • Hindari Memajang Gambar...
    Muslimah
    Senin, 24 Oktober 2022 - 10:13 WIB
    Islam sangat detil mengatur perilaku kehidupan penganurnya. Allah Subhanahu wa Taala telah menegaskan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh. Dalam hal ini adalah tentang menggambar dan membuat patung jasad utuh.
  • Gus Baha Jelaskan Khilafiyah...
    Tausyiah
    Senin, 20 September 2021 - 21:57 WIB
    Ramai polemik tentang pelemik hukum musik dalam Islam membuat sejumlah ulama di Tanah Air angkat bicara. Berikut penjelasan Ulama Al-Quran dan Tafsir Gus Baha.
  • Sedekah Ekstrim, Sedekah...
    Tips
    Rabu, 18 Agustus 2021 - 17:05 WIB
    Sedekah ekstrim atau sedekah dengan harta terbaik yang kita miliki dengan keyakinan akan mendapat balasan langsung yang ekstrem pula, telah dijanjikan Allah dalam Al Quran.