Topik Terkait: Keluarga Adalah Ujian

  • Zina adalah Utang, Benarkah Demikian?
    Tips
    Selasa, 23 November 2021 - 15:44 WIB
    Imam Asy Syafii rahimahullah pernah ditanya mengapa hukum bagi pezina sedemikian beratnya? Beliau menjawab, Karena, zina adalah dosa yang bala akibatnya mengenai semesta keluarganya, tetangganya, keturunannya hingga tikus di rumahnya dan semut di liangnya.
  • Sejatinya, Anak Adalah Tabungan di Akhirat
    Muslimah
    Sabtu, 26 Juni 2021 - 18:31 WIB
    Anak itu sejatinya adalah tabungan akhirat bagi orang tuanya. Sebab, anak adalah tanggungjawab orang tua yang langsung diamanahkan oleh Sang Pemberi amanah, yakni Allah Subhanahu wa Taala.
  • Keindahan Dunia yang Bisa Mendatangkan Ujian Hidup
    Hikmah
    Senin, 06 November 2023 - 08:11 WIB
    Ada keindahan dunia yang sangat disukai manusia, padahal keindahan itulah yang bisa menjadi ujian hidup bagi seorang hamba. Apa saja keindahan dunia tersebut?
  • Perlunya Mengerti Hakikat Ujian dan Kesabaran
    Muslimah
    Selasa, 30 Juni 2020 - 21:47 WIB
    Dalam perjalanan rumah tangga kehidupan setiap orang penuh dengan ujian. Bahkan, berbagai ujian itu kadang dirasakan datang terus menerus tiada henti.
  • Belajar dari Kemuliaan Keluarga Imran
    Muslimah
    Sabtu, 17 April 2021 - 06:15 WIB
    Keluarga adalah madrasah iman yang paling utama. Ada sebuah potret istimewa sebuah keluarga yang dicantumkan dalam Al-Quran, yakni keluarga Imran. Apa keistimewaan keluarga ini?
  • Benarkan Orang Kafir Bebas Ujian di Dalam Kubur?
    Tausyiah
    Senin, 22 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Imam Tirmidzi, Ibn Abdil Barr, dan Imam Suyuthi berpendapat hanya orang beriman saja yang diuji di dalam kubur, sedangkan orang kafir lepas dari ujian.
  • Doa Memohon Menjadi Keluarga Samawa
    Tips
    Jum'at, 24 November 2023 - 18:59 WIB
    Ada sebuah doa agar memiliki keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah (Samawa). Doa ini baik sekali dibaca setiap hari, bahkan dalam berbagai kesempatan.
  • Meneladani Ibrahim (4): Ujian Terbesar Kehidupan Adalah Pengorbanan
    Tausyiah
    Minggu, 25 Juni 2023 - 17:36 WIB
    Setelah settle atau menetap di negeri yang penuh barokah, Jerusalem, dan dengan proses panjang, datanglah ujian besar kepada Nabi Ibrahim. Ujian terbesar itu adalah pengorbanan.
  • Beragam Ujian dari Allah : Diberi Kesusahan, Keburukan bahkan Kebaikan
    Hikmah
    Minggu, 07 Mei 2023 - 19:20 WIB
    Ketentuan ujian dari Allah Subhanahu wa taala tidak hanya berupa kesusahan dan keburukan saja. Ujian juga bisa berupa kebaikan.
  • Ketika Ditimpa Musibah, Ujian atau Hukuman?
    Muslimah
    Jum'at, 25 Juni 2021 - 09:49 WIB
    Bila seseorang mendapatkan musibah, pasti ada pertanyaan yang menyelinap di dalam hati. Apakah musibah yanh menimpa tersebut adalah ujian atau hukuman bagi seseorang tersebut? Hal ini juga dipertanyakan kepada diri kita sendiri.
  • Puasa Adalah Perisai dari 3 Perkara Ini!
    Tips
    Senin, 03 Mei 2021 - 09:52 WIB
    Seorang muslim memerlukan perisai untuk berlindung dari sebuah bahaya. Dalam Islam, ibadah puasa ternyata adalah perisai yang akan melindungi seorang hamba dari api neraka di akhirat kelak.
  • Doa untuk Keharmonisan Keluarga yang Tercantum Dalam Al-Quran
    Muslimah
    Sabtu, 13 Maret 2021 - 07:57 WIB
    Setiap pasangan rumah tangga muslim, pasti menginginkan membangun keluarga yang sakinah, mawadah dan rahmah (samawa). Sehingga rumah tangganya harmonis dan mendapat keridhaan Allah Subhanahu wa taala.
  • Berikut Dalil Hukum Kurban Adalah Sunnah Muakkad bagi yang Mampu
    Tausyiah
    Selasa, 20 Juli 2021 - 04:33 WIB
    Salah satu pendapat yang menonjol adalah sunnah atau sunnah muakkad bagi yang mampu. Maknanya bukan wajib bagi yang mampu. Mereka yang berpendapat demikian berpijak pada beberapa hadis.
  • 7 Kriteria  Keluarga Samawa, Ada Pembagian Tugas Sesuai Syariat
    Muslimah
    Minggu, 04 Juni 2023 - 16:30 WIB
    Mendambakan rumah tangga yang sakinah mawaddah dan rahmah (samawa) yang penuh ketentraman, berkasih sayang dan dirahmati Allah Taala, pasti keinginan semua orang.
  • Mengapa Manusia Diberi Ujian Hidup? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Kamis, 20 Juli 2023 - 13:29 WIB
    Setiap manusia akan diberi ujian masing-masing dalam menjalani kehidupan dunia sesuai ketetapan Allah Subhanahu wa taala. Ujian manusia ini diberikan lantaran kasih sayang Allah amat besar untuk mengetahui siapa yang imannya benar dan tidak.
  • Pakaian adalah Nikmat Terbesar Kaum Muslimah, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Selasa, 17 Mei 2022 - 15:09 WIB
    Pakaian atau busana adalah nikmat terbesar yang Allah Subhanahu wa taala berikan kepada kaum muslimah. Apa maksudnya? Dan bagaimana penjelasannya tentang hal tersebut?
  • Khutbah Idul Adha Masa Pandemi: Membangun Keluarga Harmonis
    Tausyiah
    Sabtu, 17 Juli 2021 - 18:53 WIB
    Naskah khutbah pendek ini bertujuan membantu para khatib menyesuaikan durasi khutbah lebih adaptif dengan standar prokotol kesehatan di masa pandemi.
  • Kasih Sayang dalam Keluarga, Rasakan Efek Dahsyatnya
    Muslimah
    Sabtu, 19 Maret 2022 - 05:03 WIB
    Dalam rumah tangga harus ada kasih sayang dari Qolbu di antara suami dan istri. Aktivitas keduanya selalu bernilai ibadah dan difokuskan untuk menjalankan syariat Allah Taala.
  • Hukum Suami Lebih Mementingkan Keluarga daripada Istrinya
    Tausyiah
    Minggu, 26 Desember 2021 - 19:01 WIB
    Hukum suami lebih mementingkan keluarganya daripada istrinya terus menjadi perbincangan. Para Ulama sepakat tentang kewajiban menafkahi kedua orangtua yang miskin.
  • Pentingnya Membentengi Keluarga dari Api Neraka, Begini Penjelasan Al Quran
    Hikmah
    Rabu, 07 Juni 2023 - 14:51 WIB
    Al Quran mengingatkan bahwa tugas kepala keluarga harus bertakwa sehingga dia bisa menjaga keluarganya dari seluruh perkara yang bisa menghantarkan menuju neraka.