Topik Terkait: Universitas Islam Madinah (halaman 130)

  • Nurcholish Madjid: Puasa...
    Tausyiah
    Minggu, 10 April 2022 - 19:05 WIB
    Nurcholish Madjid mengatakan dari berbagai ibadah dalam Islam, puasa di bulan Ramadhan barangkali merupakan ibadah wajib yang paling mendalam bekasnya pada jiwa seorang Muslim.
  • Bolehkah Memilih-milih...
    Tausyiah
    Rabu, 27 September 2023 - 10:16 WIB
    Dalam Islam, seorang muslim dianjurkan selektif dalam memilih teman. Kenapa demikian? karena teman itu layaknya cermin, jika ingin mengetahui dirinya sendiri, maka lihatlah dengan siapa kita berteman.
  • Hukum Menggambar Pemimpin...
    Tausyiah
    Kamis, 25 Juli 2024 - 15:27 WIB
    Setiap muslim tidak halal melukis atau menggambar pemimpin-pemimpin yang anti-Tuhan, atau pemimpin yang menyekutukan Allah dengan sapi, api atau lainnya
  • Hukum Umrah bareng Pacar...
    Tausyiah
    Kamis, 23 Mei 2024 - 12:01 WIB
    Hukum umrah bareng pacar kini sedang banyak ditanyakan oleh umat muslim di Indonesia. Bagaimana sebenarnya hukum Islam terkait ibadah umrah dengan orang yang bukan mahram ini?
  • Dari Banyak Rezeki Ternyata...
    Tausyiah
    Selasa, 08 September 2020 - 17:49 WIB
    Banyak di antara manusia lupa hakikat rezeki yang sesungguhnya. Rasulullah SAW pun mengingatkan hal ini dalam salah satu hadisnya yang mahsyur berikut.
  • Jadwal Salat untuk Wilayah...
    Tips
    Minggu, 28 Mei 2023 - 06:28 WIB
    Bagi umat Islam yang tinggal di Kota Surabaya dan sekitarnya, berikut ini adalah jadwal salat untuk Ahad tanggal 28 Mei 2023 khusus wilayah tersebut. Jadwal salat ini bersumber dari Bimas Islam Kementerian Agama.
  • Pengertian Ibadah Menurut...
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Desember 2023 - 20:48 WIB
    Ibadah merupakan perkara yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan umat Islam. Berikut pengertian ibadah menurut Islam beserta contohnya.
  • Abu Bakar Ashi-Shiddiq...
    Hikmah
    Senin, 02 Oktober 2023 - 16:00 WIB
    Abu Bakar Ashi-Shiddiq menyadari benar bahwa dasar Islam adalah kedaulatan sejagat. Seruannya tidak terbatas hanya pada golongan Arab, tetapi ajakan kepada kebenaran itu ditujukan kepada seluruh umat manusia.
  • 5 Keutamaan Sujud dalam...
    Tips
    Senin, 15 Agustus 2022 - 11:44 WIB
    Gerakan sujud menjadi simbol ketundukan dan kepasrahan seorang muslim kepada Allah. Sujud seorang hamba pada Tuhannya adalah amal yang paling luar biasa dan semulia-mulia pengabdian yang dilakukan makhluk terhadap Khaliknya.
  • Eropa Menjelajahi Samudra...
    Dunia Islam
    Rabu, 04 September 2024 - 05:49 WIB
    Perkembangan ilmu pelayaran yang dikuasai Portugal dan Spanyol tidak dapat dilepaskan dari buku-buku ilmu pengetahuan dari Islam yang dikembangkan pada masa Kekhalifahan Abbasiyah.
  • Orang yang Dibenci dan...
    Tausiyah
    Jum'at, 27 Desember 2019 - 16:55 WIB
    Banyak hadis Nabi menjelaskan tentang amalan yang paling dicintai Allah Taala. Lalu, siapa sebenarnya orang yang dicintai dan dibenci Allah Taala.
  • Bagaimana Islam Mengatur...
    Muslimah
    Kamis, 02 Juli 2020 - 12:40 WIB
    Rumah tangga yang baik akan bisa memberikan kontribusi yang positif baik lingkungan. Sebab itu, pribadi-pribadi yang terhimpun dalam sebuah rumah tangga harus memiliki karakter ilahiah.
  • Buya Yahya: Jangan Salah...
    Tausyiah
    Senin, 07 Juni 2021 - 10:15 WIB
    Umat Islam sering dibuat bingung dan banyak yang salah kaprah memaknai istilah Al-Wala Wal-Baro. Lalu, siapa musuh Islam yang sebenarnya? Simak penjelasan Buya Yahya berikut.
  • Pahala Besar Mendidik...
    Muslimah
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 12:31 WIB
    Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam menekankan dan mengingatkan ada pahala yang besar yang akan didapat saat mendidik anak perempuan
  • Salah Satu Makna Khusus...
    Hikmah
    Senin, 12 Agustus 2024 - 05:15 WIB
    Perang Salib mempunyai makna khusus, salah satunya bahwa musuh Perang Salib tidak hanya Islam. Pada penjelasan inilah keunikan Perang Salib. Yerusalem adalah tujuan dan misi utama Kepausan di Roma.
  • Imam Mahdi Akan Muncul...
    Hikmah
    Selasa, 01 November 2022 - 23:26 WIB
    Tersebut dalam Hadis bahwa kemunculan Imam Mahdi merupakan salah satu tanda dekatnya Hari Kiamat. Namun, kapan dan dari mana munculnya menjadi hal yang sering dibincangkan.
  • Hindari Memajang Gambar...
    Muslimah
    Senin, 24 Oktober 2022 - 10:13 WIB
    Islam sangat detil mengatur perilaku kehidupan penganurnya. Allah Subhanahu wa Taala telah menegaskan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh. Dalam hal ini adalah tentang menggambar dan membuat patung jasad utuh.
  • Ketika Zionisme Melabeli...
    Dunia Islam
    Minggu, 05 Mei 2024 - 05:50 WIB
    Ketika rakyat Palestina meningkatkan perlawanan mereka terhadap penjajahan Yahudi dari tahun ke tahun, dan dekade demi dekade, Zionisme mulai melawan mereka dengan melabeli mereka sebagai anti-Semit.
  • Pengaruh Mansa Musa...
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Desember 2022 - 18:52 WIB
    Kisah Mansa Musa orang terkaya sepanjang masa bertalian dengan penyebaran Islam di Afrika Barat. Di wilayah ini dianggap identik dengan kemajuan. Lalu, bagaimana sejatinya penyebaran Islam di Afrika Barat pada waktu itu?
  • Kenapa Orang yang Marah...
    Hikmah
    Rabu, 04 Maret 2020 - 08:30 WIB
    Salah satu senjata setan untuk membinasakan manusia adalah marah. Apabila seseorang marah maka dianjurkan untuk duduk atau berbaring.&nbsp