Topik Terkait: Syarat Sahnya Salat (halaman 2)

  • 9 Keutamaan Salat Tahajud, 5 di Antaranya Diraih di Dunia
    Tausyiah
    Minggu, 07 Februari 2021 - 22:36 WIB
    Tahajud berasal dari kata Tahajjada yang berarti bangun dari tidur. Salat ini mungkin terasa berat, tetapi keutamaannya sangat dahsyat. Berikut 9 keutamaannya.
  • Ketika Perempuan Harus Berparfum, Perhatikan Syarat-syaratnya!
    Muslimah
    Sabtu, 31 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Banyak dari kaum perempuan ketika keluar rumah dengan aroma wangi tubuh yang luar biasa. Namun sebaliknya, ketika di dalam rumah dan di hadapan suaminya sendiri justru parfumnya jarang dipakai .
  • Bagaimana Hukum Salat ketika Azan Baru Berkumandang?
    Tausyiah
    Rabu, 10 Januari 2024 - 10:25 WIB
    Bagaimana hukumnya jika salat fardhu dilakukan ketika azan baru saja berkumandang? Haruskah ada jeda atau menunggu iqomat terlebih dahulu?
  • Panduan Salat Tarawih dan Witir beserta Tata Caranya
    Tips
    Minggu, 10 Maret 2024 - 09:19 WIB
    Panduan salat tarawih dan witir ini perlu diketahui umat muslim yang akan melaksanakan salat tarawih baik berjamaah di masjid atau salat sendiri di rumah.
  • Khusyu Saat Salat Tanda Kekusyukan Hati, Begini Cara Menghadirkannya
    Tausyiah
    Minggu, 16 Agustus 2020 - 10:38 WIB
    Khusyu dalam salat merupakan ukuran dan tanda kekhusyukan hati. Bagaimana cara menghadirkan khusyu? Berikut penjelasan Pengasuh Ponpes Sultan Fatah Semarang Ustaz Saeful Huda.
  • Lafaz Niat Salat Dhuha dan Doa yang Dianjurkan
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Juni 2020 - 07:05 WIB
    Salat Dhuha merupakan amalan sunnah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW). Berikut lafaz niat dan doanya.
  • Bacaan Niat Salat Tarawih 8 Rakaat Berjamaah dan Tata Caranya
    Tips
    Senin, 04 Maret 2024 - 15:15 WIB
    Bacaan niat salat tarawih 8 rakaat dan tata caranya ini, penting diketahui umat Muslim yang sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadan.
  • Tata Cara dan Bacaan Niat Salat Gerhana Bulan
    Tips
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 19:54 WIB
    Tata cara dan bacaan niat salat gerhana bulan, hendaknya dipahami dan diketahui kaum muslimin yang hendak melaksanakan salat gerhana bulan
  • Apa Hukum Bersin dan Mengucap Hamdalah Saat Salat?
    Tausiyah
    Kamis, 30 Mei 2019 - 10:01 WIB
    Mungkin banyak di antara kita yang pernah bersin lalu mengucap Alhamdulillah ketika salat. Bolehkah membaca doa ketika sedang salat, padahal doa itu tidak diajarkan Rasulullah?
  • Inilah Keutamaan Salat Berjamaah
    Tausiyah
    Selasa, 07 Mei 2019 - 20:01 WIB
    Ulama sekaligus dai lulusan S2 Darul-Hadits Maroko, Ustaz Abdul Somad (UAS) menerangkan fadhillah keutamaan salat berjamaah.
  • Salat Id di Rumah Ternyata Pernah Terjadi Pada Zaman Nabi
    Dunia Islam
    Minggu, 11 Juli 2021 - 08:36 WIB
    Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Hamim Ilyas mengungkapkan bahwa pelaksanaan salat Id di rumah pernah terjadi zaman Nabi Muhammad SAW.
  • 4 Kiat agar Salat Tahajud Terasa Ringan, Nomor Terakhir Dinikmati dengan Hati
    Tips
    Jum'at, 30 Juni 2023 - 16:15 WIB
    Salat tahajud dapat dilakukan kapan pun di malam hari setelah waktu salat isya hingga masuk waktu sholat subuh. Namun, waktu yang terbaik bagi umat muslim untuk mengerjakannya adalah sepertiga akhir pada malam hari yakni sekitar pukul 01.00 hingga 04.00.
  • Doa Salat Dhuha dan Tata Cara Mengerjakannya
    Tausiyah
    Selasa, 26 November 2019 - 08:30 WIB
    Salat Dhuha adalah salat sunnah yang memiliki keutamaan luar biasa. Salat ini juga disebut solat awwabin, yaitu salatnya orang-orang yang kembali (bertaubat).
  • Syarat Sempurnanya Iman dengan Mencintai Sesama Saudara Muslim
    Muslimah
    Rabu, 13 Januari 2021 - 11:16 WIB
    Sesama kaum muslimin harus saling mencintai, bukan saling menjatuhkan, bukan saling merongrong, tetapi menyeru kepada Allah Subhanahu wa Taala, menyeru kepada iman dan Islam yang haq
  • Rasulullah Lebih Banyak Melakukan Salat Tarawih di Rumah
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 05:05 WIB
    Rasulullah SAW lebih banyak melakukan salat malam pada bulan suci Ramadhan di rumah saja. Para sahabat mencatat, Beliau hanya tiga malam saja di Masjid Madinah.
  • Dahsyatnya Manfaat  dan Keutamaan Salat Dhuha
    Muslimah
    Minggu, 17 Januari 2021 - 08:13 WIB
    Bagi kaum muslimah terutama para ibu rumah tangga, yang banyak waktu luang di rumah, sangat sayang jika melewatkan waktu Dhuha tanpa mengerjakan salat sunnah. Karena banyak manfaat dan keutamaan dari salat Dhuha ini.
  • 13 Rukun Salat yang Wajib Dipenuhi, Apa Saja?
    Tausyiah
    Minggu, 24 Januari 2021 - 21:38 WIB
    Dalam Mazhab Syafii, rukun salat ada 13. Rukun salat ini hukumnya wajib dikerjakan. Apabila seseorang tidak mengerjakan salah satu rukun salat maka salatnya tidak sah.
  • Jadwal Salat Kota Surabaya dan Sekitarnya Bulan Mei 2023
    Tips
    Selasa, 23 Mei 2023 - 01:59 WIB
    Bagi umat Islam yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya, berikut ini adalah jadwal salat untuk wilayah Kota Surabaya dan sekitarnya bersumber dari Bimas Islam Kementerian Agama.
  • Niat Salat Tarawih 11 Rakaat dan Witir Beserta Artinya
    Tips
    Selasa, 21 Maret 2023 - 11:03 WIB
    Niat salat tarawih 11 rakaat dan witir serta artinya bisa diamalkan ketika akan mengawali salat tarawih di malam pertama Ramadan.Waktu pelaksanaan salat Tarawih dimulai setelah salat Isya, berakhir sampai terbit fajar baik secara berjamaah atau dilakukan sendiri.
  • Tata Cara dan Niat Salat Sunah Syawal
    Tips
    Kamis, 18 April 2024 - 12:57 WIB
    Tata cara dan niat salat sunah Syawal atau salat Utaqo dijelaskan Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani dalam kitabnya Al-Ghunyah juz 2, berdasarkan hadis Nabi dari Anas ra.