Kumpulan Artikel: Hikmah (halaman 45)

  • Kisah Bijak Para Sufi: Teh dan Angan-Angan Minuman Surgawi
    Hikmah
    Senin, 22 Juni 2020 - 06:27 WIB
    Ketika kebenaran itu nyata, dan saat orang-orang telah mengecap teh, situasinya berbalik orang yang mengatakan hal-hal layaknya orang agung dan berpengetahuan ternyata tolol.
  • Soal Berburu, Jangan Anggap Remeh Abu Nawas
    Hikmah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 08:59 WIB
    Si Jahil ini tiba-tiba melontarkan ide kepada Baginda Raja. Ia mengusulkan kapada Baginda, agar acara berburu menjadi seru, bagaimana bila ada semacam lomba.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Orang Berjalan di Atas Air
    Hikmah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 06:44 WIB
    Selain terdapat dalam sastra populer masa kini di Timur, kisah ini juga ditemukan dalam naskah-naskah ajaran darwis, beberapa di antaranya merupakan naskah yang besar.
  • Akal-Akalan Abu Nawas Menjebak Pencuri Profesional
    Hikmah
    Sabtu, 20 Juni 2020 - 10:57 WIB
    Keesokan harinya, semua warga berkumpul dan mengembalikan tongkat kepada Abu Nawas. Pada saat menerima tongkat dari pencuri, Abu Nawas langsung menangkapnya.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Semut dan Capung
    Hikmah
    Sabtu, 20 Juni 2020 - 06:10 WIB
    Seekor semut dengan rencana tersusun di pikirannya, sedang mencari-cari madu ketika seekor capung hinggap pada kuntum bunga itu dan menghisap madunya.
  • Sampaikan Cita-Cita Tinggi di Kaki Kabah, Semua Terkabul
    Hikmah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 17:49 WIB
    Keempat remaja, Abdullah bin Zubair, Musab bin Zubair, Urwah bin Zubair, dan Abdul Malik bin Marwan menyampaikan cita-citanya di kaki Kabah. Semua cita-cita itu terkabul.
  • Saking Cintanya pada Rasulullah, Anak Ini Rela Menempuh Madinah Seminggu
    Hikmah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 17:17 WIB
    Kisah ini terjadi pada zaman al-Imam Wajhuddin Abdurrahman bin Ali bin Muhammad al-Syaibani al-Yamani al-Zabidi as-Syafii, seorang ulama sekaligus pengarang Qasidah ad-Dibae.
  • Nenek Mau Tunjukkan Makam Nabi Yusuf Asal Masuk Surga
    Hikmah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 15:54 WIB
    Ini kisah seorang perempuan tua yang mendapatkan peluang emas. Dia memanfaatkannya bukan untuk mendapatkan harta dan benda dunia, tetapi untuk meraih di surga.
  • Tagih Zakat, Abu Nawas Ajak Baginda Menjadi Pengemis
    Hikmah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 07:20 WIB
    Pada mulanya, Baginda Raja agak kaget dengan ide Abu Nawas. Karena ada rasa keinginan kuat untuk menyadarkan Tuan Kabul, akhirnya rajapun bersedia menyamar menjadi pengemis..
  • Kisah Bijak Para Sufi: Membawa Sepatu
    Hikmah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 07:02 WIB
    Seorang bijaksana berseru: Sementara kalian berdua dan para pendengarmu terlena dalam perasaan puasmu, saling berceloteh tentang ibarat yang diandaikan, ada hal-hal nyata telah terjadi.
  • Urusan Pusar ke Bawah Sampai Cara Membagi Telur Gaya Abu Nawas
    Hikmah
    Kamis, 18 Juni 2020 - 07:11 WIB
    Abu Nawas ingin membuat hal yang berkesan bagi Baginda Raja. Si Cerdik ini duduk di pinggir jalan depan rumahnya. Raja tersenyum melihat tingkah Abu Nawas.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Emas Keberuntungan
    Hikmah
    Kamis, 18 Juni 2020 - 06:26 WIB
    Hantu itu pun jatuh ke tanah sebab dipukul oleh Abdul Malik dengan tongkat, dan berubah jadi emas. Abdul Malik mengambil bagiannya dan memberikan emas itu juga untuk tamunya.
  • Hikayat Mistis: Bunglon dan Kelelawar
    Hikmah
    Rabu, 17 Juni 2020 - 15:17 WIB
    Para kelelawar itu tidak tahu betapa murah hati tindakan mereka terhadap bunglon itu, dan betapa mereka telah berbuat keliru, karena mereka justru memberinya kesenangan.
  • Cinta Kepada Allah (2): Menampak Allah Puncak Kebahagiaan Manusia
    Tausyiah
    Rabu, 17 Juni 2020 - 10:53 WIB
    Tuhan itu satu, menurut Imam Ghazali, tetapi Ia akan terlihat dalam banyak cara yang berbeda, persis sebagaimana suatu obyek tercerminkan dalam berbagai cara oleh berbagai cermin.
  • Sorban Kotor Abu Nawas yang Mendadak Menjadi Harum
    Hikmah
    Rabu, 17 Juni 2020 - 06:13 WIB
    Baginda Raja akhirnya mengetahui bahwa huru-hara tersebut bukan datang dari musuh, namun dari dalam istana sendiri yang diotaki oleh para menterinya.
  • Maaf Rasulullah: Hidangan Susu untuk Calon Pembunuh
    Tausyiah
    Rabu, 17 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Para sahabat kaget dengan pertanyaan Nabi. Umar yang sejak tadi menunggu perintah untuk membunuh orang ini seakan tidak percaya dengan apa yang didengarnya.
  • 3 Karomah Utsman Bin Affan, Sahabat Berjuluk Dzun Nurain
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 21:21 WIB
    Utsman bin Affan selain dikenal karena kedermawanannya, beliau adalah orang yang berjasa dalam merangkum Al-Quran menjadi mushaf yang kita baca saat ini. Berikut tiga karomah beliau.
  • Cara Cerdas Abu Nawas Menghitung Bulu Ekor Keledai
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 21:10 WIB
    Tentu saja orang ketiga itu tak mau menerima cara menghitung Abu Nawas. Tapi penduduk desa tetap menganggap Abu Nawas memang tak terkalahkan. Abu Nawas memang cerdik.
  • Dunia, Penjara Bagi Orang Beriman dan Surga Bagi Orang Kafir
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 17:37 WIB
    Kenapa engkau sebagai seorang beriman menjadi seorang hakim besar di Mesir, dalam arak-arakan yang mewah, sedang aku -yang kafir- dalam penderitaan dan kesengsaran?
  • 10 Karomah Sayyidina Umar Bin Khattab (2)
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 17:33 WIB
    Dibalik keberhasilannya menjabat khalifah sekaligus Amirul Mukminin, Sayyidina Umar bin Khattab memiliki karomah yang luar biasa. Berikut lanjutan ulasan karomah beliau.